Cara Mengubah Ekstensi File di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Ekstensi File di HP Android – HP android hadir dengan segala kecanggihannya, membuat banyak orang tertarik untuk memiliki perangkat gadget tersebut. Fitur-fitur keren sudah disematkan oleh masing-masing vendor, tidak lain untuk semakin memudahkan aktivitas harian penggunanya. Diimbangi pula dengan sematan spesifikasi kelas unggulan sehingga membuat performa kinerjanya sangat maksimal saat digunakan untuk berbagai aktivitas mobile.

Cara Mengubah Ekstensi File di HP Android
Cara Mengubah Ekstensi File di HP Android

Berkat fitur-fiturnya tersebut membuat HP android mampu melakukan berbagai hal yang dulunya hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC atau laptop. Salah satu aktivitas tersebut yakni mengelola file. Misalnya saja untuk mengubah ekstensi sebuah file, sebelum hadirnya HP android cara ini hanya bisa dilakukan melalui perangkat PC atau laptop saja. Namun, sekarang kamu sudah bisa dengan mudah melakukannya hanya melalui perangkat mobile android.

Baca Juga:

Tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga, kamu bisa mengubah ekstensi file melalui HP android secara langsung. Layaknya di PC atau laptop, cara ini juga bisa kamu lakukan dengan lebih praktis dan cepat di HP android. Seperti yang kita tahu, ekstensi file ini menandakan jenis dari file tersebut. Jadi, dengan mengubahnya maka tentu juga mengubah jenis dari file tersebut. Meskipun mudah, namun tidak semua pengguna tahu bagaimana cara mengubah ekstensi file di HP android tersebut. Tenang saja, di bawah ini saya sudah merangkumkan caranya untuk kalian semua.

Cara Mengubah Ekstensi File di HP Android Tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Ekstensi File di HP
Cara Mengubah Ekstensi File di HP

Sebelum lanjut ke cara mengubah ekstensi file di HP android, perlu kamu tahu dulu apa saja jenis ektensi file tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ekstensi file ada banyak macamnya. Setiap ekstensi file mewakilkan jenis dari file tersebut. Misalnya saja file dengan ekstensi .docx, yang berarti file tersebut merupakan file dokumen MS. Word. Selain itu, masih ada banyak lagi ekstensi file yang ada saat ini, berikut beberapa di antaranya:

  • .doc / .docx = merupakan file dokumen dari Ms. Word
  • .xml = merupakan file dokumen berbentuk table dari Ms. Excel
  • .ppt = merupakan file dokumen presentasi dari Ms. Power Point
  • .pdf = merupakan file PDF
  • .png = merupakan file gambar atau foto dengan tanpa background
  • .jpg / .jpeg = merupakan file gambar yang umum digunakan
  • .mp3 = merupakan file berbentuk audio atau musik
  • .mp4 / .avi  / .3gp = merupakan macam-macam ekstensi dari file video
  • .txt = merupakan ekstensi dari file dokumen biasanya berisi teks netral atau html
  • Dll.

Selain jenis ekstensi di atas, masih ada banyak lagi ekstensi file yang bisa kita temukan. Namun, ektensi di atas merupakan yang paling umum digunakan dan kita temukan di perangkat gadget. Setelah mengetahui macam-macam ekstensi file dan bentuknya, sekarang lanjut ke cara mengganti ekstensi file di android tersebut. Langkah-langkah selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

1. Langsung Melalui File Manager

Cara satu ini bisa dibilang yang paling mudah dan simple bisa kamu terapkan. Di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan untuk bisa mengubah ekstensi file di HP android. Kamu cukup tahu di mana file yang ingin diubah ekstensinya tersebut disimpan. Apakah tersimpan di memori internal ataupun memori eksternal. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu buka menu Penyimpanan di HP android, kemudian masuk ke Memori Internal atau Memori Eksternal sesuai tempat menyimpan file.
  • Cari file yang ingin diubah ekstensinya.
  • Jika sudah ketemu, klik dan tekan agak lama hingga muncul beberapa opsi di bagian bawah layar.
  • Selanjutnya kamu cari opsi untuk mengubah nama file di opsi bawah layar tadi.
  • Jika tidak ada, coba kamu klik ikon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas. Selanjutnya kamu pilih opsi Ubah Nama.
  • Pada bagian ekstensi file (tepatnya dibelakang tanda titik) kamu ubah menjadi ekstensi yang kamu inginkan. Misalnya yang semula berekstensi .pdf diubah menjadi ekstensi .doc.
  • Jika sudah, sekarang kamu klik Simpan. Secara otomatis ekstensi file sudah berhasil kamu ubah.

Cara ini memang terbilang mudah, namun terkadang jika jenis ekstensi yang diubah berbeda (misal file dokumen dijadikan gambar) maka masalah error mungkin terjadi. Selain melakukannya secara langsung di file Penyimpanan, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi file manajer yang kamu unduh melalui Google Play Store.

Salah satu aplikasi file manager yang bisa kamu gunakan yakni Es File Explorer File Manager. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh ES Global dan sudah menjadi aplikasi pengelola file di android yang paling populer digunakan. Selain kaya fitur, aplikasi Es File Explorer File Manager juga cukup ringan sehingga tetap lancar meski dijalankan di HP berspesifikasi standar.

2. Cara Mengubah Ekstensi File Melalui Website

Untuk mengubah ekstensi file di HP android juga bisa kamu lakukan melalui situs yang menyediakan layanan tersebut. Tidak sama seperti sebelumnya, mengubah format ekstensi file berikut ini sering disebut dengan convert file. Jadi, kamu memungkinkan mengubah format sebuah file dengan lebih mudah dan praktis. Selain itu, dengan cara ini risiko file error akan lebih diminimalkan.

Meskipun sekarang ini sudah ada banyak aplikasi untuk mengubah format file, namun mengubah format file melalui situs online dianggap lebih mudah. Beberapa situs untuk mengubah format file alias convert file, di antaranya:

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengubah ekstensi file di HP android yang paling mudah bisa kamu terapkan. Di sini kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk sekedar mengubah ekstensi file di android. Semoga informasi di atas bermanfaat.