Cara Mengubah Video Menjadi Mp3 di HP Android

Cara Mengubah Video Menjadi Mp3 – Mendengarkan musik bisa dibilang sebagai salah satu opsi terbaik untuk menghibur diri, khususnya bagi kamu yang memang suka musik. Sekarang ini mendengarkan musik bisa lebih mudah melalui HP android. Kalau dulu mungkin mendengarkan musik hanya bisa dilakukan melalui TV atau radio. Paling keren mendengarkannya melalui perangkat walkman atau MP3 player untuk memutar koleksi lagu kesukaan. Tapi, hadirnya HP android semakin memudahkan aktivitas yang menjadi hobi hampir semua orang tersebut.

Cara Mengubah Video Menjadi Mp3
Cara Mengubah Video Menjadi Mp3

Di HP android kamu tidak hanya bisa memutar lagu koleksi, melainkan juga bisa streaming musik online. Inilah salah satu cara mendengarkan musik yang lagi tren sekarang ini. Streaming musik memungkinkan kamu memutar lagu-lagu lawas hingga yang terbaru tanpa perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Hal ini tentunya menjadi jawaban bagi kamu yang tidak punya banyak ruang memori untuk menyimpan musik kesukaan. Untuk melakukan streaming musik ini sendiri Anda bisa memanfaatkan berbagai platform atau aplikasi, seperti Youtube Music, Spotify, Joox dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain bisa streaming musik, kamu juga masih bisa mendownload lagu-lagu koleksinya dan diputar secara offline.

Baca Juga:

Di era modern seperti sekarang ini musik atau lagi sudah bisa didownload dengan mudah di internet. Selain dalam bentuk audio, kamu juga bisa mendownload musik beserta video clip-nya. Biasanya music video seperti ini memiliki ekstensi Mp4, 3GP, AVI atau yang lainnya. Terkadang music video yang sudah didownload dengan format tersebut ingin kamu ubah menjadi file audio dengan ekstensi Mp3. Sayangnya, belum banyak yang tahu cara mengubah video menjadi Mp3 tersebut khususnya di smartphone android. Tidak perlu bingung, karena di bawah ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara convert video ke Mp3 tersebut.

Cara Mengubah Video Menjadi Mp3 di HP Android

Cara Convert Video Menjadi Mp3
Cara Convert Video Menjadi Mp3

Untuk mengubah video menjadi format audio Mp3 melalui smartphone android sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, memang tidak semua pengguna tahu mengenai cara tersebut. Setidaknya ada 3 metode yang bisa Anda terapkan untuk meng-convert video ke Mp3 lewat HP android tersebut. Adapun cara mengubah video menjadi Mp3 di android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Konversi Video Menjadi Mp3 dengan Aplikasi

Cara yang pertama untuk mengubah atau mengonversi video menjadi Mp3 di android yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak jenis aplikasi file converter yang bisa kamu temukan di Google Play Store. Salah satunya yang paling direkomendasikan yakni aplikasi bernama Media Converter. Aplikasi satu ini diklaim mampu mengubah file video menjadi audio dengan mudah dan efisien.

Dikembang oleh developer bernama antvplayer, aplikasi Media Converter ini sudah didownload lebih dari 5 juta kali di Google Play Store. Adapun langkah-langkah untuk konversi video ke Mp3 dengan Media Converter selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Media Converter di HP androidmu.
  • Kalau sudah, sekarang langsung kamu jalankan aplikasi tersebut. Jika meminta izin akses, setujui dengan menekan Izinkan.
  • Sekarang kamu pilih video yang ingin diubah menjadi file berkstensi Mp3. Atur beberapa opsi yang ada di sana sesuai keinginanmu.
  • Jika dirasa sudah pas semua, selanjutnya kamu klik tombol Convert.
  • Tunggu sampai proses konversi file video ke audio selesai.
  • Sekarang file video tadi saudah berhasil diubah menjadi file Mp3 dan bisa langsung kamu nikmati.
  • Selesai.

Catatan: Selain Media Converter, masih ada banyak pilihan aplikasi untuk mengubah video menjadi Mp3 di Google Play Store. Seperti Video MP3 Converter, MP3 Video Converter, MP3 Converter by InShot dan lain sebagainya.

2. Konversi Video Menjadi Mp3 Tanpa Aplikasi

Jika menurutmu menggunakan aplikasi tambahan cukup ribet, alternatif kedua ini bisa dijadikan pilihan. Di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan, sebagai gantinya yakni memanfaatkan situs khusus. Salah satunya yakni situs bernama Convertio.co yang diklaim cukup baik dalam melakukan konversi file. Termasuk juga bisa mengubah file Mp4 menjadi Mp3.

Adapun langkah-langkah untuk mengubah format video menjadi audio lewat situs Convertio.co selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu browser di HP androidmu, baik Google Chrome, Firefox atau browser lainnya.
  • Selanjutnya kamu kunjungi situs Convertio.co melalui LINK INI.
  • Sekarang kamu klik tombol Pilih File dan cari video yang ingin dikonersi ke Mp3. Selanjutnya klik Open untuk mengunggah file ke situs. Selain mengambil file langsung dari memori, kamu juga bisa mengungah video dari platform lain, seperti Google Drive, Dropbox dan melalui link tautan.
  • Di sini kamu juga bisa mengubah format file sesuai keinginan. Di sini saya contohnya konversi file Mp4 menjadi Mp3.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Konversi dan tunggu proses convert file sampai selesai.
  • Nantinya file yang berhasil dikonversi akan ditampilkan di sana. Kamu tinggal klik tombol Download untuk menyimpan file yang sudah dikonversi tersebut ke memori HP.
  • Selesai.

Catatan: Perlu kamu tahu, file yang bisa dikonversi di situs ini kapasitasnya tidak boleh lebih dari 100MB. Dan menariknya, di situs ini kamu juga memungkinkan untuk melakukan konversi berbagai file media lain dengan mudah dan gratis pastinya.

3. Konversi Video Youtube ke Mp3

Khusus untuk cara yang terakhir ini bukan murni cara mengonversi format video jadi Mp3. Lebih tepatnya yakni kamu akan mendownload video musik dari Youtube, namun dalam bentuk ekstensi Mp3. Caranya terbilang mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Youtube di HP androidmu, atau bisa juga dengan mengunjungi Youtube versi situs.
  • Sekarang kamu cari video musik yang ingin didownload audionya saja, tanpa video. Jadi, file yang didownload nantinya murni file Mp3.
  • Klik pada video musik tersebut untuk menontonnya.
  • Di bawah video ada beberapa opsi, kamu klik pada opsi Share atau Bagikan. Kemudian klik opsi Salin Tautan atau Copy Link.
  • Beralih ke browser, kamu kunjungi situs YTMP3.ch melalui LINK INI.
  • Selanjutnya kamu Paste atau Tempel link video Youtube tadi pada kolom yang disediakan. Kemudian klik tombol Mengubah.
  • Tunggu sampa proses konversi selesai, kemudian klik tombol Download yang muncul di bawah kolom tadi.
  • Secara otomatis file Mp3 akan tersimpan di memori HP.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengubah video menjadi Mp3 di smartphone android yang paling mudah dan efektif. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini