Cara Menjadikan HP Sebagai Modem di Komputer

81
Cara Menjadikan HP Sebagai Modem di Komputer
Cara Menjadikan HP Sebagai Modem di Komputer

Cara Menjadikan HP Sebagai Modem di Komputer Seiring berkembangnya zaman yang semakin maju dan di lengkapi dengan teknologi yang canggih salah satunya teknologi internet. Dimana internet sekarang sudah memiliki jangkauan yang luas dan bisa di akses ke seluruh indonesia bahkan dunia. Semakin berkembangnya teknologi internet telah terciptanya modem yang berguna dalam mengakses internet dan membuat kinerja menjadi mudah. Modem sendiri merupakan suatu perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah sehingga jaringan internet dapat di terima perangkat komputer/mobile dengan baik. Modem Wifi portable ini berukuran mini yang bisa digunakan dimana-mana tetapi mampu memberikan segudang manfaat.

Cara Menjadikan HP Sebagai Modem di Komputer

Dengan adanya mode wifi 4G LTE, Hinet Lovers ini dapat mengakses internet untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda. Jika wifi router di rumah kalian sedang ada masalah, apalagi kalau kalian lagi menggunakan komputer untuk browsing. Tidak perlu khawatir lagi karna kamu masih bisa terhubung di internet dan bisa melakukan browsing melalui hp sebagai modem. Kalo ingin menggunkaan hp sebagai modem kalian harus memiliki cukup data atau paket, memiliki daya yang cukup, jaringan stabil di lingkungan tempat tinggalmu dan mendukung sistem tethering. Tetapi hampir semua smartphone telah dilengkapi fitur tethering sehingga sangat memungkinkan untuk di jadikan perangkat modem untuk komputer.

Baca Juga:

Sedikit pemahaman, tethering merupakan fitur yang berguna untuk mengubah sebuah HP menjadi modem sehingga memungkinkan si pengguna untuk mengakses internet. Menjadikan smartphone sebagai modem untuk komputer sudah menjadi hal yang lumrah oleh banyak orang sekarang ini. Hal ini sangat memudahkan dari pada membawa perangkat satu lagi dan sangat membebani dengan banyak bawaan. Penggunaan tethering memiliki kelebihan tersendiri saat menjadikannya modem, karena bisa terhubung banyak perangkat seperti komputer. Selain mudah menggunakan hp sebagai modem juga dapat di lakukan dimana-mana dan tidak di perlukan listrik untuk menghidupkannya. Ada beberapa cara untuk menggunakan tethering ini yaitu Wifi tethering, USB tethering dan bluetooth tethering.

Cara Menjadikan HP Sebagai Modem di Komputer

Internet memang menjadi bagian penting dalam berbagai kegiatan, bagi kalian yang mengalami masalah pada wifi dirumah menjadikan hp sebagai modem memang solusi terbaik. Fungsi lain dari smartphone selain mengirim pesan, tetapi kalian juga bisa mneggunakannya sebagai wifi yang akan di sambungkan ke komputer. Kita akan membeli paket data dari operator seluler yang akan di bagikan ke perangkat lain seperti komputer inila yang di maksud dengan tethering. Bagaimana cara menjadikan Hp sebagai modem? di artikel ini akan membahas beberapa koneksi yang bisa menjadikan Hp sebagai modem. Simak penjelasan di bawah ini yang sudah saya rangkum.

1. Fitur Hotspot Tethering

Cara ini dapat di katakan yang paling mudah karena tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun, karena aplikasi ini sudah disediakan otomatis di semua perangkat android. Perangkat android kamu pasti sudah di lengkapi fitur tethering yang bisa di manfaatkan smartphone sebagai modem untuk komputer dan perangkat lainnya. Fitur hotspot wifi portabel ini adalah membuat perangkat android menjadi pemancar jaringan wifi atau membagi jaringan internet via jaringan wireless. Kalian tinggal mengaktifkan fitur tethering dari smartphone yang akan di jadikan sebagai portabel wifi hotspot yang tentunya telah memiliki paket data yang memadai untuk di bagikan.

