Cara Mengunci Aplikasi Android Paling Mudah

Cara Mengunci Aplikasi Android – HP android sekarang ini sudah dibekali dengan berbagai fitur keren yang tentunya sangat memanjakan penggunanya. Salah satunya yang paling menjadi perhatian dalah fitur keamaan smartphone. Pengguna sekarang ini sudah bisa merasa aman karena fitur keamanan smartphone yang semakin canggih. Fitur kunci atau lock misalnya, tidak hanya menggunakan PIN atau pola saja, melainkan ada pula yang menggunakan fingerprint dan facelock.

Cara Mengunci Aplikasi Android
Cara Mengunci Aplikasi Android

Mengunci layar HP saja masih dianggap kurang begitu maksimal bagi beberapa pengguna. Mereka menginginkan pertahanan keamanan smartphone yang berlapis sehingga lebih membuatnya tenang. Misalnya saja masing-masing aplikasi dikunci dengan lock khusus, seperti Pola, PIN, atau fingerprint.

Baca Juga:

Tidak perlu bingung dan khawatir, karena sebagian besar smartphone keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur lock aplikasi. Pengguna bisa mengaktifkan dan mengatur sendiri mana saja aplikasi yang ingin dilock. Bagi kamu yang masih belum tahu, berikut ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara mengunci aplikasi android bisa coba kamu terapkan.

Cara Mengunci Aplikasi di Android

Cara Mengunci Aplikasi di Android
Cara Mengunci Aplikasi di Android

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk mengunci aplikasi android bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa dengan memanfaatkan fitur bawaan atau juga memanfaatkan aplikasi khusus untuk lock aplikasi android. Langkah-langkah selengkapnya bisa kamu simak berikut ini:

Cara Mengunci Apliasi Android Tanpa Aplikasi

Hampir semua HP android keluaran terbaru dibekali dengan fitur lock aplikasi. Fitur tersebut bisa kamu temukan di bagian menu Setting atau Pengaturan android. Jika masih belum tahu, berikut ini cara mengaktifkannya:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di smartphone android.
  • Setelah itu, scroll ke bawah lalu klik pada opsi Pengaturan Tambahan.
  • Selanjutnya klik opsi Privasi.
  • Di halaman ini selanjutnya kamu pilih opsi Lock Individual Apps, kemudian pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan cara pilih opsi Choose Apps to Lock.
  • Sebelumnya kamu akan disuruh untuk membuat kunci atau lock app terlebih dahulu, bisa berupa Pola atau PIN.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu tentukan aplikasi mana saja yang ingin dilock.
  • Sekarang aplikasi sudah kamu kunci, jika ingin membukanya maka perlu memasukkan kunci yang sudah dibuat tadi.

Cara Lock Aplikasi Android dengan 360 Security

Cara berikutnya ini dianggap sangat ampuh memberikan privasi lebih terhadap smartphone androidmu. Salah satunya bisa mengunci aplikasi tertentu yang sudah diinstall di HP android. Salah satu aplikasi pengunci yang bisa kamu manfaatkan adalah 360 Security yang bisa diinstall secara gratis di Google Play Store.

Aplikasi satu ini juga dibekali dengan tampilan antarmuka sederhana sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna awam sekalipun. Untuk menggunakannya sendiri tidak begitu sulit, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu perlu install aplikasi 360 Security di HP androidmu.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Pada halaman utama, klik tombol menu yang berada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Selanjutnya pilih menu AppLock.
  • Pada halaman ini akan muncul list aplikasi yang sudah terinstall di HP androidmu.
  • Pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan cara memberinya tanda Centang. Jika sudah, langsung klik tombol Lock untuk mengunci aplikasi yang dipilih tadi.
  • Atur pola kunci sesuai keinginan, biasanya kamu akan diminta memasukkan pola kunci yang sama sebanyak 2 kali.
  • Nanti akan muncul pop up konfirmasi, klik Confirm untuk mengkonfirmasi.
  • Selanjutnya klik 360 Security, kemudian slide ke kanan pada opsi Permit usage Access.
  • Dan terakhir klik Confirm untuk segera menyelesaikan pengaturan lock aplikasi. Sekarang aplikasi yang dipilih tadi sudah berhasil dikunci.

Kunci Aplikasi Android dengan Applock (Hyper Speed)

Selain 360 Security, rekomendasi aplikasi lainnya yang tidak kalah menarik untuk digunakan adalah Applock. Aplikasi satu ini dibuat oleh Hyper Speed dan sudah diinstall lebih dari 50 juta kali di Google Play Store. Selain bisa mengunci aplikasi secara aman, aplikasi ini juga cukup ringan.

Fitur di dalam aplikasi Applock juga sangat lengkap, pengguna bisa mengunci aplikasi dengan menggunakan password berupa pola atau PIN. Terdapat pula fitur notifikasi yang akan memberikan kamu jika ada pengguna lain yang coba membobol membuka aplikasi secara diam-diam. Yang paling menarik lagi, di dalam aplikasi juga disediakan fitur pembersih yang memungkinkan pengguna menghapus file sampah di microSD. Jika kamu mencari aplikasi pengunci paling aman dan kaya fitur, Applock besutan Hyper Speed ini pilihan terbaiknya.

Lock Aplikasi Android dengan Applock (IVYMOBILE)

Cara kunci aplikasi android paling aman berikutnya yakni dengan menggunakan aplikasi Applock besutan IVYMOBILE. Aplikasi satu ini tidak kalah menarik untuk digunakan, pasalnya di dalamnya tersedia berbagai fitur keamanan dan privasi yang mumpuni. Privasi aplikasi akan dijaga dengan sangat baik agar tidak dibobol atau diakses oleh sembarangan orang.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengunci aplikasi, tetapi juga bisa mengunci foto, video serta data pribadi pengguna. Tersedia pula versi berbayar yang menawarkan fitur keamanan yang lebih luas, seperti mengunci Android Pay, Paypal, Samsung Pay dan lain sebagainya. Yang paling menarik dari aplikasi ini adalah fitur kunci pola tidak terlihat dan keyboard acak, dengan begitu orang lain akan sulit menebak kunci aplikasi yang kamu terapkan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengunci aplikasi android paling mudah bisa kamu terapkan sendiri. Sebenarnya masih ada banyak lagi pilihan aplikasi Applock yang bisa kamu gunakan, hanya saja pilihan di atas adalah yang paling direkomendasikan.