7 Cara Menjaga Kesehatan Baterai HP Lebih Awet

7 Cara Merawat Kesehatan Baterai HP Lebih Awet Di zaman sekarang Smartphone atau yang sering kita sebut hp kini menjadi barang berharga bagi kebanyakaan orang diseluruh manca negara. Handphone zaman sekarang rata-rata di lengkapi dengan fasilitas multitasking yang tinggi seperti RAM yang besar, layar lebar, dan prosesor cepat. Banyak orang yang memakai handphone untuk berkomunikasi setiap hari melalui telepon, SMS, Whatsapp dan lainnya. Selain itu Handphone juga banyak digunakan untuk aktivitas lainnya, seperti mengedit foto, mengedit dokumen, menonton vidio, bermain sosial media, bermain game dan masih banyak lagi.

7 Cara Menjaga Kesehatan Baterai HP Menjadi Lebih Awet

Kita semua tahu salah satu komponen penting dalam perangkat handpohone adalah baterai, karena baterai sebagai sumber energi untuk menghidupkan daya handphone. Ketika kita membeli handphone, wajib memperhatikan baterai itu tahan lama atau tidak. Percuma kita membeli handphone mahal dengan di lengkapi fasilitas yang mewah dan komponen yang lengkap tetapi baterai nya cepat habis. Artinya, fasilitas yang mewah dan komponen yang lengkap harus di imbangi dengan baterai yang bagus atau bertahan lama. Kalian pasti akan menggunakan handphone dengan jangka waktu yang panjang,itula sangat diperlukan baterai yang hemat dan tidak mudah soak.

Baca Juga :

Banyak pasti dari kalian yang menggunakan aplikasi di playstore untuk menghemat baterai dengan menyuruh Kamu “jangan menggunakan widget” dan lainnya. Awet atau tidaknya handphone juga sangat bergantung pada si pengguna, jika penggunaan nya baik dan mampu merawat hanphone itu pasti akan bertahan lama begitu pun sebaliknya. Apalagi kita bisa menggunakan handphone sehari 24 jam. Itu akan membuat baterai akan cepat habis, dan kamu akan merasa kesal ketika handphone yang digunakan tiba tiba mati,sedangkan masih banyak pekerjaan yang di lakukan melalui handphone seperti, melihat dokumen yang dikirim dari perusahaan.

7 Cara Menjaga Kesehatan Baterai HP Menjadi Lebih Awet

Ada banyak sekali artikel di google yang membahas tentang cara merawat baterai Hp. Sekarang ini handphone menjadi barang yang tidak bisa di tinggal, hampir kegiatan orang berada di dalam handphone. Karena sering digunakan baterai handphone cepat rusak dan harus di ganti. baterai memang menjadi salah satu bagian penting untuk berjalannya sebuah handphone. Baterai pada setiap handphone memiliki kapasitas, ukuran dan daya yang berbeda-beda. Masalah yang sering ditemui pada baterai itu sendiri adalah mudah soak dan cepat habis. Nah di artikel kali ini, saya sudah merangkum 7 cara merawat kesehatan baterai hp lebih awet, silahkan simak caranya di bawah ini.

1. Hindari Bermain HP dalam Suhu Panas dan Dingin

Pastikan tidak bermain HP dalam keadaan suhu panas untuk kamu yang sering beraktivitas di ruangan terbuka. Hal ini dapat membuat daya baterai menjadi berkurang dan baterai lebih cepat habis.Pada keadaan normal, kamu dapat menggunakan handphone pada suhu 16 derajat celcius, dan jangan sampai suhu 36 derajat celcius.

Hindari Bermain HP dalam Suhu Panas dan Dingin

Tidak jauh beda dengan suhu panas, menggunakan handphone pada suhu dingin juga dapat mengakibatkan handphone tidak mampu berkerja secara maksimal, karna ada jenis baterai lithium-ion yang dapat berhenti fungsinya ketika suhu sedang dingin. Jangan letakkan Handphone kamu di sembarang tempat apa lagi di tempat bersuhu tinggi, itu akan menyebab kan hal yang fatal.

2. Jangan Memakai HP yang Sedang di Cas

Saat sedang mode pengisian, usahakan kamu tidak bermain atau menggunakan handphone. Jangan di anggap remeh bermain handphone sambil di cas, karena itu akan membuat baterai cepat mengembung akibat beban saat sedang di cas. Kenapa begitu? saat sedang dalam proses charging kondisi ion berpindah dan ini dapat membuat proses charging terganggu.

Jangan Memakai HP yang Sedang di Cas

Apalagi buat para pencinta games, perlu di catat kalau aplikasi games

lebih cepat menghabiskan RAM dan CPU di Handphone. Sementara kamu masih bermain game saat mengisi baterai, hal ini dapat membuat baterai kamu cepat rusak. Jadi, kurangi menggunakan handphone saat dicas dan lebih baik turn off saja handphone nya.

3. Hentikan Pemakaian Jika Baterai 20%

Hentikan Pemakaian Jika Baterai 20%

Banyak kebiasaan buruk dari kita membiarkan baterai habis sampe 20%, 10% bahkan 0% baru di charging/cas. Akan tetapi ini bisa berakibat buruk pada handphone, karna jika baterai benar-benar habis maka ada sel-sel yang rusak yang tidak bisa terisi dengan sempurna lagi. Handphone yang kehabisan baterai, akan membutuhkan tenaga yang ekstra untuk mengisinya, maka dari itu menyebabkan handphone menjadi lebih panas dan lama mengisi daya baterai. Jadi, usahakan untuk tidak menghabiskan baterai sampai 20% karena itu dapat mengurangi umur pemakaian baterai.

4. Mengurangi Kecerahan Layar

Nah ini tidak kalah penting nya, salah satu yang membuat baterai cepat habis ialah karena pengaturan kecerahan terlalu tinggi. Saat kamu menggunakan handphone sangat di sarankan untuk mengatur kecerahan layar. Cara ini sangat berguna, dimana semakin besar kecerahan handphone maka semakin tinggi juga konsumsi baterai. Jika terlalu terang akan memakan energi pada baterai hal ini mengakibatkan baterai cepat habis.

Mengurangi Kecerahan Layar

Dengan mengatur kecerahan layar ke yang paling rendah, handphone kamu akan sangat hemat baterainya. Kalian bisa mengatur kecerahan secara otomatis yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Dan jangan lupa mengatur time sleep nya ke waktu yang tidak terlalu lama, misal 5 menit.

5. Gunakan WiFi dalam Mode Pesawat

Sebaiknya menggunakan wifi dalam mengeksplor internet, karena wifi tidak terlalu banyak menguras daya baterai dari pada menggunakan data. Dalam menggunakan wifi jangan lupa nyalakan juga Airplane Mode juga, dengan menyalakan Airplane mode bisa mempengaruhi umur baterai. Matikan wifi jika tidak lagi di gunakan, langkah ini cukup efektif dalam menghemat baterai. Fitur wifi ini yang sering sekali lupa dimatikan jika tidak ada keperluan lagi.

6. Isi Baterai Hingga Penuh Baru Mainkan!

Nah ini tidak kalah penting nya dalam menjaga kesehatan baterai, pasti kamu pernah dikit-dikit ngecas padahal baterai belum terisi sempurna. Pengisian ulang baterai ketika baterai tinggal 40%, dan di cabut saat terisi 80%. Jika masih 20% an di harapkan tidak mencabut casan, lalu di pasang lagi. Kebiasaan inilah yang memperburuk kondisi baterai handphone kita. Di dalam setiap baterai Handphone ada siklus daya baterai mulai dari 300 sampai 1,000 siklus, pengecasan terlalu sering dapat menurunkan kemampuan daya tahan baterai. Proses mencharging pengisian daya baterai biasanya hanya memerlukan 2-3 jam tidak terlalu lama kan.

7. Gunakan Charger yang Sesuai

Menggunakan casan sesuai dengan handphone adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan baterai agar tetap awet. Casan yang sesuai sudah tentu memiliki kecocokan yang memang di bikin sesuai perangkat, sebab setiap perangkat pasti memiliki arus dan ampere yang berbeda beda. Kalau kamu ingin membeli casan yang baru pastikan memiliki arus atau desain yang sesuai dengan casan yang lama.

Gunakan Charger yang Sesuai

Jika tidak menggunakan casan sesuai standart baterai berpotensi cepat rusak dan daya yang terisi tidak terkontrol lagi. Hal ini menyebabkan tegangan yang masuk terlalu tinggi sehingga baterai cepat aus. Kurangi juga memakai powerbank ketika ngecas, karena bisa membuat daya tahan baterai handphone bekurang.

Penutup

Itulah 7 cara menjaga kesehatan baterai HP agar menjadi awet yang kami sampaikan dan bisa kalian terapkan. Sekian artikel ini, jangan lupa share artikel kita ke akun sosial media kalian, terima kasih.

Jimi Mandara
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Mandara, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Cara Download League of Legends Wild Rift Mobile

Download League of Legends - Apa kamu salah satu penggemar game MOBA? Kalau benar, game MOBA apa yang paling sering kamu mainin?...

Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel Paling Mudah

Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel - Berbicara mengenai operator seluler, Telkomsel bisa dibilang sebagai salah satu provider yang paling banyak diminati di...

Cara Dapat Kuota Internet Gratis All Operator

Cara Dapat Kuota Internet Gratis - Di masa pandemi seperti sekarang ini membuat banyak kalangan merasakan kesusahan. Bagaimana tidak? Beberapa jenis usaha...

Cara Cepat Viral dan Populer di Aplikasi Tiktok

Cara Cepet Viral dan Populer di Aplikasi Tiktok - Zaman sekarang banyak sekali media sosial yang dapat menghibur kita ketika lagi bosen...

Related news

Cara Download League of Legends Wild Rift Mobile

Download League of Legends - Apa kamu salah satu penggemar game MOBA? Kalau benar, game MOBA apa yang paling sering kamu mainin?...

Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel Paling Mudah

Cara Dapat Kuota Gratis Telkomsel - Berbicara mengenai operator seluler, Telkomsel bisa dibilang sebagai salah satu provider yang paling banyak diminati di...

Cara Dapat Kuota Internet Gratis All Operator

Cara Dapat Kuota Internet Gratis - Di masa pandemi seperti sekarang ini membuat banyak kalangan merasakan kesusahan. Bagaimana tidak? Beberapa jenis usaha...

Cara Cepat Viral dan Populer di Aplikasi Tiktok

Cara Cepet Viral dan Populer di Aplikasi Tiktok - Zaman sekarang banyak sekali media sosial yang dapat menghibur kita ketika lagi bosen...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini