Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC atau Laptop

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC – Smartphone android menjadi salah satu perangkat gadget yang paling banyak diminati sekarang ini. Sangat sulit menemukan seseorang yang tidak memiliki HP android. Ini karena persaingan harga HP android menjadi semakin ketat. Banyak developer yang akhirnya membanderol produk HP-nya dengan harga yang murah. Sebut saja HP dari brand Xiaomi, rata-rata dibanderol dengan harga termurah namun dengan spek unggulan.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC
Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

HP android banyak diminati karena bisa digunakan untuk banyak hal. Mulai dari sebagai alat komuikasi, bermain game, mencari informasi hingga digunakan sebagai microphone PC atau laptop. Untuk kegunaan yang terakhir ini mungkin masih terbilang asing ditelinga kita, apalagi bagi kamu yang merupakan pengguna baru.

Baca Juga :

Sebagian dari kamu pasti akan bertanya-tanya bagaimana cara menjadikan android sebagai microphone PC atau laptop? Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi khusus untuk menerapkan cara tersebut. Namun untuk lebih jelasnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC atau Laptop

Untuk cara menjadikan android sebagai microphone PC atau laptop, kamu bisa memanfaat aplikasi khusus yang bernama WO MIC. Aplikasi ini tersedia untuk PC dan android yang mana bisa diunduh dan install secara gratis. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi akan melakukan perekaman suara atau hal lain yang membutuhkan microphone. HP android yang punya segudang fitur canggih, bisa dijadikan sebagai solusi terbaiknya.

Sebelum menerapkan cara mengubah android jadi microphone di PC atau laptop, kamu perlu menyiapkan aplikasi WO MIC-nya. Untuk aplikasi WO MIC di PC atau laptop bisa diunduh DISINI. Jangan lupa untuk mengunduh file drivernya juga DISINI. Sementara untuk aplikasi WO MIC Android bisa untuk DISINI atau langsung mencarinya di Google Play Store.

Setelah semua aplikasi tersebut diinstall di masing-masing perangkat, selanjutnya adalah menghubungkan kedua perangkat tersebut. Untuk menghubungkan keduanya, setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu pilih yakni melalui sambungan Wifi, Bluetooth ataupun USB. Ketiganya sama baiknya, tergantung kamu ingin pilih cara yang mana.

Cara menghubungkan android ke PC melalui Wifi

Cara menjadikan android sebagai microphone di PC atau laptop yang pertama adalah dengan memanfaatkan sambungan wifi. Cara ini dianggap yang paling bagus dengan hasil penggunaannya yang maksimal. Suara yang dihasilkan atau direkam melalui android terbilang bersih dan jernih. Untuk langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini.

Setting WO MIC Android

1. Pertama kamu buka atau jalankan aplikasi WO MIC di android.

2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik pada menu “Setting” atau icon seperti “gear motor”.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

3. Setelah itu, pada opsi “Transport” kamu klik dan set ke pilihan “Wifi”.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC
Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

4. Jika sudah, kamu kembali ke halaman utama aplikasi. Kemudian klik menu “Start” yang ada di sebelah menu “Setting” tadi.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

5. Nantinya pada aplikasi akan muncul sebuah alamat IP. Alamat IP tersebut nantinya yang akan digunakan untuk menghubungkannya ke PC atau laptop. Sebelumnya, pastikan HP android sudah terhubung ke hotspot wifi PC atau laptop.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

Setting WO MIC di PC atau laptop

1. kalau tadi melakukan pengaturan atau setting di aplikasi WO MIC android, sekarang lakukan juga di WO MIC PC atau laptop. Setelah aplikasi berhasil diinstall, langsung saja jalankan aplikasi Wo MIC di PC. Pastikan juga drivernya juga sudah diinstall di PC atau laptop.

2. Setelah muncul halaman utama aplikasi, kamu tinggal klik pada menu “Connection”.  Kemudian klik pada opsi “Connect”.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

3. Karena pada HP android tadi diset pada pilihan Wifi, maka di aplikasi WO MIC PC juga diset ke pilihan “Wifi”.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

4. Pada kolom IP Address, kamu tinggal masukkan alamat IP PC yang didapatkan di WO MIC android tadi. Jika sudah, tinggal klik “OK”.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

5. Jika HP android sudah berhasil terhubung ke PC, dibagian pojok kiri bawah aplikasi akan ada tulisan “Connected”. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan HP android sebagai microphone PC atau laptop.

Cara Menjadikan Android Sebagai Microphone PC

Cara menghubungkan android ke PC melalui Bluetooth

Cara menjadikan android sebagai microphone PC atau laptop yang kedua adalah dengan melalui bluetooth. Sebenarnya caranya hampir sama dengan cara diatas, hanya saja proses penyambungannya yang agak berbeda. Untuk lebih jelasnya lihat di bawah ini.

Setting WO MIC android

1. Pertama buka aplikasi WO MIC di android dan jangan lupa hidupkan bluetoothnya.

2. Klik pada menu “Setting”, lalu pada bagian opsi “Transport” kamu set ke “Bluetooth”.

3. Kembali ke halaman utama aplikasi, kemudian pilih “Start” untuk menjalankannya.

Setting WO MIC di PC

1. Buka aplikasi WO MIC di PC atau laptop, dan jangan lupa juga untuk menghidupkan koneksi bluetooth.

2.  Pada halaman utama klik “Connection”, lalu pilih “Connect”.

3. Atur pilihan ke opsi “Bluetooth”, lalu pilih perangkat android yang ingin disambungkan. Selanjutnya tinggal kamu klik “OK “.

Cara menghubungkan android ke PC melalui USB

Sebelum lanjut ke cara menghubungkan android ke PC lewat USB untuk dijadikan microphone, pastikan USB driver sudah kamu install di PC. Selain itu, pastikan juga HP androidmu sudah support fitur debugging. Jika sudah memenuhi syarat, lanjut dengan menghubungkan android ke PC dengan USB. Selanjutnya simak cara dibawah ini.

Setting Wo MIC android

1. Buka aplikasi Wo MIC di android, lalu klik menu “Setting”

2. Selanjutnya klik opsi “Transport”, lalu rubah ke pilihan “USB”.

3. Kembali ke halaman utama aplikasi, kemudian klik “Start”.

Setting WO MIC di PC atau laptop

1. Buka aplikasi WO MIC, lalu klik menu “Connection” dan pilih “Connect”.

2. Selanjutnya set ke opsi “USB”, kemudian tinggal kamu klik “OK”.

3. Selesai. Android sudah berubah menjadi microphone PC atau laptop.

Penutup

Sangat mudah bukan cara menjadikan android sebagai microphone PC atau laptop di atas? Sekarang kamu tidak perlu lagi susah membeli microphone eksternal PC atau laptop. Cuma butuh sebuah HP android dan mengubahnya menjadi microphone. Jangan lupa share artikel ini ke akun media sosial kamu, agar juga bermanfaat untuk orang lain.