Cara Menguji Kecepatan Ponsel dengan AnTuTu Benchmark

Cara Menguji Kecepatan Ponsel dengan AnTuTu – HP android menjadi salah satu perangkat gadget yang paling banyak diminati sekarang ini. Tidak lain karena HP android mampu memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas harian. HP android dilengkapi dengan berbagai jenis aplikasi yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Serta ada banyak pula genre game yang seru, pastinya menjadi sarana hiburan pengguna.

Cara Menguji Kecepatan Ponsel dengan AnTuTu
Cara Menguji Kecepatan Ponsel dengan AnTuTu

Tidak hanya itu saja, beberapa HP android juga dibekali dengan beragam fitur menarik yang semakin memanjakan para penggunanya. Misalnya saja fitur privasi dan keamanan, di mana sebagian besar HP android sekarang ini sudah dibekali dengan keamanan terbaik, misalnya saja sensor fingerprint. Tidak hanya soal kelengkapan fitur, performa HP saat digunakan juga menjadin hal penting yang perlu diperhatikan. Karena jika performa HP sangat mumpuni, sudah pasti akan sangat memanjakan pengguna saat mengoperasikannya.

Baca Juga:

Lantas, bagaimana cara mengetahui kecepatan serta performa sebuah HP android? Sangat mudah, dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan salah satu aplikasi penguji kecepatan serta performa HP yakni AnTuTu Benchmark. Aplikasi ini bisa menjadi acuan dalam menentukan performa ponsel saat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti menjalankan banyak aplikasi, bermain game, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang masih belum tahu, berikut sudah saya rangkumkan bagaimana cara menguji kecepatan ponsel dengan AnTuTu Benchmark. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Cara Menguji Kecepatan Ponsel dengan AnTuTu Benchmark

Cara Tes Kecepatan Ponsel dengan AnTuTu
Cara Tes Kecepatan Ponsel dengan AnTuTu

Berbicar soal kecepatan smartphone, pasti tidak terlepas dari prosesor yang digunakannya. Prosesor sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam HP yang berfungsi untuk mengontrol semua kegiatan yang dilakukan di sistem android. Prosesor ponsel sendiri terdiri dari beberapa macam, namun yang paling terkenal adalah MediaTek dan Qualcomm Snapdragon. Keduanya terus bersaing dalam menyajikan performa terbaik untuk sebuah smartphone.

Tetapi tentunya, baik itu MediaTek ataupun Qualcomm Snapdragon pasti punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Setiap orang punya pilihannya sendiri, ada yang berpihak pada MediaTek dan ada pula yang lebih mengunggulkan Qualcomm Snapdragon. Sebenarnya bukan hanya prosesor saja yang menjadi penentu kecepatan dan performa apik sebuah ponsel saat dioperasikan. Komponen lain juga punya andil dalam memaksimalkan performa kinerja smartphone, mulai dari RAM, GPU dan hardware lainnya.

Kembali ke aplikasi AnTuTu Benchmark, di mana cara kerjanya dalam menguji kecepatan ponsel tidak hanya berdasarkan pada prosesor. AnTuTu Benchmark akan menilai dengan memandingkan penggunaan CPU, RAM, UX, dan GPU ponsel. Tidak hanya dari sisi hardware, AnTuTu Benchmark juga akan memberi penilaian pada software yang dijalankan.

Dalam menentukan nilai kecepatan dari sebuah smartphone, hasil yang bisa didapat tentu berbeda-beda. Dua smartphone yang punya RAM, CPU serta GPU yang sama belum tentu juga nilai Benchmarknya sama. Skor Benmark yang dihasilkan menjadi acuan kecepatan performa dari sebuah smartphone. Di mana, semakin besar skor benchmark smartphone maka semakin bagus pula performanya dalam menjalankan berbagai aktivitas.

Adapun cara menguji kecepatan ponsel dengan AnTuTu Benchmark selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi AnTuTu Benchmark melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Nantinya akan muncul notifikasi untuk meminta akses beberapa menu penting di ponsel, seperti kontak, SMS, media dan lain sebagainya. Klik IZINKAN untuk memberikan izin akses aplikasi.
  • Setelah tampil halaman utama aplikasi, selanjutnya kamu klik Unduh & Install. Nanti akan muncul notifikasi yang berisi informasi tentang pengunduhan aplikasi AnTuTu 3DBench. Untuk melanjutkan klik DAPATKAN DARI TOKO.
  • Sekarang kamu akan dibawa ke Google Play Store untuk pengunduhan aplikasi tersebut. Klik tombol Install untuk menginstall aplikasi tersebut. Aplikasi AnTuTu 3DBench ini sendiri merupakan aplikasi untuk menganalisa performa ponsel secara keseluruhan yang berisi foto dan video 3D berat.
  • Setelah selesai didownload, secara otomatis aplikasi AnTuTu akan melakukan benchmark. Tunggu proses benchmark sampai selesai, nanti skor benchmark akan tampil di layar aplikasi.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, skor benchmark untuk masing-masing perangkat berbeda-beda. Sekalipun komponen yang dibawa sama, namun setiap tipe dan brand smartphone punya kualitasnya tersendiri. Perlu kamu tahu, semakin besar nilai benchmark yang dihasilkan, bisa dikatakan kecepatan ponsel dalam menjalankan berbagai kegiatan akan semakin baik. Sebaliknya, jika skor benchmarknya cukup kecil maka akan menyulitkan smartphone menjalankan banyak aplikasi ataupun game berat.

10 Smartphone dengan Skor Benchmark Tertinggi
10 Smartphone dengan Skor Benchmark Tertinggi

Dilansir dari situs resmi AnTuTu, setidaknya ada 10 smarphone dengan nilai AnTuTu paling tinggi sekarang ini. Di urutan 1 sampai 4 diisi oleh smartphone dari Huawei yang mengusung prosesor Kirin 980 SoC. Sementara diurutan 5 hingga 10 diisi oleh smartphone dari Xaomi, ASUS ROG dan juga OnePlus, masing-masing dibekali dengan CPU Qualcomm Snapdragon 845 SoC.

Meski begitu, skor benchmark bukan juga menjadi hal mutlak yang menentukan kecepatan performa sebuah ponsel. Ini hanyalah sebuah perhitungan yang tidak sepenuhnya bisa dipercayai. Karena ada beberapa merk smartphone yang justru mencurangi hasil skor benchmark dari produknya. Jika melihat daftar skor AnTuTu tertinggi di atas, CPU Kirin 908 SoC menjadi penguasanya. Tetapi bukan berarti CPU Qualcomm Snapdragon 845 SoC kurang bagus. Kembali ke pernyataan sebelumnya, masing-masing CPU punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi soal kecepatan kinerja tidak bisa ditentukan secara pasti.

Penutup

Itulah tadi cara menguji kecepatan ponsel dengan AnTuTu Benchmark yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.