Cara Mengubah Tema Telegram di HP Android

Cara Mengubah Tema Telegram – Layanan pesan singkat atau SMS sudah tergantikan oleh aplikasi chatting online. Bagaimana tidak? Menggunakan aplikasi chatting online tidak perlu membayar menggunakan pulsa. Hanya perlu mengisi paket data saja, maka chattingan sepuasnya bisa dinikmati oleh pengguna. Berbeda dengan saat menggunakan layanan SMS, pengguna harus membayar menggunakan pulsa. Kalau pun membeli paket SMS, itu tetap ada batasannya sehingga kirim pesan jadi kurang efektif.

Cara Mengubah Tema Telegram
Cara Mengubah Tema Telegram

Ada beberapa pilihan aplikasi chat online yang bisa digunakan di HP android khususnya. Salah satunya yakni aplikasi Telegram yang bisa kamu instal secara gratis melalui Google Playstore. Di Telegram sendiri disediakan banyak sekali fitur menarik yang akan memudahkan pengguna dalam berkirim pesan. Tidak hanya mengirim pesan berbasis teks saja, kamu juga bisa mengirim stiker, emoticon, gambar atau foto, video, file dokumen dan jenis file media lainnya.

Baca Juga:

Sebagai pengguna Telegram, mungkin kamu merasa bosan dengan tampilan Telegram yang begitu-begitu saja. Beruntungnya di Telegram sudah disediakan fitur untuk mengubah tema sehingga tampilan Telegram bisa kamu atur sesuka hatimu. Fitur ini bisa ditemukan langsung dari dalam aplikasi Telegram, sehingga kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di HP. Adapun cara mengubah tema Telegram di smartphone android selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengubah Tema Telegram di HP Android

Untuk mengganti tema Telegram di HP android ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yang pasti semua cara tersebut bisa diterapkan dengan mudah dan tidak butuh step-step yang panjang. Mengenai cara mengubah tema Telegram di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

Cara Mengganti Tema Telegram
Cara Mengganti Tema Telegram

1. Menerapkan Tema Gelap di Telegram

Penerapan tema gelap di aplikasi memang sedang menjadi tren beberapa tahun terakhir ini. Tema gelap atau yang lebih dikenal dengan sebutan dark mode atau juga night mode diklaim lebih nyaman di mata pengguna. Khususnya ketika mengoperasikan smartphone di ruangan yang minim cahaya, bahkan ruangan gelap. Tampilan dark mode tersebut akan meminimalisir rasa sakit di mata ketika memandang layar dalam waktu agak lama.

Di Telegram ternyata juga sudah disediakan fitur dark mode atau mode gelap tersebut dan bisa kamu aktifkan dengan mudah. Untuk cara mengaktifkan mode gelap di Telegram tersebut, yakni:

  • Pertama kamu buka aplikasi Telegram seperti biasa di HP android.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik ikon Tiga Garis yang ada di bagian pojok kiri atas.
  • Pada tampilan menu yang muncul, kamu klik ikon Bulan yang ada di sebelah kanan atas.
  • Secara otomatis tampilan Telegram akan berubah menjadi hitam, namun tetap nyaman dipandang mata. Menandakan mode gelap tersebut aktif, ikon bulan yang diklik tadi akan berubah menjadi ikon matahari.
  • Selesai.

Selain mengaktifkannya lewat aplikasi, kamu juga bisa mengaktifkan mode malam atau dark mode di smartphone. Ketika mode malam di smartphone android sudah aktif, akan secara otomatis semua aplikasi yang menyediakan mode malam di dalamnya akan ikut diaktifkan.

2. Mengganti Tema Chat Telegram

Untuk cara yang kedua ini bukanlah mengganti tema pada seluruh tampilan Telegram, melainkan hanya pada tampilan ruang chat atau obrolan. Mengganti temanya kamu bisa menerapkan warna solid, tema gratis yang disediakan di Telegram atau juga dengan foto sendiri. Pilih salah cara tersebut untuk mengganti tampilan ruang chatting di aplikasi Telegram milikmu.

Di bawah ini akan dijelaskan satu per satu dari ketiga cara mengganti tema chat di Telegram tersebut, di antaranya:

Metode 1 – Mengganti dengan Warna Solid

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram seperti biasa di HP androidmu.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik pada ikon Tiga Garis yang ada di pojok kiri atas tampilan.
  • Selanjutnya kamu masuk ke opsi Settings.
  • Lanjutkan dengan klik pada opsi Chat Settings.
  • Kemudian pada bagian Color Theme, kamu tinggal pilih Tema Warna Solid yang diinginkan. Ada beberapa pilihan warna solid yang bisa kamu gunakan, pastinya gratis.
  • Kamu juga bisa mengganti warna temanya dengan memilih warna yang disediakan di bawahnya.
  • Selesai.

Metode 2 – Mengganti dengan Tema dari Telegram

  • Pertama kamu buka aplikasi Telegram di HP androidmu.
  • Pada halaman utama aplikasi kamu klik ikon Tiga Garis yang ada di pojok kiri atas tampilan. Kemudian masuk ke menu Settings.
  • Selanjutnya kamu klik pada opsi Chat Settings.
  • Kemudian pilih opsi Change Chat background.
  • Di sana akan ditampilkan beberapa backgroud chat gratis yang disediakan oleh Telegram. Kamu tinggal pilih salah satu dari chat background tersebut.
  • Terdapat dua opsi di sana yang bisa kamu pilih, yakni Motion dan Blurred. Boleh dipilih salah satunya atau tidak memilih sama sekali juga tidak masalah.
  • Untuk menyimpannya, kamu klik tombol SET BACKGROUND. Maka gambar tema tadi akan langsung dijadikan sebagai latar belakang dari tampilan chat di aplikasi Telegram milikmu.
  • Selesai.

Metode 3 – Mengganti dengan Foto Sendiri

  • Pertama kamu jalankan aplikasi Telegram seperti biasa.
  • Kemudian klik ikon Tiga Garis yang ada di pojok kiri atas tampilan.
  • Selanjutnya kamu masuk ke menu Settings.
  • Pilih opsi Chat Settings, kemudian klik pada opsi Change Chat Background.
  • Untuk memilih foto sendiri sebagai background dari tampilan chat Telegram, kamu klik pada opsi Select from Gallery.
  • Cari dan pilih foto yang ingin kamu jadikan sebagai latar belakang chat Telegram.
  • Edit atau atur foto terlebih dahulu supaya sesuai dengan tampilan di Telegram. Jika sudah, selanjutnya kamu klik Tanda Centang yang ada di pojok kanan bawah tampilan.
  • Sama seperti tadi, kamu juga bisa mengaktifkan fitur Motion atau Blurred pada foto yang dijadikan sebagai latar belakang chat. Boleh mengaktifkannya atau tidak juga tidak masalah.
  • Untuk menyimpannya kamu klik pada tombol SET BACKGROUND.
  • Selesai.

Catatan: Cara ini hanya akan mengubah tampilan tema pada ruang chat saja, tidak untuk keseluruhan tampilan pada aplikasi Telegram.

3. Menggunakan Aplikasi Telegram MOD

Dan cara mengganti tema Telegram di perangkat HP android yang terakhir yakni dengan menggunakan aplikasi Telegram MOD atau Modifikasi. Ini merupakan aplikasi modifikasi dari Telegram ORI dan biasanya dilakukan oleh para modder. Bukanlah aplikasi resmi, akan tetapi kamu masih bisa menggunakan aplikasi Telegram MOD ini layaknya aplikasi Telegram resmi.

Yang menarik adalah di dalamnya disediakan berbagai fitur menarik yang bahkan tidak bisa kamu temukan di aplikasi Telegram resmi. Salah satunya adalah fitur Tema, di mana kamu bisa mengubah tema Telegram sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satu aplikasi Telegram MOD yang bisa kamu gunakan yakni GB Telegram Plus. Sayangnya, menggunakan Telegram MOD seperti ini akan rawan banned atau terblokir.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengubah tema Telegram di HP android yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini