Cara Mengunci WhatsApp Android dengan Mudah

Cara Mengunci WhatsApp Android – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting paling populer digunakan, khususnya di platform android. WhatsApp banyak dipilih karena fitur-fiturnya yang beragam dan mudah dalam penggunaannya. Jika di jaman dulu SMS adalah cara terbaik untuk berkirim pesan, sekarang WhatsApp yang menggantikannya. Tidak hanya berkirim pesan chat, WhatsApp juga memungkinkan penggunanya mengirim gambar, video, bahkan juga file dokumen.

Cara Mengunci WhatsApp Android
Cara Mengunci WhatsApp Android dengan Mudah

WhatsApp juga punya fitur baru yang mirip dengan di Instagram yakni fitur berbagi cerita atau video. Cerita dan video tersebut akan hilang atau dihapus secara otomatis setelah 24 jam dibagikan. Selain itu, masih ada banyak lagi keunggulan WhatsApp yang bisa dirasakan oleh penggunanya.

Baca Juga :

Seiring berjalannya waktu, hampir semua hal dilakukan melalui aplikasi WhatsApp oleh penggunanya. Bahkan juga beberapa kegiatan yang bersifat privasi sering dilakukan melalui aplikasi ini. Karena hal inilah membuat beberapa pengguan tidak ingin ada orang lain yang mengakses WhatsApp miliknya. Gampang saja, kamu tinggal melakukan cara mengunci WhatsApp Android agar data dan privasi di WhatsApp tetap aman.

Cara Mengunci WhatsApp Android dengan Mudah

WhatsApp sendiri memang masih belum menyematkan fitur yang memungkinkan pengguna bisa menguncinya. Meskipun demikian, kamu tetap bisa melakukan cara mengunci WhatsApp android dengan memanfaatkan aplikasi pengunci khusus. Walau masih menggunakan aplikasi pihak ketiga, tapi cara ini sangat aman untuk diterapkan. Apa saja aplikasi lock WhatsApp yang paling recommended digunakan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara mengunci WhatsApp dengan aplikasi GB WhatsApp

Sebagian besar dari kalian mungkin sudah mengenal aplikasi GB WhatsApp ini. GB WhatsApp merupakan aplikasi Mod yang mengadopsi dari aplikasi WhatsApp versi aslinya. Meskipun merupakan aplikasi Mod, tapi GB WhatsApp sangat aman digunakan. Berbeda dengan WhatsApp versi resminya, GB WhatsApp punya fitur yang lebih lengkap. Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengunci aplikasi atau bahkan juga mengunci chat atau obrolan.

Karena merupakan adaptasi dari WhatsApp versi asli, sudah pasti tampilannya sama persis. Yang perlu kamu tahu juga, GB WhatsApp ternyata tidak kalah populer dengan penggunanya yang sangat banyak. Adapun cara mengunci WhatsApp Android dengan GB WhatsApp, sebagai berikut :

1. Langkah pertama kamu perlu mengunduh aplikasi GB WhatsAp. Klik Link Ini.

2. Setelah itu, install aplikasi tersebut seperti biasa. Karena kamu menginstall aplikasi dari luar Play Store, mungkin perlu mengatur akses instalasi dari selain Play Store.

3. Jika sudah, langsung jalankan aplikasi GB WhatsApp lalu masuk ke akun WhatsApp pribadi kamu.

4. Pada tampilan awal aplikasi sama seperti WhatsApp resminya. Untuk mengunci WhatsApp, kamu tinggal klik pada “ikon 3 titik vertikal” yang ada di pojok kanan atas tampilan.

5. Setelah itu, kamu akan menemukan beberapa menu dari GB WhatsApp. Kamu tinggal klik di bagian menu “GB Settings”.

6. Pada halaman Pengaturan, kamu klik pada opsi “Lock”. Kemudian pilih “Enable passcode” untuk mengunci aplikasi.

7. Atur password sesuai keinginan kamu, pastikan password yang dibuat dengan kombinasi huruf dan angka.

Selain mengunci aplikasi, dengan aplikasi GB WhatsApp kamu juga bisa mengunci chat atau obrolan tertentu yang ada di WhatsApp. Itu artinya aplikasi tetap bisa diakses, namun hanya chat atau obrolan tertentulah yang tidak bisa diakses oleh orang lain. Caranya hampir sama, simak langkah-langkahnya berikut ini :

1. Pertama kamu perlu mengunduh dan menginstall aplikasi GB WhatsApp seperti biasa.

2. Jalankan aplikasi GB WhatsApp, kemudian buka chat atau obrolan yang ingin kamu kunci dengan password.

3. Pada jendela chatting tertentu, kamu tinggal klik “ikon titik 3 vertikal” yang letaknya di pojok kanan atas tampilan.

4. Nanti akan muncul beberapa opsi pengaturan, kamu klik pada opsi “Lock Chat”.

5. Kemudian pilih “Enable Passcode”. Selanjutkan kamu buat password sesuai keinginan. Gunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar dan angka agar lebih sudah dihack oleh orang lain.

6. Selesai, chat atau obrolan tertentu sudah berhasil kamu kunci.

Cara mengunci WhatsApp android dengan aplikasi WhatsLock

Selain menggunakan aplikasi GB WhatsApp, mengunci WhatsApp juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama WhatsLock. Aplikasi WhatsLock ini sendiri dibuat oleh Mobisec dan bisa diinstall secara langsung melalui Google Play Store. Cara penggunaannya juga cukup mudah, dan yang terpenting lagi aplikasi ini cukup ringan dijalankan. Untuk cara penggunaannya sendiri, lihat langkah-langkah di bawah ini :

1. Pertama kamu harus mengunduh dan install aplikasi WhatsLock.

2. Jika sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut di smartphone android kesayangan.

3. Pada tampilan awal, kamu tinggal pilih menu “Pattern Lock”.

4. Aktifkan opsi Pattern Lock dengan cara slide di pilihan “Enable Pattern Lock”.

5. Sekarang kamu tinggal mengatur pola kunci untuk aplikasi WhatsApp kamu. Jika sudah, klik “Confirm”.

6. Selesai.

Penutup

Itulah tadi kedua cara mengunci WhatsApp android paling mudah dan aman pastinya. Pilih apakah ingin menggunakan cara yang pertama atau yang kedua sesuai keinginan. Share artikel ini ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.