Fitur Hotspot Tethering

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuklah ke menu Pengaturan dari Smartphone terlebih dahulu
  2. Pada pengaturan, akan ada pilihan menu lalu tinggal klik Hotspot
  3. Klik bagian kanan di bar hotspot wifi untuk mengatifkan hotspot di smartphone kalian
  4. Jika kalian mengaktifkan fitur hotspot untuk pertama kali, hp akan membuat Nama SSID dan Password secara otomatis. Tetapi untuk password kalian bisa mengubahnya sesuai keinginan atau yang mudah di ingat
  5. Selesai, Sekarang kalian bisa berbagi internet dengan perangkat apapun termasuk komputer.

2. Menggunakan HP sebagai modem dengan kabel USB

Cara kedua ini kalian bisa menggunakan USB sebagai modem wifi untuk komputer kalian. Cara menjadikan HP sebagai modem wifi atau langkah seperti ini dapat menjadikan HP kamu sebagai modem wifi dengan menggunakan kabel USB. Jika kamu mengaktifkan fitur tersebut, maka bisa dengan mudah berbagi koneksi jaringan internet dari HP ke Komputer. Dengan cara menggunakan USB biasanya pada perangkat komputer yang tidak mendukung wifi. Seperti yang sudah dijelaskan cara menjadikan HP sebagai modem komputer dengan kabel USB sebenarnya ini bukan cara baru atau trik rahasia, fitur ini sudah diketahui sejak lama. Namun karena masih banyak yang belum mengetahuinya atau masih keliru.

Menggunakan HP sebagai modem dengan kabel USB

Berikut ini adalah langkah-langkah nya :

  1. Koneksikan terlebih dahulu HP dengan komputer dengan bantuan Kabel USB
  2. Tunggu sampai kedua perangkat benar-benar tersambung atau terdeteksi
  3. Setelah itu masuklah ke bagian Pengaturan di hp kalian
  4. Jika sudah, selanjutnya buka menu Wireless and Network
  5. Lalu pilih opsi Tethering and Mobile Hotspot
  6. Setelah itu tinggal Centang di bagian USB tethering
  7. Tunggu hingga muncul notifikasi koneksi internet di komputer kalian
  8. Jika selesai atau berhasil terhubung kalian bisa internetan langsung di komputer.

3. Menggunakan Bluetooth Tethering

Sesuai dengan cara ini bearti kita ingin berbagi koneksi internet menggunakan fitur bluetooth dari perangkat yang kita gunakan. Setiap perangkat hp maupun komputer yang ingin kita koneksikan masing-masing pasti sudah mempunyai fitur koneksi bluetooth tentunya. Jika diurutkan berdasarkan kecepatan, maka USB tethring adalah yang paling cepat, kemudian wifi tethering dan bluetooth tethering. Kelemahan dari kedua cara di atas adalah daya baterai HP cepat terkuras habis, tetapi hal ini tidak terjadi pada blutooth tethering. Karena itu bluetooth tethering lebih banyak tersedia dari pada koneksi internet lainnya sekarang ini, hanya saja memiliki kekurangan jangkauan sangat terbatas tidak sampai 10 meter.

Menggunakan Bluetooth Tethering

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Hidupkan terlebih dahulu Bluetooth pada HP, buka menu Setting, Wireless & Network More, dan tekanĀ Tethering. Lalu Aktifkan dan pilih opsi Bluetooth Tethering
  2. Selanjutnya kalian nyalakan juga fitur bluetooth di Komputer atau Laptop kamu
  3. Di komputer, buka menu Control Panel, pilih Devices and Printers>, tekan Add Adevice
  4. Apabila kedua jaringan bluetooth HP dan komputer sudah terbaca, ketuk Next untuk terhubung
  5. Lalu , tinggal klik Yes di komputer dan Pair di HP
  6. Setelah itu, kembali ke menu Control Panel > Devices and Printers > Devices
  7. Terakhir klik Kanan pada perangkat yang sudah di pairing, kemudian pilih Connect using, dan klik Access point
  8. Selesai, tinggal kalian gunakan.

Penutup

Itulah 3 cara yang bisa di lakukan untuk membuat HP menjadi modem untuk komputer. Mudah sekali bukan? Ketiga cara itu sudah di jelaskan kalian bebas pilih yang sesuai dan mudah untuk di lakukan. Jadi, kalau Modem wifi di rumah kamu bermasalah bisa gunakan hp sebgai penggantinya. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media pribadi kalian. Selamat mencoba dan sampai jumpa.

Artikel SebelumnyaAplikasi Penambah Like Instagram Terbaik! 2020
Artikel SelanjutnyaCara Mengirim Aplikasi Sudah Terinstall ke HP lain
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini