Cara Mengirim Kuota Indosat ke Sesama yang Mudah

21
Cara Mengirim Kuota Indosat
Cara Mengirim Kuota Indosat

Cara Mengirim Kuota Indosat – Kuota Internet ibarat menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi masyarakat di jaman yang serba digital seperti sekarang ini. Kebiasaan mereka dalam mengakses internet membuat penggunaan kuota semakin tinggi. Bahkan tidak jarang dari mereka yang setiap harinya menghabiskan kuota internet hingga puluhan atau ratusan GB untuk sekedar mengakses internet. Terlebih lagi, banyak masyarakat modern sekarang ini mengandalkan internet untuk menghasilkan uang. Misalnya saja dengan menjadi gaming streamer, digital marketer, influencer dan lain sebagainya.

Cara Mengirim Kuota Indosat
Cara Mengirim Kuota Indosat

Dalam hal ini pada provider kartu seluler berlomba-lomba untuk menghadirkan berbagai layanan paket data internet dengan harga bersaing. Beberapa di antaranya bahkan membanderol layanan paket internetnya tersebut dengan harga murah. Sebut saja Indosat Ooredoo, di mana beberapa layanan paket data internet yang dihadirkannya ditawarkan dengan harga cukup terjangkau. Inilah yang menjadi salah satu daya tariknya bagi para pengguna, khususnya mereka yang tidak bisa terlepas dari kebiasaan mengakses internet. Paket data Indosat ini sendiri bisa dibeli dengan berbagai cara, baik dengan melalui kode USSD, lewat SMS, aplikasi MyIM3, website resmi Indosat Ooredoo dan juga menggunakan voucher fisik.

Baca Juga:

Perihal paket kuota internet Indosat Ooredoo, beberapa layanan terkait dengannya juga dihadirkan. Salah satunya adalah layanan transfer kuota internet ke sesama pengguna kartu Indosat Ooredoo. Melalui layanan ini kamu memungkinkan untuk mengirimkan sejumlah kuota internet ke teman atau saudara yang juga menggunakan kartu Indosat. Layanan ini juga bisa dimanfaatkan ketika dalam keadaan kepepet dan lagi butuh kuota internet, kamu bisa meminta teman atau anggota keluarga untuk mengirimi sejumlah kuota internet. Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara mengirim kuota Indosat yang mudah bisa kalian simak dan terapkan.

Cara Mengirim Kuota Indosat ke Sesama yang Mudah

Sangat mudah sebenarnya untuk mengirimkan kuota Indosat Ooredoo ke sama Indosat. Setidaknya ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengirim sejumlah kuota data Indosat tersebut, yakni melalui layanan SMS, menggunakan kode dial dan juga lewat aplikasi MyIM3.

Untuk melakukan cara ini kita bisa memanfaatkan salah satu layanan Indosat Ooredoo yang diberi nama Gift atau Hadiah. Layanan ini dapat digunakan oleh semua pengguna aktif kartu Indosat. Namun, tentunya ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diketahui sebelum melakukan transfer kuota Indosat Ooredoo ini, di antaranya:

  1. Kartu Indosat Ooredoo Pengirim maupun Penerima sudah diregistrasi dengan NIK dan Nomor KK.
  2. Pengirim merupakan pengguna aktif Indosat ooredoo.
  3. Nomor Indosat Ooredoo Pengirim harus dalam keadaan masa aktif. Sementara untuk nomor Indosat Ooredoo Penerima boleh dalam keadaan masa tenggang.
  4. Pengiriman kuota data Indosat Ooredoo tidak akan menambah masa aktif bagi nomor Pengirim maupun Penerima.
  5. Pengirim harus memiliki pulsa yang cukup untuk mentransfer kuota ke nomor Indosat lain.
  6. Mengirim Kuota data Indosat menggunakan layanan Gift atau Hadiah akan memotong pulsa utama pengirim. Sementara untuk pulsa bonus atau lainnya tidak bisa digunakan untuk mengirim kuota internet Indosat Ooredoo.
  7. Mengirim kuota Indosat lewat layanan Gift tidak akan dikenakan biaya, pasalnya ini sama saja seperti kamu membeli paket kuota internet biasa.

Setelah mengetahui beberapa syarat dan ketentuan di atas, sekarang lanjut ke cara mengirim kuota Indosat ke sesama. Mengenai langkah-langkah selengkapnya, bisa kalian simak berikut ini:

Cara Transfer Kuota Indosat
Cara Transfer Kuota Indosat

1. Kirim Kuota Indosat Ooredoo Lewat SMS

Cara yang pertama untuk mentransfer kuota Indosat Ooredoo yakni dengan menggunakan layanan SMS. Cara ini bisa dibilang sangat mudah dilakukan, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan menerapkannya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu buka menu Pesan di perangkat smartphone.
  • Kemudian klik pada ikon Tambah di bagian pojok kanan bawah tampilan untuk mengirim pesan baru.
  • Selanjutnya masukkan nomor 363 pada kolom nomor tujuan SMS.
  • Lalu ketik pesan dengan format GIFT <spasi> Nomor Tujuan <spasi> EXTRA <spasi>Nama Paket Data.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Kirim.
  • Tinggal menunggu beberapa saat sampai ada SMS balasan masuk. Buka pesan tersebut, lalu konfirmasi pengiriman dengan balas YA.
  • Dengan demikian kuota internet sesuai jenis paket internet Indosat yang dikirim sudah berhasil diterima.
  • Selesai.

Catatan: Melakukan cara ini mengharuskan kamu mengetahui dan memasukkan nama paket internet Indosat dengan benar.

2. Kirim Kuota Indosat Ooredoo dengan Kode Dial

Sementara untuk cara yang kedua ini kita akan menggunakan kode USSD atau kode dial khusus untuk mengirimkan sejumlah kuota internet ke nomor Indosat lain. Hanya ada satu kode dial saja yang bisa digunakan untuk pengiriman kuota internet Indosat Ooredoo ini. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama kamu buka menu Panggilan atau Telepon di perangkat smartphone androidmu.
  • Kemudian masuk ke tab Keypad.
  • Selanjutnya ketik kode dial *123# lalu tekan Panggil.
  • Akan muncul halaman pop up yang memberikan daftar paket internet murah di sana. Kamu bisa memilih salah satu jenis paket internet yang disediakan di sana, atau bisa mencari jenis paket internet lain di menu Internet. Misalnya saja di sini kita pilih paket New! Freedom Internet.
  • Selanjutnya pilih nominal kuota internet yang ingin dikirim sebagai Gift atau Hadiah.
  • Kemudian pilih opsi Gift atau Hadiah.
  • Lanjutkan dengan memasukkan nomor Indosat Ooredoo Penerima.
  • Konfirmasi pengiriman kuota internet dengan pilih Kirim.
  • Tinggal menunggu hingga permintaan diproses. Nantinya akan ada SMS masuk yang memberitahukan kalau kuota internet sudah berhasil dikirim ke nomor Indosat Ooredoo tujuan.
  • Selesai.

Kamu bisa memilih jenis paket internet Indosat Ooredoo mana saja yang ingin dijadikan sebagai Gift atau Hadiah ke nomor Indosat lain. Pastikan jenis paket internet yang dipilih harganya sudah sesuai dengan nominal pulsa yang kamu miliki. Pasalnya cara ini pembayarannya akan secara otomatis memotong pulsa utama milikmu.

3. Kirim Kuota Indosat Ooredoo Lewat Aplikasi

Dan cara yang terakhir ini kamu bisa menggunakan aplikasi MyIM3 untuk pengiriman sejumlah kuota internet Indosat ke nomor Indosat lain. Cara ini bisa dipilih jika kamu ingin mengirim kuota interner dengan pembayaran selain pemotongan pulsa. Misalnya saja pembayaran menggunakan saldo DANA, OVO, GoPay dan juga ShopeePay. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka aplikasi MyIM3 di perangkat android. Jika belum punya, maka kamu perlu menginstallnya terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  • Selanjutnya kamu masuk ke akun MyIM3 dengan memasukkan nomor Indosat milikmu.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Beli.
  • Lalu pilih salah satu paket internet yang ingin dikirim sebagai gift.
  • Selanjutnya klik tombom Beli/Gift, lalu pilih Kirim Gift.
  • Masukkan nomor Indosat tujuan di kolom yang disediakan.
  • Lalu pilih Metode Pembayaran sesuai keinginan. Dan konfirmasi dengan klik Bayar.
  • Selesai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengirim kuota Indosat ke nomor Indosat lain yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Menonaktifkan Nomor Indosat Ooredoo Terbaru
Artikel SelanjutnyaCara Menonaktifkan Nomor Telkomsel Terbaru
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini