Cara Meningkatkan Keamanan Pada Akun Gmail

Cara Meningkatkan Keamanan Pada Akun GmailDi era zaman sekarang Gmail sangat berguna untuk semua jenis kalangan, mulai dari orang bekerja bahkan mahasiswa. Gmail merupakan surat elektronik yang menjadi alat untuk mengirim surat melalui internet. Apalagi lagi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, yang tidak boleh langsung mengirimkan surat ke kantor atau mengirim tugas ke kampus. Dengan adanya perkembangan zaman Gmail menjadi salah satu solusi untuk mengirim kan pesan atau surat-surat penting tanpa harus bertatap muka.

Cara Meningkatkan Keamanan Pada Akun Gmail

Sekarang Gmail menjadi suatu hal yang wajib di miliki oleh semua orang, banyak pengguna lebih memilih membuat akun emailnya di Gmail dari pada di lainnya. Gmail memliki kegunaan berbeda-beda bagi setiap penggunanya, selain untuk mengirim kan surat email juga bisa berguna untuk akses bergabung ke jejaring sosial lainnya contohnya facebook. Dari beberapa kegunaan Gmail, masih banyak sekali kegunaan Gmail di zaman global seperti sekarang ini bagi setiap individu.

Baca Juga:

Tetapi banyak sekali orang-orang tidak pernah memperhatikan keamaan Gmail, padahal keamaan Gmail menjadi faktor terpenting yang harus di jaga oleh setiap penggunanya. Karena kenapa? Gmail sekarang menjadi hal terpenting dalam mengirim atau menerima dokumen penting terutama dalam bisnis. Hal ini membuat banyak sekali penjahat yang ingin mencari kesempatan untuk merentas akun email anda. Apa lagi kalau kamu menggunakan Gmail untuk di hubungkan dalam jejaring sosial lainnya. Maka dari itu harus sering-sering memperhatikan keamanan email supaya para penjahat atau hacker tidak bisa membobol Gmail kamu.

Cara Meningkatkan Keamanan Pada Akun Gmail

Di masa pandemi sekarang Gmail menjadi hal terpenting terutama untuk siswa dan mahasiswa karena untuk mengirim kan tugas yang mereka buat. Pada era teknologi sekarang memiliki akun Gmail adalah sebuah keharusan. Banyak sekali fungsi dari Gmail yang bisa mempermudah untuk beraktivitas. Maka dari itu banyak sekali pembajakan atau hacker yang ingin membobol Gmail kita. Jadi menjaga keamanan Gmail menjadi hal yang terpenting juga. Di artikel ini akan membahas cara meningkatkan keamanan pada akun Gmail supaya tidak mudah orang membobolnya.

1. Membuat Password yang Susah

Membuat Password yang Susah

Seperti yang sudah kita ketahui kalau password menjadi salah satu metode pembobolan Gmail. Oleh dari itu kamu harus mengganti password Gmail secara terus menerus, agar keamanan akun Gmail tidak mudah di kenali. Password merupakan kumpulan angka dan huruf yang di gunakan untuk memverifikasi identitas diri kepada sistem keamanan yang di miliki.

Banyak cara agar password kamu tidak di ketahui oleh orang lain, yaitu membuat password lebih panjang misalanya delapan karakter yang terdapat huruf besar, huruf kecil, angka bahkan simbol-simbol. Selain itu kamu bisa memilih password yang unik untuk akun-akun yang penting, dan ubahlah password setiap 6 bulan sekali. Contoh password yang sulit di bobol adalah R17aama.

2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Selanjutnya adalah mengaktifkan verifikasi dua langkah atau yang di kenal dengan Two Factor Authentication. Verifikasi dua langkah merupakan “tambahan keamanan” yang harus memasukan enam digit untuk kita login ke akun Gmail. Verifikasi dua langkah bisa membuat akun kita menjadi aman kalau pun di bobol hacker akun kita masih tetap aman. Karena jika orang mencoba masuk ke akun Gmail kita tidak akan mendapatkan kode enam digit itu.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara kerja verifikasi dua langkah sangat mudah pertama, kamu cukup login, lalu masukan username dan password akun yang biasanya, kemudian yang kedua masukan kode 6 digit yang di kirimkan melalui SMS di Hp kamu. Selain itu kamu bisa memilih untuk konfirmasi melalui akun google, hal ini bisa menyelamatkan dari keharusan memasukkan kode dan tentunya lebih aman.

3. Mengenkripsi Gmail

Mengenkripsi ternyata berguna untuk menyimpan data yang cuma bisa di baca jika kunci Hp di buka. Kunci Hp di buka bukan seperti di lockscreen tetapi enkripsi memerlulan PIN, pola atau bahkan sandi juga saat mengaktifkannya. Manfaat cara ini pada Gmail akan memberikan perlindungan yang kuat. Sehingga orang tidak bisa membobol Gmail anda. Menambah keamanan melalui cara ini merupakan jalan yang terbaik untuk melindungi pesan pribadi kamu ke teman, dosen atasan dan keluarga.

Mengenkripsi Gmail

Koneksi terenkripsi di lakukan melalui HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) Gmail menawarkan koneksi HTTPS karena google mengaggap enkripsi sangat penting, jadi Gmail bisa berjalan melalui koneksi HTTPS. Adapun arti dari ikon enkripsi, yaitu hijau yang bearti enkripsi yang di tingkatkan S/MIME. Abu-Abu yang di gunakan untuk pesan yang di tukarkan dengan layanan Gmail yang tidqk mendukung S/MIME. Merah bearti Gmail tidak terenkripsi tidak aman.

4. Jangan Membuka Gmail yang Mencurigakan

Membuat akun Gmail palsu adalah salah satu cara hacker untuk membobol akun Gmail kamu. Cara ini biasanya di lakukan dengan cara membuat situs yang memang sudah kamu gunakan. Salah satu contohnya adalah dengan cara mengirimkan kamu Gmail dari bank, dengan memiliki maksud mendapatkan informasi rekening kamu. Gmail yang mencurigakan biasanya meminta PIN atau nomor identifikasi, nama pengguna, tanggal lahir dan lainnya.

Jangan Membuka Gmail yang Mencurigakan

Cara menghindari akun Gmail yang mencurigakan kamu langsung periksa alamat Gmail dan pengirimnya cocok atau tidak dan periksa juga apakah email di auntentikasi. Selain itu kamu juga bisa melaporkan Gmail yang mencurigakan, jika memindahkan Gmail ke folder Spam, google juga menerima salinan Gmail lalu akan menganlisisnya untuk melindungi pengguna.

5. Gunakan Incognito Mode

Banyak orang sekarang ini sering menggunakan komputer untuk login akun Gmail. Kebanyakan orang juga membuka Gmail melalui komputer bersama seperti di warnet, perpustakaan dan bahkan milik teman . Incognito mode menjami penggunanya aman ketika menelusuri internet private dan orang tidak akan bisa melihat aktivitas kamu. Manfaat dari incognito mode ini ketika kamu melakukan browsing, history tidak akan terlacak. Selanjutnya Cookies dan site data aman, maksudnya pada saat masuk ke Gmail server web menghasilkan cookie dan mengirimkannya ke browser.

Gunakan Incognito Mode

Jika kamu menggunakan komputer bersama atau di tempat umum sebaiknya menggunakan incognito mode pada chorme. Incognito mode bisa secara otomatis keluar dari apa yang kamu buka setiap jendela private mode akan di tutup.

6. Periksa Riwayat Aktivitas Akun Gmail

Pada saat dari membuka situs seperti Gmail, aktivitas kamu akan tersimpan di akun google. Aktivitas di simpan dalam bentuk data di akun anda. Cara melihat aktivitas terakhir terletak di bagian bawah antarmuka web Gmail, di sana ada teks kecil yang bertulislam Last Account Activity yang akan memberitahu aktivitas terakhir akun kamu. Kamu bisa mengecek itu kalau ada yang mencurigakan mengakses akun Gmail selain anda sendiri.

Saat ada yang membuka Gmail kamu, akan tampil datanya seperti tanggal dan waktu, kapan terakhir Gmail aktif, dengan apa Gmail kamu di bukak, dan juga di lengkapi dengan lokasinya. Selain itu di bagian bawah, bisa di aktifkan preferensi seperti peringatan yang menunjukkan kegiatan tertentu sebagai kegiatan yang tak biasa. Tapi tidak perlu khawatir, di bagian atas kamu bisa mengeluarkan semua sesi akun Gmail dengan cara mengklik Sing out all.

Penutup

Itulah beberapaa cara meningkatkan keamanan pada akun Gmail. Kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah dan cepat. Jangan lupa share artikel ini dan sampai jumpa.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini