Cara Mengirim Aplikasi Sudah Terinstall ke HP lain

480
Cara Mengirim Aplikasi Sudah Terinstall ke HP lain

Cara Mengirim Aplikasi Sudah Terinstall ke HP lain Di antara kalian mungkin sedang mengalami kesulitan dalam mengunduh aplikasi, dimana pastinya perlu memerlukan kuota. Atau bahkan, ketika kita baru saja berganti HP. Dan hendak mau menginstall banyak aplikasi dari HP yang lama, tapi terkendala dengan tidaknya berlangganan paket internet. Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lengkap mengenai bagaimana langkah mengirim aplikasi yang telah terinstall ke smartphone lain. Walaupun cara ini sepele bagi sebagian orang, namun tidak bagi orang yang mau menghemat kuotanya dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Cara Mengirim Aplikasi Sudah Terinstall ke HP lain

Nah, jika anda sedang mengalami kedua masalah yang sudah saya jelaskan tdi, maka tutorial kita kali ini akan sangat berguna. Dari pada kita memakai jaringan kuota dalam mengunduh apl android yang di butuhkan, mending deh kita kirim aja kalau aplikasi sebelumnya sudah ada di HP lain. Pada proses pengirimannya pun tidaklah memakan kuota, kalau melalui Bluetooth. Akan tetapi, untuk dapat mengirim aplikasi tersebut dari jarak jauh, tentu kamu tidak bisa memakai fitur bluetooth. Kamu memerlukan proses upload kedalam cloud storage seperti Gdrive, Dropbox, atau juga melalui WhatsApp. Dan tentu dengan begitu jelas kamu memerlukan kuota dalam proses downloadnya.

Baca Juga:

Sebelum lanjut melakukan tindak pengiriman, sebelumnya kalian perlu merubah bentuk dari aplikasi tersebut terlebih dahulu. Nantinya akan kita rubah kedalam bentuk APK, atau file mentah sebuah perangkat lunak android sebelum terpasang 100% didalam sistem smartphone. Pada proses convert APL ke APK, anda akan memerlukan sebuah aplikasi pihak ketiga supaya bisa melakukan hal tersebut. Setelah mendapatkan format apk yang di inginkan, barulah nantinya akan di lanjutkan dengan pengirimannya gratis tanpa kuota melalui bluetooth. Serta memakai jenis cloud storage, atau juga kalian dapat memakai sosial media seperti WhatsApp melalui fitur kirim documentnya.

Cara Mengirim Aplikasi Sudah Terinstall ke HP lain

Agar bisa mengirim file android yang sudah terinstall terlebih dahulu kita akan merubahnya kedalam format APK, baru lah nanti di lanjutkan dengan cara pengirimannya. Bingung bagaimana merubah format dari software tersebut? Berikut simak beberapa rangkumannya.

1. Menggunakan Aplikasi Assistant for Android

Assistant for Android merupakan alat android yang mempunyai banyak kegunaan. Selain dapat menconvert perangkat lunak, ia juga handal dalam membersihkan RAM dan Sytem, menghapus Cache. Serta bisa melakukan pemindahan folder sistem ke memori eksternal pada suatu aplikasi yang tidak bisa dipindahkan secara manual. Contohnya seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi.

Assistant for Android

Berikut dibawah ini cara pemakaian Assistant for Android dalam merubah software ke APK :

  1. Download terlebih dulu Assistant for Android melalui Google Play Store secara gratis, disini
  2. Buka Assistant for Android, kemudian klik menu Monitoring atau Tools
  3. Lalu tekan pilihan Backup and Restore
  4. Selanjutnya Centang satu atau beberapa aplikasi yang hendak kamu jadikan APK
  5. Terakhir kamu tekan Backup, tunggu sejenak hingga proses selesai
  6. Jika proses telah selesai, maka tinggal anda kirim ke HP yang dituju.

2. Menggunakan Aplikasi Apk Extractor

Pada langkah selanjutnya kita akan memakai aplikasi Apk Extractor. Berbeda dari Assistant for Android, dimana memiliki banyak kenggulan lainnya, pada Apk Extractor ini kalian cuma akan bisa menconvert perangkat lunak menjadi format APK. Namun, walaupun tidak ada fitur keunggulannya, pada Apk Extractor ini kita akan bisa membuat hampir semua jenis perangkat lunak menjadi apk. Sebab terdapat beebrapa jenis aplikasi yang dasarnya tidak dapat dirubah menjadi mentahannya lagi kalau sudah terinstall kedalam HP.

Apk Extractor

Mari simak langkah-langkah pemakaian dari Apk Extractor berikut ini :

  1. Langkah pertama yang mesti anda lakukan ialah menginstall terlebih dahulu Apk Extractor yang di Download dari Google Play Store disini
  2. Pada menu utama Apk Extractor kita akan langsung disuguhkan dengan tampilan aplikasi yang sebelumnya telah terinstall di dalam perangkat tersebut
  3. Tinggal kamu Pilih saja Aplikasi yang mau dijadikan APK
  4. Tunggu beberapa saat hingga Selesai, lalu kirim file apknya ke Smartphone dituju.

3. Menggunakan Aplikasi SHAREit

Di metode berikutnya ini kalian akan bisa langsung mengirim aplikasi dari dalam HP milikmu ke smartphone dituju tanpa harus repot merubah formatnya lagi ke apk. Yaitu dengan cara menggunakan aplikasi bernama SHAREit, proses pengiriman melalui SHAREit ini gak usah kalian hiraukan lagi deh. Akan super cepat karena memanfaatkan jaringan Hotspot pada perangkat HP, bukan lagi bluetooth. Walaupun begitu, kamu gak usah takut kehilangan kuota ya, karena dalam proses pertukaran data nya tidak memakan kuota.

SHAREit

Gak usah berlama-lama lagi, simak ulasannya di bawah ini ya :

  1. Unduh terlebih dahulu SHAREit pada kedua smartphone pengirim dan penerima aplikasinya nanti, dari Google Playstore secara gratis disini
  2. Buka SHAREit dari HP milikmu dan HP tujuan. Pilih opsi Kirim pada smartphone anda, dan tekan opsi Terima bagi HP penerima file
  3. Lanjut memilih satu atau beberapa Aplikasi yang hendak kamu kirim, dan tekan Kirim
  4. Lalu di HP penerima tadi akan melakukan pemindaian dan mencari perangkat milikmu berlogokan avatar. Kalau sudah klik Avatar perangkat punya kamu
  5. Tunggu proses pengiriman, dan Selesai.

4. Menggunakan Aplikasi ShareCloud

Telah sampai pada perangkat lunak terakhir yang akan kita bahas yaitu, ShareCloud. Pada ShareCloud ini kita tidak memerlukan merubah aplikasi berbentuk sebuah apk lagi, sama dengan SHAREit, ia akan langsung mengirim aplikasi yang kita mau ke HP target. Yang menjadi beda adalah, dalam pembagian file yang dilakukan ShareCloud ini akan memanfaatkan fitur bluetooth dari smartphone. Walaupun kecepatan kirimnya tidak terlalu tinggi jika dibandingkan sama SHAREit yang menggunakan jaringan Hotspot. Pada ShareCloud ini kalian tidak perlu lagi menginstallnya pada perangkat yang teruju, cukup install kedalam HP kamu yang digunakan dalam mengirim aplikasi.

ShareCloud

Tanpa basa-basi lagi berikut dibawah ini langkah menggunakan ShareCloud :

  1. Unduh dan install ShareCloud melalui PlayStore disini
  2. Aktifkan Bluetooth pada smartphone penerima filenya nanti
  3. Buka ShareCloud pada perangkat kamu yang digunakan dalam mengirim aplikasi
  4. Kemudian pilih Select File, dan lanjut klik App. Tekan aplikasi mana saja yang hendak mau kamu kirimkan nanti
  5. Jika sudah, tekan menu More terletak di bagian bawah, dilanjutakn dengan memilih Bluetooth sebagai media pengiriman
  6. Tunggu proses hingga selesai.

Penutup

Mungkin sekian dari saya kali ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu menyelesaikan masalah kalian semua mengenai pengiriman aplikasi ke HP lain. Jangan lupa share artikel kita ya, supaya lebih bermanfaat bagi orang banyak. Dan membuat kami terus bersemangat untuk update artikel lainnya setiap hari.

Artikel SebelumnyaCara Menjadikan HP Sebagai Modem di Komputer
Artikel SelanjutnyaCara Download PicSay Pro MOD APK Terbaru
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini