Cara Mengubah Font WhatsApp Paling Mudah

Cara Mengubah Font WhatsApp – WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting online yang paling banyak digunakan sekarang ini. Bagaimana tidak? Hampir semua pengguna smartphone pasti sudah terinstall aplikasi WhatsApp di dalamnya. Tidak heran, karena memang WhatsApp memberikan banyak sekali kemudahan bagi pengguna ketika ingin berkomunikasi dengan pengguna lain. Tidak hanya sekedar chattingan biasa, di sini kamu juga bisa saling berkirim gambar, video, audio dan berbagai jenis file lainnya.

Cara Mengubah Font WhatsApp
Cara Mengubah Font WhatsApp

Yang menarik lagi, di WhatsApp kamu juga memungkinkan untuk share lokasi terkini. Dengan demikian, seseorang yang telah kamu kirimi share lokasi bisa mengetahui keberadaanmu dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan lokasi lain ke pada teman untuk menunjukkan suatu lokasi. Lokasi tersebut akan langsung terintegrasi dengan Google Maps sehingga navigasinya lebih mudah. Menarik sekali bukan?

Baca Juga:

Untuk soal tampilan antarmuka, aplikasi WhatsApp bisa dibilang cukup simple namun tetap elegan. Apalagi sekarang ini sudah ada fitur yang memungkinkan Anda mengubah tampilan WhatsApp menjadi dark mode dan terang. Mungkin kamu termasuk salah seorang pengguna WhatsApp yang merasa bosan dengan jenis font di WhatsApp. Tidak perlu khawatir, sekarang kamu sudah bisa dengan mudah mengubah font di WA dengan atau tanpa aplikasi. Berikut ini cara mengubah font WhatsApp yang mudah selengkapnya.

Cara Mengubah Font WhatsApp Paling Mudah

Cara Mengubah Font WA
Cara Mengubah Font WA

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, menggganti jenis font WhatsApp bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi tambahan. Di sini Anda juga tidak memerlukan akses root yang diklaim berbahaya bagi perangkat HP. Namun, jika ingin lebih maksimal maka Anda bisa melakukan rooting HP android.

Adapun cara mengubah font WhatsApp di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengubah Ukuran Font WhatsApp

Cara yang pertama ini cocok digunakan jika memang yang menjadi masalahnya adalah ukuran font di aplikasi WhatsApp. Di sini kamu bisa mengubah ukuran font agar lebih nyaman dalam hal penggunaan aplikasi WhatsApp. Cara ini bisa dibilang sangat mudah, dan kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan apa pun.

Mengenai langkah-langkah mengubah ukuran font aplikasi WhatsApp selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP androidmu.
  • Pada halaman obrolan WhatsApp, sekarang kamu klik ikon tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Akan muncul beberapa opsi, di sini kamu bisa pilih opsi Setelan.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Chat.
  • Pada bagian Setelan Chat, kamu klik pada opsi Ukuran Font. Kemudian tinggal kamu pilih ukuran mana yang cocok untumu, baik itu ukuran Kecil, Sedang, dan Besar.
  • Selesai.

2. Mengubah Semua Font di Semua Tampilan

Cara yang kedua ini bisa dilakukan jika memang kamu ingin mengubah font di semua tampilan HP android. Itu artinya, jenis font yang dipilih tidak hanya diterapkan di aplikasi WhatsApp saja, melainkan untuk semua tampilan HP. Ini juga meliputi aplikasi lain yang sudah terinstall di HP android, di mana fontnya akan berubah.

Cara satu ini juga tidak perlu akses root, pasalnya hampir semua merek HP memang sudah dibekali fitur untuk mengubah font di dalamnya. Kali ini saya akan mempraktekkan cara mengubah font di HP Samsung. Untuk HP merek lain kemungkinan tidak terlalu beda jauh. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan di HP android.
  • Setelah itu, klik pada opsi Tampilan.
  • Kemudian pilih opsi Gaya dan Ukuran Font.
  • Untuk mengubah font, tinggal kamu klik opsi Gaya Huruf.
  • Kemudian kamu pilih jenis font yang ingin kamu terapkan untuk semua tampilan HP.
  • Selesai. Secara otomatis font di HP akan berubah, termasuk juga font di dalam aplikasi WhatsApp.

3. Mengubah Font Menjadi Tebal, Miring dan Tercoret

Untuk cara yang berikutnya ini khusus diterapkan saat menulis chat. Pada chat yang dikirimkan nantinya font bisa kamu variasikan dengan tombol tebal (bold), miring (italic) dan juga tercoret (strikethrough). Untuk cara satu ini kamu juga tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Juga tidak perlu akses root yang pastinya akan sangat membuat repot dan risiko bahaya akan mengintai.

Untuk cara menerapkannya sendiri bisa langsung melalui kolom chat di menu obrolan. Nantinya kamu memodifikasi kata atau kaliman menjadi bold, italic dan strikethrough dengan menambahkan kode khusus. Untuk langkah-langkah sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP android.
  • Kemudian klik chat dengan teman yang ingin kamu kirimi chat dengan font unik.
  • Pada kolom chat silakan kamu ketik isi chatnya.
  • Untuk menjadikan font bold atau tebal, di awal dan akhir kata atau kalimat diberi tanda Bintang (*). Sementara untuk huruf miring bisa menggunakan tanda underscrore (_) di awal dan akhir kata atau kalimat. Dan terakhir jenis huruf tercoret, maka di awal dan akhir kata atau kalimat diberi tanda tilde (~).
  • Jika sudah, langsung saja klik tombol Kirim.
  • Selesai.

4. Mengubah Font WhatsApp Menjadi Terbalik

Sama seperti cara sebelumnya, di sini font yang diubah bukanlah di semua tampilan WhatsApp. Melainkan hanya merubah jenis font di chat WhatsApp saja. Meski demikian, cara ini patut dicoba agar si penerima kesusahan membaca chat yang kamu kirimkan. Caranya juga tidak terlalu sulit, cukup dengan langkah-langkah sederhana kamu sudah bisa melakukannya.

Khusus untuk cara ini kamu perlu bantuan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yakni Upside Down (Flip Text). Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Upside Down (Flip Text) di HP androidmu.
  • Setelah itu, langsung kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu ketik kata atau kalimat yang ingin dibuat terbalik pada kolom bagian atas.
  • Selanjutnya kamu klik Flip untuk membuat tulisan menjadi terbalik, yang mana hasilnya akan ditampilkan di kolom bawah.
  • Klik tombol Copy untuk menyalin kata terbalik yang sudah dibuat tersebut.
  • Sekarang kamu buka aplikasi WhatsApp dan buka obrolan dengan temanmu.
  • Paste tulisan terbalik tadi di kolom chat, kemudian klik tombol Kirim.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengubah font WhatsApp yang paling mudah dan simple tanpa root HP android. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?