Cara Mengubah Video Menjadi Nada Dering di HP

371
Cara Mengubah Video Menjadi Nada Dering
Cara Mengubah Video Menjadi Nada Dering

Cara Mengubah Video Menjadi Nada Dering – HP android di dalamnya dibekali dengan berbagai fitur yang tentunya memiliki fungsi berbeda-beda. Dukungan fitur ini ditujukan untuk memudahkan berbagai aktivitas pengguna, serta memanjakan mereka. Terbukti hampir semua orang sekarang ini memiliki perangkat smartphone tersebut, khususnya smartphone android. Tidak hanya sebagai alat untuk mempermudah aktivitas harian, HP android juga bisa dijadikan sebagai sarana hiburan terbaik.

Cara Mengubah Video Menjadi Nada Dering
Cara Mengubah Video Menjadi Nada Dering

Lain dari itu, tetap saja fungsi utama dari HP android ini adalah sebagai alat komunikasi. HP android memungkinkan digunakan untuk saling berikirim pesan, melakukan panggilan suara ataupun juga panggilan video. Untuk fungsi ini, pengguna biasanya menetapkan nada notifikasi atau pemberitahuan agar ia bisa merespon dengan lebih cepat. Khususnya untuk nada notifikasi panggilan masuk, biasanya pengguna menggunakan nada dering berupa ringtone atau lagu. Selain sudah disediakan di perangkat android, ringtone atau nada dering ini juga bisa kamu buat sendiri lho.

Baca Juga:

Membuat nada dering HP bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengambil nada atau audio dari sebuah video. Nantinya audio yang sudah diambil tersebut bisa kamu gunakan sebagai nada dering di HP android. Meskipun mudah, namun sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu cara mengubah video menjadi nada dering di HP android tersebut. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap caranya tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengubah Video Menjadi Nada Dering di HP

Untuk mengubah video menjadi ringtone atau nada dering HP, setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu lakukan, yakni dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Cara melakukannya pun terbilang sangat mudah dan praktis, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkan cara ini.

Adapun cara mengubah video menadi nada dering di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Ubah Video Menjadi Nada Dering dengan Aplikasi

Ubah Video Menjadi Nada Dering dengan Aplikasi
Ubah Video Menjadi Nada Dering dengan Aplikasi

Cara yang pertama yakni kamu bisa melakukan convert video menjadi nada dering atau ringtone dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi semacam ini ada banyak jenisnya di Google Playstore, bahkan hampir semua aplikasi bisa kamu gunakan secara gratis.

Salah satu aplikasi untuk mengambil suara dari video yang nantinya digunakan sebagai nada dering HP, yakni bernama MP3 Converter. Aplikasi satu ini dibesut oleh Inshot Inc., yang mana aplikasi tersebut sudah didownload lebih dari 10 juta kali di Google Playstore. Mengenai cara menggunakan aplikasi MP3 Converter untuk mengubah video menjadi nada dering atau file MP3, yakni:

  • Langkah pertama kamu download dan install aplikasi MP3 Converter terlebih dahulu di perangkat smartphone androidmu.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Berikan persetujuan terhadap syarat dan ketentuan aplikasi dengan klik Agree.
  • Nantinya kamu akan dibawa ke halaman utama aplikasi. Selanjutnya untuk mengubah video menjadi lagu atau nada dering, kamu klik menu Video to Audio.
  • Kemudian cari dan pilih video yang ingin kamu ubah formatnya menjadi file audio atau nada dering.
  • Di sini kamu bisa melakukan beberapa pengaturan sesuai keinginan. Mulai dari penggunaan format, bitrate, cut, edit tag, quality, volume, fade, dan juga cover.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Convert dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Hasil convert video ke audionya akan tersimpan secara otomatis di memori internal.
  • Selesai.

Catatan: Untuk melihat file audio atau nada dering hasil convert video, bisa dilihat di Memori Internal > Musik > VideoToMp3 > VideoToAudio atau dengan klik Output Folder di aplikasi Mp3 Converter.

Selain aplikasi MP3 Converter di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain yang memiliki fungsi sama, yakni mengubah video menjadi nada dering. Beberapa aplikasi alternatif untuk convert video ke Mp3 lainnya, antara lain:

2. Convert Video ke MP3 (Nada Dering) Tanpa Aplikasi

Convert Video ke MP3 (Nada Dering) Tanpa Aplikasi
Convert Video ke MP3 (Nada Dering) Tanpa Aplikasi

Sementara untuk cara yang kedua ini bisa dipilih bagi kamu yang tidak ingin menginstall aplikasi tambahan di perangkat androidmu. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan situs online di internet untuk melakukan convert video ke audio yang nantinya bisa dijadikan sebagai nada dering di HP.

Ada banyak website convert video ke Mp3 yang ada di internet, salah satunya yang paling populer digunakan yakni 123 Apps Audio Converter Online. Untuk cara menggunakannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka browser di perangkat HP androidmu.
  • Kemudian kunjungi situs 123 Apps Audio Converter Online dengan melalui LINK INI.
  • Pada jalaman utama situs tersebut, kamu klik tombol Open File. Kemudian cari dan pilih file video yang ingin dijadikan sebagai nada dering HP dan tunggu sampai video berhasil diupload.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu atur format outputnya di bagian nomor 2. Di sini kamu bisa memilih Mp3 saja dan atur kualitas audio sesuai keinginan.
  • Lebih lanjut kamu bisa klik Advanced Settings untuk pengaturan lainnya atau klik Edit Track Info untuk mengedit detail dari file.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Convert dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Untuk menyimpan hasil convert file videonya, kamu klik tombol Download. Maka file akan langsung tersimpan di memori internal HP.
  • Selesai.

Setelah selesai mengubah format video menjadi file MP3 atau audio, selanjutnya kamu bisa menjadikannya sebagai nada dering di HP androidmu. Bagi kamu yang belum tahu cara mengubah nada dering di HP android, maka bisa simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengubah Nada Dering di HP Android

Di setiap HP android biasanya sudah tersedia berbagai pilihan nada dering yang siap untuk kamu gunakan. Namun, terkadang pengguna ingin sesuatu yang berbeda, termasuk untuk nada dering di HP androidnya ini.

Pastikan kamu sudah menyiapkan nada dering yang ingin digunakan dalam format Mp3. Untuk cara menjadikan file Mp3 sebagai nada dering di HP android tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka menu Pengaturan di HP android.
  2. Kemudian masuk ke opsi Suara dan Getar.
  3. Pilih SIM1 atau SIM2 yang ingin kamu ubah nada deringnya.
  4. Di sana akan terlihat daftar nada dering default yang disediakan oleh sistem. Untuk menggunakan lagu sebagai nada dering, kamu perlu menambahkannya dulu ke daftar tersebut. Caranya klik tombol Tambah (+) yang ada di bagian kanan atas tampilan.
  5. Kemudian cari file video yang sudah diubah menjadi nada dering tadi. Gunakan fitur Cari dan ketik judul dari file untuk mempermudah pencarian.
  6. Jika sudah ketemu, kamu klik pada file audio tersebut. Kemudian klik Selesai.
  7. Lagu sudah berhasil ditambahkan, sekarang kamu tinggal pilih lagu tersebut untuk dijadikan sebagai nada dering HP.
  8. Selesai.

Dengan demikian kamu sudah berhasil mengubah nada dering di HP dengan nada dering baru yang kamu buat sendiri, hasil dari video yang diambil suara atau audionya.

Penutup

Itulah tadi cara mengubah video menjadi nada dering dengan dan tanpa aplikasi di HP android yang mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Setting APN 5G Tercepat Semua Operator
Artikel SelanjutnyaCara Hapus Pencarian di Google Playstore Android
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini