4 Cara Mengubah Format Video di HP Android

Cara Mengubah Format Video di HP Android – Menonton video adalah salah satu hiburan paling seru yang disukai banyak orang. Nonton video sekarang sudah bisa lebih mudah melalui genggaman smartphone. Kamu tinggal mengunjungi situs tertentu atau dengan mengunduh video terlebih dahulu agar saat menonton tidak terjadi kendala seperti buffering atau yang lainnya.

Cara Mengubah Format Video di HP Android

File unduhan video yang disimpan di HP terkadang juga mengalami kendala atau masalah yang membuat pengguna geram. Salah satunya adalah video tidak bisa diputar dikarenakan HP tidak mendukung format video tersebut. Tetapi tenang saja, ada kok cara mudah mengatasi masalah tersebut yakni dengan mengubah format video sehingga support dengan HP androidmu.

Baca Juga:

Bagi pengguna awam mungkin masih bingung bagaimana cara mengubah format video di HP android khususnya. Tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan cara termudahnya untuk kalian semua. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengubah Format Video di HP Android Paling Mudah

Mengubah format video melalui HP anrdroid sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga atau melalui situs khusus untuk convert video. Tergantung kamu mau pilih cara yang mana, kedua-duanya sama mudahnya untuk diterapkan. Berikut cara mengubah format video di HP android selengkapnya.

1. Mengubah format Video Menggunakan Format Factory

Cara yang pertama ini kita akan menggunakan sebuah aplikasi pihak ketiga khusus yang memang difungsikan untuk mengubah format video. Format Factory merupakan salah satu aplikasi convert video gratis yang aman dan mudah digunakan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah sudah support dengan berbagai jenis format video, mulai dari MKV, MP4, AVI, FLV, WMA, FLAC, MP3, OGG, WAF, M4A, AAC, AC3, dan APE.

Aplikasi ini sendiri dibuat oleh Keerby, memiliki ukuran sebesar 14MB dan sudah diinstall lebih dari 1 juta kali di Google Play Store. Cara menggunakan aplikasi Format Factory ini juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu perlu mengunduh aplikasi Format Factory melalui Google Play Store.
  • Install kemudian langsung jalankan aplikasi tersebut di HP android.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik Add Media. Karena di sini kita akan mengubah format video, maka pilih opsi Video lalu cari dimana lokasi video yang ingin diconvert atau dirubah formatnya.
  • Setelah video dipilih, selanjutnya melakukan beberapa pengaturan untuk convertnya. Pada opsi Preset, kamu bisa mengatur kualitas video yang ingin diconvert tadi. Lakukan setting juga pada opsi Codec, Size, Aspect, Fps, Kbps, dan opsi lainnya sesuai keinginan. Kalau dirasa sudah, lanjutkan dengan klik Convert Now!
  • Kamu tinggal menunggu proses convert video sampai selesai.

Menggunakan aplikasi Format Factory tidak hanya bisa mengubah format video, melainkan juga audio. Cara penggunaannya cukup mudah dan cepat, membuat aplikasi ini disukai banyak pengguna android.

2. Mengubah Format Video Menggunakan VidCompact

Cara mengubah format video di HP android berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama VidCompact. Aplikasi satu ini dibuat oleh energysh dan menjadi salah satu aplikasi convert video paling banyak diminati oleh pengguna android. Hebatnya lagi, aplikasi VidCompact juga compatible dengan berbagai format video seperti, MKV, AVI, 3GP, WMV, MPEG, FLV, RMVB, MOV, dan lain sebagainya.

VidCompact sangat recommended untuk digunakan oleh kamu yang ingin mengubah format video ke Mp4. Penggunaannya sangat mudah dikarenakan tampilan interface aplikasi sangat user friendly. Selain convert video, di dalamnya terdapat fitur lain yang tidak kalah menarik yakni memotong dan juga kompres video. Menariknya, kamu juga bisa melakukan kompresi beberapa video dalam satu waktu.

3. Mengubah Format Video Menggunakan Video Converter Android

Aplikasi satu ini tidak kalah menarik dan favorit digunakan banyak pengguna. Terbukti aplikasi buatan roman10 ini sudah diinstall lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Menggunakan aplikasi ini akan mempecepat proses converter video di android. Tidak hanya itu, ukurannya hanya sebesar 1.9MB sehingga cukup ringan dijalankan di HP dengan spesifikasi standar sekalipun.

Menjadi salah satu aplikasi convert video terbaik, aplikasi Video Converter Android ini sudah mendukung berbagai jenis format video, seperti FLV, MPEG4, MKV, MP4 dan masih banyak lagi. Tampilan antamuka aplikasi cukup sederhana sehingga sangat mudah untuk dipahami oleh pengguna awam sekalipun. Video dengan format apapun bisa diconvert dengan mudah ke MPEG, asf, avi, divx, flv, m2v, m4v, mjpeg, mkv, mov, mpg, ogg, ogv, rm, rmvb, webm, wmv, dv4 dan lain sebagainya.

4. Mengubah Format Video Tanpa Aplikasi

Cara mengubah format video di HP android berikutnya adalah dengan memanfaatkan situs khusus bernama Online Video Converter. Situs satu ini tidak hanya bisa mengubah format video saja, melainkan juga format audio. Situs ini juga memungkinkan kamu meng-convert video dari youtube atau situs streaming lain hanya dengan memanfaat link videonya.

Situs satu ini juga sudah support dengan semua jenis format video ataupun audio. Tampilannya cukup sederhana dan mudah dipahami. Adapun cara mengubah format video melalui situs ini, yakni:

  • Pertama kamu kunjungi situs Online Video Converter melalui Link Ini.
  • Di sana tersedia 3 opsi convert video yakni Convert A Video Link, Convert A Video File, dan Record A Video. Karena kita akan mengubah format video yang sudah tersimpan di memori, maka pilih opsi kedua yakni Convert A Video File.
  • Klik pada tombol Select or Drop File, kemudian cari file video yang ingin dirubah formatnya.
  • Tunggu sampai penyiapan file video yang akan diformat sampai selesai.
  • Nanti kamu akan dibawah ke halaman berikutnya, pilih format video yang akan digunakan. Di sini misalnya saya akan mengubah format video Mp4 ke AVI. Kamu juga bisa mengatur kualitas video yang akan diconvert dengan klik More Settings yang ada dibawah opsi Format. Jika sudah, klik START dan tunggu proses convert video sampai selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengubah format video di HP android yang mudah dan cepat. Jangan lupa share informasi ini ke akun jejaring sosialmu agar juga bermanfaat untuk orang lain.