Cara Mengunci WhatsApp di HP Samsung Terbaru

18
Cara Mengunci WhatsApp di HP Samsung
Cara Mengunci WhatsApp di HP Samsung

Cara Mengunci WhatsApp di HP Samsung – Sebagai pengguna smartphone, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aplikasi WhatsApp. Termasuk aplikasi chat paling populer saat ini, WhatsApp sangat mendominasi dunia per-chattingan di dunia. Penggunanya sangat banyak, khususnya di Indonesia. WhatsApp memiliki semua alasan kenapa orang-orang harus memilih aplikasi tersebut untuk urusan chattingan online. Aplikasinya pun bisa digunakan secara gratis, baik di perangkat iOS maupun Android. Mendaftar akun WhatsApp hanya memerlukan nomor HP yang aktif agar bisa diverifikasi nantinya.

Cara Mengunci WhatsApp di HP Samsung
Cara Mengunci WhatsApp di HP Samsung

Di aplikasi WhatsApp kita bisa mengirim chat dengan mudah dan cepat, baik dalam bentuk teks, gambar, video, audio, dokumen dan jenis file lainnya. Bahkan juga di WhatsApp disediakan fitur untuk saling berbagi lokasi, baik lokasi terkini atau lokasi suatu tempat. Lokasi yang dikirim dalam bentuk lokasi di Google Maps, yang mana pengguna akan diberikan petunjuk navigasi untuk sampai ke lokasi yang dikirimkan tersebut. Mengusung enkripsi end-to-end, lalu linta di WhatsApp hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja, bahkan pihak WhatsApp pun tidak bisa menembusnya.

Baca Juga:

Berbicara soal fitur keamanan di aplikasi WhatsApp, kita juga memungkinkan untuk menggunakan fitur kunci pada aplikasi tersebut. Penguncian aplikasi WhatsApp bisa menggunakan kunci password, pola kunci, dan juga fingerprint. Bahkan di HP keluaran terbaru disediakan pula fitur kunci aplikasi WhatsApp menggunakan pemindai wajah atau facelock. Penguncian aplikasi WhatsApp ini sudah bisa diterapkan pada hampir semu tipe dan merek HP android, termasuk juga di HP Samsung. Berikut cara mengunci WhatsApp di HP Samsung semua tipe yang mudah bisa kalian simak dan terapkan.

Cara Mengunci WhatsApp di HP Samsung Terbaru

Cara Kunci WhatsApp di HP Samsung
Cara Kunci WhatsApp di HP Samsung

Salah satu cara menjaga privasi WhatsApp di HP Samsung khususnya yakni dengan menguncinya. Setidaknya ada 3 metode termudah untuk mengunci aplikasi WA di HP Samsung, yakni menggunakan fitur Kunci Aplikasi bawaan Samsung, fitur Kunci Sidik Jari di WhatsApp dan menggunakan aplikasi AppsLock pihak ketiga. Kamu bisa memilih sendiri salah satu metode penguncian WA di atas sesuai keinginan dan kebutuhan.

Adapun cara mengunci WhatsApp di HP Samsung semua tipe terbaru selengkapnya, sebagai berikut:

1. Kunci Aplikasi WhatsApp dengan Fitur Folder Aman

Di HP Samsung disediakan fitur keamanan khusus yang dapat mengunci aplikasi dan file. Fitur ini diberi nama Folder Aman, yang mana aplikasi yang dikunci di dalamnya tidak akan bisa diakses oleh sembarangan orang. Serta juga file dan data aplikasi tidak bisa ditransfer atau diakses dari perangkat lain melalui sambungan Wifi Direct maupun USB.

Untuk cara mengunci WhatsApp menggunakan Folder Aman di HP Samsung, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian masuk ke opsi Biometrik dan Keamanan.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Folder Aman. Halaman selamat datang akan ditampilkan di sana, selanjutnya kamu klik Setuju untuk menyetujui semua syarat dan ketentuan yang berlaku. Kemudian berikan izin akses ke Folder Aman dengan klik Lanjutkan.
  • Sampai di sini Folder Aman sudah berhasil diinstall. Sekarang kamu bisa membuat mode kunci yang ingin digunakan di Folder Aman tersebut, baik itu kunci PIN, Pola, Kata Sandi ataupun Sidik Jari.
  • Jika sudah berhasil membuat kunci, sekarang kamu buka Folder Aman yang sudah muncul di layar menu utama HP Samsung.
  • Kemudian konfirmasi masuk dengan membuka kunci sesuai yang dibuat tadi.
  • Jika sudah, sekarang kamu beri tanda centang pada aplikasi WhatsApp. Kemudian klik tombol Tambah untuk menambahkannya ke Folder Aman.
  • Selesai.

Sekarang kamu sudah berhasil mengamankan aplikasi WhatsApp dengan menguncinya di Folder Aman. Kamu juga memungkinkan untuk memasukkan aplikasi lainnya ke dalam Folder Aman untuk melindungi privasinya.

2. Kunci Aplikasi WhatsApp dengan Fitur Kunci Sidik Jari

Kedua yakni dengan memanfaatkan fitur Kunci Sidik Jari atau Fingerprint yang disediakan di aplikasi WhatsApp. Menggunakan fitur kunci ini kita tidak perlu menginstall aplikasi tambahan apa pun. Selain di HP Samsung, fitur ini juga bisa dinikmati di merek dan tipe HP lain. Pasalnya, fitur kunci ini memang disediakan di WhatsApp yang tentunya bisa diakses di semua perangkat HP. Untuk mengunci WhatsApp dengan fitur Kunci Sidik Jari WA tersebut, yakni:

Lankah 1. Menambahkan Sidik Jari di HP Samsung

  1. Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  2. Kemudian masuk ke opsi Biometrik dan Keamanan.
  3. Lanjutkan dengan pilih opsi Sidik Jari.
  4. Konfirmasi masuk dengan membuka Pola Kunci atau Kata Sandi yang kamu gunakan sebagai keamanan di HP Samsung.
  5. Jika sudah berhasil masuk, sekarang klik tombol Lanjutkan.
  6. Kemudian lakukan pemindaian sidik jari dengan menempelkan sidik jari ke sensor sidik jari. Angkat dan tempelkan lagi, lakukan cara ini berulang-ulang sampai sidik jari lengkap 100% dan klik Selesai.

Langkah 2. Mengunci WhatsApp

  1. Setelah berhasil menambahkan sidik jari, sekarang kamu buka aplikasi WhatsApp di HP Samsung.
  2. Pada halaman Obrolan WhatsApp, kamu klik menu Tiga Titik di pojok kanan atas tampilan.
  3. Kemudian pilih opsi Setelan.
  4. Selanjutnya klik pada opsi Privasi.
  5. Gulir ke bawah, lalu pilih opsi Kunci Sidik Jari.
  6. Dan aktifkan kunci sidik jari untuk WhatsApp dengan menggeser tombol slider ke arah kanan. Sekarang konfirmasi sidik jari dengan menempelkan sidik jari ke sensor sidik jari pada HP Samsung tersebut. Sebagai tambahan, di sini kamu juga bisa mengatur waktu kunci WhatsApp otomatis, baik itu Segera, Setelah 1 menit atau Setelah 30 menit.
  7. Selesai.

Catatan: Cara ini memungkinkan juga kamu terapkan di HP merek dan tipe lain, asalkan pada HP tersebut sudah disediakan sensor sidik jari.

3. Kunci Aplikasi WhatsApp dengan Aplikasi Tambahan

Untuk HP Samsung yang belum dilengkapi dengan sensor sidik jari dan Folder Aman, cara terakhir ini bisa dijadikan pilihan. Kamu bisa memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga yang fungsinya untuk mengunci aplikasi, termasuk aplikasi WhatsApp. Ada banyak jenis aplikasi semacam ini yang bisa ditemukan dan digunakan di Google Play Store. Salah satunya adalah aplikasi bernama AppLock besutan dari DoMobile Lab.

Mengenai langkah-langkah mengunci WhatsApp menggunakan aplikasi AppLock tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu perlu download dan install aplikasi AppLock melalui Google Play Store.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada tampilan awal aplikasi, biasanya akan meminta izin akses pada perangkat Samsung tersebut. Setujui izin akses dengan klik tombol Izinkan.
  4. Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat pola kunci atau password.
  5. Jika sudah, nantinya kamu akan dibawa ke halaman utama aplikasi.
  6. Klik pada tab PRIVASI, lalu cari dan pilih WhatsApp. Kemudian kamu kunci aplikasi WhatsApp tersebut.
  7. Selesai.

Selain aplikasi AppLock by DoMobile Lab, tentunya masih ada aplikasi serupa lainnya di Google Play Store yang bisa kamu gunakan. Untuk cara penggunaannya kurang lebih sama, di mana kamu perlu membuat dulu pola kunci atau password yang ingin digunakan. Hampir semua aplikasi pengunci aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, bahkan bisa digunakan tanpa root.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengunci WhatsApp di HP Samsung terbaru yang ampuh dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat bagi orang lain.

Artikel SebelumnyaCara Hapus Video di Telegram Android yang Mudah
Artikel SelanjutnyaCara Bikin Suara Google di TikTok Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini