Cara Mengunci Aplikasi di HP Android Tanpa Root

Cara Mengunci Aplikasi – Sebagai pengguna HP android, pasti masing-masing dari kita punya privasi tersendiri di dalam HP yang tidak boleh dilihat oleh orang lain. Entah itu sejumlah foto, video, dokumen, isi chatting dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang pasti, beberapa hal tersebut hanya boleh dijadikan sebagai konsumsi pribadi dan tidak untuk dilihat oleh orang lain. Tetapi, tidak banyak pengguna yang tahu betul bagaimana cara untuk menyembunyikan privasi di HP androidnya tersebut. Alhasil, saat HP dipinjam oleh seseorang maka dengan mudah bisa diakses olehnya.

Cara Mengunci Aplikasi
Cara Mengunci Aplikasi

Agar tidak terjadi lagi hal semacam ini, salah satu caranya yakni dengan mengunci aplikasi yang ada di HP android. Misalnya saja yang menjadi konsumsi pribadi adalah isi chat, maka kamu bisa mengunci aplikasi chatting tersebut menggunakan password atau pola. Dengan demikian, hanya kamu saja yang bisa mengakses isi dari aplikasi chatting tersebut. Namun yang perlu diperhatikan, jangan sampai kamu lupa dengan kunci atau password yang sudah diterapkan. Karena jika lupa, maka akan cukup rumit untuk membukanya lagi.

Baca Juga:

Mengenai cara mengunci aplikasi di android, mungkin beberapa pengguna berpikir akan memerlukan langkah yang rumit. Tetapi ternyata tidak, mengunci aplikasi android bisa dibilang sangat mudah. Menariknya lagi, cara ini bisa kamu lakukan tanpa memerlukan akses root. Semua jenis aplikasi memungkinkan untuk kamu kunci, sehingga privasimu akan semakin aman. Berikut ini informasi mengenai cara kunci aplikasi android selengkapnya yang bisa kamu terapkan.

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android Tanpa Root

Cara Mengunci Aplikasi di HP Android Tanpa Root
Cara Mengunci Aplikasi di HP Android Tanpa Root

Untuk mengunci aplikasi di smartphone android memang tidak perlu ilmu oprek yang mumpuni. Pasalnya, dengan langkah sederhana kamu sudah memungkinkan mengamankan aplikasi tertentu dengan kunci password, PIN ataupun pola. Bahkan kamu juga tidak memerlukan akses root untuk melakukannya. Setidaknya ada 2 metode kunci aplikasi android yang bisa kamu lakukan, yakni tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Adapun langkah-langkah mengunci aplikasi di HP android tanpa akses root selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi

Cara mengunci aplikasi di android yang pertama yakni dengan metode tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Melainkan di sini kamu bisa memanfaatkan fitur kunci aplikasi khusus yang disediakan di setiap perangkat HP android. Tetapi sayangnya, cara satu ini tidak bisa diterapkan pada semua tipe HP android. Ya, pasalnya tidak semua HP android dibekali dengan fitur untuk mengunci aplikasi satu ini.

Namun, kebanyakan HP android keluaran baru sudah dibekali dengan fitur tersebut. Jika memang di HP androidmu sudah didukung fitur App Lock, maka kamu bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Selanjutnya kamu scroll ke bawah, lalu pilih opsi Pengaturan Tambahan.
  • Scroll lagi ke bawah dan klik pada opsi Privasi.
  • Di halaman ini kamu bisa pilih opsi Lock Individual Apps, kemudian klik pada bagian Choose App to lock.
  • Sebelum memilih aplikasi yang ingin dilock atau dikunci, kamu diharuskan untuk membuat kuncinya terlebih dahulu. Kunci yang digunakan bisa berupa password, PIN atau Pola sesuai pilihan yang disediakan di fitur App Lock tersebut. Pastikan kamu membuat kunci yang rumit sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain. Yang terpenting lagi, kamu juga harus mengingat-ingat password tersebut dan jangan sampai lupa.
  • Jika sudah selesai membuat kunci, sekarang kamu pilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci. Misalnya saja aplikasi chatting, media sosial, galeri dan lain sebagainya.
  • Sekarang kamu sudah berhasil mengunci aplikasi di HP androidmu.
  • Selesai.

Cara di atas memungkinkan untuk diterapkan disemua brand HP, baik itu brand Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Huawei, dan lain sebagainya. Pasalnya, semua brand memang sudah menerapkan fitur tersebut pada beberapa produk smartphone-nya. Hanya saja, tidak semua tipe smartphone dibekali fitur App Lock tersebut di dalamnya.

2. Mengunci Aplikasi di Android dengan Aplikasi

Jika di HP androidmu tidak dibekali dengan fitur App Lock bawaan, maka alternatif terbaiknya yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak sekali pilihan aplikasi untuk mengunci aplikasi yang disediakan di Google Play Store. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Salah satu aplikasi AppLock terbaik yang saya rekomendasikan yakni aplikasi LOCKit.

Aplikasi LOCKit ini sendiri dikembangkan oleh SuperTools Corporation, di mana sudah ada lebih dari 10 juta pengguna yang menginstallnya. Selain ampuh untuk mengunci aplikasi, LOCKit juga cukup ringan. Ukurannya hanya sebesar 5.4 MB saja, sehingga tetap lancar dijalankan di HP dengan spek standar. Mengenai cara me-lock aplikasi dengan LOCKit selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi LOCKit di HP androidmu.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Biasanya aplikasi akan meminta izin akses, kamu tinggal beri izin untuk aplikasi tersebut.
  • Pada awal membuka aplikasi, kamu akan diminta untuk membuat kunci menggunakan pola atau PIN. Silahkan kamu masukkan PIN atau Pola sebanyak 2 kali.
  • Agar semakin aman, kamu juga diminta untuk menentukan pertanyaan atau sequrity question berserta dengan jawabannya di kolom bawah. Langkah ini diperlukan untuk mempermudah kamu saat lupa password atau kunci dan ingin meresetnya. Jika sudah, klik tombol Done.
  • Nantinya aplikasi akan memberikan saran aplikasi mana saja yang patut untuk dikunci. Kamu juga bisa menghapus atau menambahkan aplikasi yang ingin dikunci dengan cara klik pada kolom centang. Selanjutnya klik Protect.
  • Akan muncul notifikasi pop up, selanjutnya kamu klik Permit.
  • Selanjutnya kamu masuk ke pengaturan Accessibility. Kamu scroll bawah, lalu klik pada opsi LOCKit.
  • Geser toogle sehingga menjadi mode ON, lalu tekan OK pada notif pop up yang muncul.
  • Sampai di sini sebenarnya kamu sudah berhasil mengunci aplikasi. Tetapi jika masih ada aplikasi yang ingin dikunci, maka kamu bisa masuk ke menu App Lock dan klik tanda gembol yang ada di sebelah kanan aplikasi.
  • Selesai.

Selain aplikasi LOCK it, masih ada banyak lagi pilihan aplikasi AppLock yang bisa kamu gunakan dan temukan di Google Play Store. Misalnya saja, 360 Security, App Locker by BGNmobi, AppLock by DoMobile, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengunci aplikasi di HP android paling mudah tanpa root yang bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke media sosial pribadimu ya?