Cara Mengunci Youtube untuk Anak Paling Mudah

Cara Mengunci Youtube untuk Anak – Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan platform nonton video terbesar di dunia satu ini. Ya, Youtube sudah menjadi rumah bagi jutaan video dengan berbagai genre. Mulai dari video dengan genre komedi, horror, romantis, trailer dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena hal ini yang menjadi alasan utama kenapa banyak orang yang lebih memilih Youtube sebagai platform tontonannya. Di Indonesia sendiri Youtube juga sudah sangat menjamur. Tidak hanya di kalangan remaja saja, melainkan juga anak-anak hingga dewasa.

Cara Mengunci Youtube untuk Anak
Cara Mengunci Youtube untuk Anak

Khususnya untuk anak-anak, ini sangat perlu yang namanya pendampingan dari para orangtua. Pasalnya, konten video di Youtube tidak semuanya mendidik dan menginspirasi. Ada beberapa jenis konten Youtube yang tentunya tidak pantas ditonton oleh anak-anak. Misalnya saja video dengan adegan-adegan sensitive atau juga percakapan untuk orang dewasa. Jika video seperti ini sampai diakses oleh anak-anak yang masih dibawah umur, tentunya dampaknya cukup berbahaya bagi mereka.

Baca Juga:

Karena hal inilah, orangtua sangat berperan penting untuk mengontrol tontonan anak di Youtube. Misalnya saja hanya memperbolehkan anak mengakses Youtube Kids saja, bukan aplikasi Youtube Reguler. Tetapi terkadang hal ini kurang efektif diterapkan, karena anak tetap saja bisa mengakses konten di luar konteks tersebut. Maka dari itu, alternatif lainnya yakni dengan mengunci aplikasi Youtube. Lantas, bagaimana cara mengunci Youtube untuk Anak tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya yang saya rangkumkan untuk kalian semua.

Cara Mengunci Youtube untuk Anak Paling Mudah

Cara Memblokir Youtube untuk Anak

Untuk mengunci Youtube bagi anak ini sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Hanya saja, beberapa dari kalian mungkin masih belum tahu bagaimana cara untuk melakukannya.

Mengunci Youtube bisa dilakukan di beberapa jenis perangkat, namun pada artikel kali ini yang akan saya bahas yakni cara mengunci Youtube di HP android. Kenapa HP android, karena kebanyakan anak sekarang ini mengakses internet melalui perangkat mobile. Untuk perangkat PC atau laptop mungkin masih agak jarang, dan hanya beberapa kalangan saja yang melakukannya.

Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk mengunci aplikasi Youtube di HP agar tidak bisa diakses oleh anak. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

1. Mengunci Aplikasi Youtube dengan Tambahan Aplikasi

Cara yang pertama ini kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mempermuda penguncian aplikasi Youtube di smartphone android. Sebenarnya ada banyak pilihan aplikasi pengunci Youtube yang bisa kamu gunakan. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni aplikasi Smart Applock (App Protector). Aplikasi tersebut dibesut oleh SpSoft dan sudah didownload lebih dari 10 juta kali di Google Play Store.

Aplikasi Smart Applock (App Protector) tersebut dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana, sehingga sangat mudah digunakan. Selain itu, ukurannya juga tidak terlalu besar, yakni hanya 3.8 MB saja. Lantas, bagaimana cara menggunakan Smart Applock (App Protector) untuk mengunci aplikasi Youtube? Berikut ini langkah-langkah selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Smart Applock (App Protector) melalui Google Play Store.
  • Kalau sudah, sekarang buka atau jalankan aplikasi tersebut di HP androidmu.
  • Pada halaman awal aplikasi, kamu akan diminta untuk membuat pola atau PIN kunci. Silahkan kamu buat kunci PIN dengan kombinasi angka sebanyak 8 karakter. Jika HP-mu sudah mendukung sensor fingerprint, maka bisa membuat sistem keamanan berbasis fingerprint sensor.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman utama aplikasi.
  • Di sini kamu bisa mulai menambahkan aplikasi yang ingin dikunci. Karena tujuan utama kita mengunci aplikasi Youtube, jadi pilih saja aplikasi Youtube tersebut. Caranya klik tombol Plus (+), kemudian cari aplikasi Youtube.
  • Untuk mulai menguncinya, kamu aktifkan tombol slider yang ada di sebelah kanan aplikasi Youtube tersebut.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu klik tombol Plus (+) yang ada di bagian bawah tampilan.
  • Secara otomatis aplikasi Youtube akan langsung terkunci. Dan jika kamu ingin membukanya, maka perlu memasukkan kode PIN atau scan sidik jari sesuai pilihan keamanan yang kamu atur sebelumnya.
  • Selesai.

Catatan: Aplikasi Smart Applock (App Protector) ini tidak memerlukan akses root, sehingga aman dan mudah untuk digunakan. Jika pun smartphone androidmu tidak dibekali sensor sidik jari, nyatanya aplikasi ini masih bisa kamu gunakan.

2. Mengunci Aplikasi Youtube Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika cara di atas menurutmu cukup ribet, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, sehingga lebih mudah untuk dilakukan. Hanya saja, cara kedua ini hanya bisa dilakukan di beberapa tipe HP android saja. Pasalnya, tidak semua HP dibekali dengan fitur untuk mengunci aplikasi bawaan di dalamnya.

Adapun langkah-langkah untuk mengunci aplikasi Youtube tanpa aplikasi tambahan selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Pengaturan Tambahan.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Privasi.
  • Klik lagi pada opsi Lock Individual Apps, kemudian pilih opsi Choose App to Lock.
  • Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Youtube yang memang ingin dikunci aksesnya.
  • Namun, sebelum memilih aplikasi, kamu diharuskan untuk terlebih dahulu membuat kuncinya. Baik itu dalam bentuk password, PIN ataupun Fingerprint.
  • Kalau sudah, pilih aplikasi Youtube dan mulai kunci aplikasi.
  • Selesai.

Catatan: Cara ini hanya bisa dilakukan dibeberapa tipe HP yang memang sudah dibekali fitur AppLock di dalamnya. Jika memang HP-mu tidak dibekali fitur tersebut, maka bisa mengunci aplikasi dengan cara pertama di atas.

3. Mengunci Youtube di Browser

Selain melalui aplikasi, Youtube juga bisa diakses di smartphone melalui browser. Akan percuma tentunya jika hanya mengunci aplikasi Youtube dan membiarkan Youtube di browser begitu saja. Kamu juga perlu mengunci Youtube via browser tersebut, misalnya saja di browser Chrome. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka browser di HP androidmu. Kemudian kunjungi halaman Youtube.com.
  • Kalau sudah, selanjutnya kamu login ke akun Youtube menggunakan akun Google di HP android.
  • Pada halaman utama Youtube, kamu klik foto profil akun Youtube yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Kemudian klik opsi Setelan atau Settings.
  • Selanjutnya klik tombol dropdown (seperti arah panah ke bawah) yang ada di opsi Akun atau Account.
  • Di sana kamu menemukan tiga opsi pengaturan akun. Untuk mengunci Youtube, kamu bisa mengaktifkan Mode Terbatas atau Restricted Mode dengan cara menggeser toogle ke arah kanan.
  • Selesai.

Catatan: Meskipun Mode Terbatas atau Restricted Mode diaktifkan, halaman Youtube masih bisa diakses melalui browser tersebut. Hanya saja, bedanya sekarang Youtube akan mencegah atau menyembunyikan video yang mengandung konten dewasa atau sensitive.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengunci Youtube untuk anak di smartphone android yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini