Cara Menonaktifkan Gopay PayLater Lewat Android

78
Cara Menonaktifkan Gopay PayLater
Cara Menonaktifkan Gopay PayLater

Cara Menonaktifkan Gopay PayLater – Gojek merupakan platform aplikasi pemesanan ojek online yang lagi populer sekarang ini. Kita tidak perlu lagi susah payah mendatangi pangkalan ojek untuk diantar ke tempat tujuan. Cukup melakukan pemesanan melalui aplikasi Gojek, maka driver ojek online akan langsung menjemput kita dan mengantar ke tempat tujuan. Cara ini dibilang lebih praktis dibandingkan harus menggunakan jasa ojek konvensional. Selain itu, harga jasa ojek akan bisa langsung dilihat di dalam aplikasi dan tentunya akan disesuaikan dengan jarak tempuh dari lokasi awal ke lokasi tujuan. Sementara untuk pembayarannya bisa secara tunai maupun lewat aplikasi.

Cara Menonaktifkan Gopay PayLater
Cara Menonaktifkan Gopay PayLater

Dalam hal pembayaran, Gojek menyediakan layanan keuangan langsung di dalam aplikasinya tersebut. Layanan ini diberi nama Gopay yang bisa diakses oleh pelanggan Gojek maupun driver ojek online. Gopay sendiri merupakan platform dompet digital atau e-wallet yang sudah terjamin keamanannya. Kita bisa menaruh uang di dalam akun Gopay, kemudian bisa menggunakannya untuk pembayaran non-tunai. Bahkan bukan hanya untuk pembayaran saat memesan ojek online atau jasa di aplikasi Gojek saja, melainkan untuk aktivitas transaksi lainnya. Gopay bisa kita gunakan untuk pembayaran belanja online, pembayaran di merchant offline, pembayaran tagihan bulanan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga:

Untuk bisa menggunakan semua fitur Gopay, pengguna diharuskan melakukan pengaktifan akun terlebih dahulu. Biasanya pengguna perlu melakukan beberapa proses verifikasi, seperti mengisi data diri, mengunggah foto KTP hingga foto selfie. Jika sudah berhasil diverifikasi, maka akun Gopay bisa langsung digunakan untuk berbagai aktivitas pembayaran virtual atau non-tunai. Di Gopay juga tersedia fitur Gopay PayLater, yang mana fitur ini bisa digunakan untuk kamu yang ingin melakukan pembayaran sementara saldo Gopay sedang habis. Kamu bisa mengajukan Gopay PayLater untuk pembayaran dan menggantinya di lain waktu. Meskipun cukup bermanfaat, nyatanya banyak orang yang ingin menonaktifkan layanan tersebut karena alasan tertentu. Lantas, bagaimana cara menonaktifkan Gopay PayLater tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Informasi Seputar Gopay PayLater

Gopay PayLater atau GoPayLater merupakan fitur PayLater yang dihadirkan untuk memudahkan pelanggan yang sedang kesulitan melakukan pembayaran. GoPayLater sendiri merupakan hasil kerja sama Gojek dengan Findaya dan sudah terjamin keamanannya. Dengan GoPayLater kamu bisa melakukan pembayaran sekarang dan melunasinya nanti saat sudah gajian atau memiliki uang.

GoPayLater memungkinkan untuk dinikmati oleh semua pelanggan Gojek, baik driver maupun pelanggan biasa. Namun, untuk bisa menggunakan fitur ini pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Biasanya proses verifikasi diperlukan saat pengaktifan GoPayLater, seperti mengisi data diri, upload foto KTP, upload foto selfie dan lain sebagainya.

Saat sudah berhasil diaktifkan, maka GoPayLater akan langsung muncul pada halaman pemesanan atau pembayaran sebagai salah satu metode pembayarna yang bisa digunakan. GoPayLater bahkan bukan hanya bisa digunakan untuk pembayaran jasa dan layanan di Gojek saja, melainkan di aplikasi partner juga. Pastikan kamu telah melunasi pinjaman PayLater tepat waktu agar tidak terkena denda. Perlu diketahui, denda harian dari GoPayLater jika telat membayar yakni sebesar Rp 2.000,- per hari.

Cara Menonaktifkan Gopay PayLater Lewat Android

Beberapa pengguna mungkin merasa kurang nyaman dengan munculnya GoPayLater sebagai salah satu metode pembayaran di aplikasi Gojeknya. Hal ini ditakutkan mereka salah memilih saat melakukan pemesanan dan pembayaran layanan atau jasa di Gojek. Solusinya mereka ingin menghapus fitur GoPayLater di aplikasi Gojeknya tersebut. Lantas, apakah Gopay PayLater ini bisa dinonaktifkan?

Sebagai informasi, Gojek belum menyediakan fitur khusus yang dapat menonaktifkan fitur GoPayLater yang sudah diaktifkan oleh pengguna. Sebagai alternatifnya, pengguna dapat mengatur metode pembayaran di Gojeknya dan memilih metode pembayaran selain GoPayLater sebagai pembayaran default. Misalnya saja memilih Gopay atau Uang Tunai sebagai metode pembayaran utama. Dengan demikian GoPayLater tidak akan muncul sehingga membuatmu salah pilih. Untuk cara mengatur metode pembayaran default di aplikasi Gojek tersebut, yakni:

Menonaktifkan Gopay PayLater dengan Mengganti Metode Pembayaran
Menonaktifkan Gopay PayLater dengan Mengganti Metode Pembayaran
  1. Langkah pertama kamu buka aplikasi Gojek di HP androidmu. Pastikan kamu sudah login ke akun Gojek yang ingin diatur Metode Pembayaran Defaultnya.
  2. Pada halaman utama aplikasi Gojek, kamu klik Eksplore pada menu Gopay.
  3. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan.
  4. Selanjutnya klik opsi Atur Metode Pembayaran.
  5. Kemudian pilih metode pembayaran yang ingin dijadikan sebagai default, misalnya memilih Uang Tunai atau saldo Gopay.
  6. Kemudian tinggal menyimpan pengaturan tersebut.
  7. Selesai.

Cara di atas bisa dibilang cukup efektif untuk menghilangkan pilihan GoPayLater dari Metode Pembayaran saat bertransaksi di Gojek.

Sebagian dari kalian mungkin masih penasaran dengan cara menonaktifkan Gopay PayLater di aplikasi Gojek. Sebenarnya ada satu cara lagi yang bisa dilakukan sehingga fitur tersebut benar-benar dinonaktifkan, alih-alih disembunyikan seperti cara di atas. Cara yang dimaksud yakni dengan meminta bantuan ke Customer Service Gojek.

Kamu bisa menghubungi Cs Gojek yang bertugas dan mulai berkonsultasi dengannya perihal penghapusan atau penonaktifan fitur Gopay PayLater. Jika masih belum tahu cara melakukannya, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

Cara Menonaktifkan GoPayLater dengan Menghubungi Call Center Gojek
Cara Menonaktifkan GoPayLater dengan Menghubungi Call Center Gojek

1. Menghubungi Nomor Call Center Gojek

Cara yang pertama yakni dengan menghubungi call center Gojek yang sudah disediakan, yakni di nomor 02150849000. Kamu bisa menghubungi nomor call center tersebut melalui ponsel atau telepon rumah/kantor. Saat sudah terhubung, selanjutnya baritahukan tujuanmu untuk menonaktifkan GoPayLater di akun Gojekmu.

Perlu diketahui, menghubungi nomor call center Gojek akan dikenakan biaya nelpon. Jika menghubungi lewat ponsel, maka biaya nelpon akan disesuaikan dengan ketentuan dari kartu operator yang kamu gunakan.

2. Menghubungi Lewat Email

Jika kamu mencari cara gratis untuk terhubung ke Cs Gojek, maka cara kedua ini bisa dilakukan. Kamu akan menghubungi Cs Gojek tersebut dengan cara mengirim pesan melalui email. Tinggal kirimkan pesan permohonan untuk penonaktifkan GoPayLater ke email [email protected] dan tunggu balasan dari mereka.

Mungkin akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menerima balasan dari customer service Gojek, setidaknya sekitar 1×24 jam. Biasanya Cs Gojek akan senantiasa membantu permohonan yang diajukan oleh para pelanggannya, termasuk untuk permohonan penonaktifan Gopay PayLater.

3. Menghubungi Lewat Akun Sosial Media

Jika cara di atas menurutmu kurang efektif, cara terakhir ini bisa kamu jadikan alternatif untuk menonaktifkan Gopay PayLater di HP android. Kamu bisa menghubungi customer service Gojek melalui akun media sosial resmi Gojek, yakni Facebook (@gojekindonesia) dan Twitter (@gojekindonesia).

Kamu cukup memanfaatkan fitur pesan yang disediakan di masing-masing platform media sosial tersebut dan beritahukan keinginanmu untuk menonaktifkan fitur GoPayLater di akun Gojekmu.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menonaktifkan Gopay PayLater di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa bagikan informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menghapus Channel Telegram di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Menghapus Log Panggilan di Instagram Android
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini