3 Cara Mengirim Aplikasi Android Paling Cepat

Cara Mengirim Aplikasi Android – Salah satu keunggulan HP android yakni membebaskan pengguna dalam menginstall aplikasi apapun yang mereka butuhkan. Aplikasi-aplikasi ini sendiri sudah disediakan di Google Play Store dan bisa diinstall dengan mudah. Beberapa aplikasi ada yang bersifat berbayar dan ada pula yang bisa diinstall secara gratis. Masing-masing aplikasi tentunya punya fungsi dan kegunaannya, di mana dengan adanya aplikasi android akan memudahkan berbagai aktivitas harian pengguna.

Cara Mengirim Aplikasi Android
Cara Mengirim Aplikasi Android

Untuk bisa mengunduh dan menginstall aplikasi dari Google Play Store, tentu kita butuh yang namanya koneksi internet. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi sebagian pengguna, di mana mereka tidak memiliki kuota internet yang banyak untuk melakukan pengunduhan dan penginstalan aplikasi tersebut. Tidak perlu khawatir, ada solusi kok untuk masalah yang satu ini.  Salah satunya adalah dengan meminta dikirim aplikasi dari HP android teman.

Baca Juga:

Sama seperti jenis file lainnya, aplikasi yang terinstall di HP android ternyata juga bisa ditransfer ke HP android lain. Hanya saja, cara mengirim aplikasi android ini agak berbeda ketika kita ingin mengirim berkas atau file lain. Untuk melakukannya kamu butuh aplikasi pihak khusus yang memang menyediakan fitur tersebut. Adapun cara kirim aplikasi android ke HP android lain selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Cara Mengirim Aplikasi Android Paling Cepat

Cara Mengirim Aplikasi di Android
Cara Mengirim Aplikasi di Android

Untuk melakukan transfer aplikasi android ke HP lain sendiri, setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu lakukan. Kesemua cara tersebut tentu membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Untuk cara mengirim aplikasi android ke HP lain selengkapnya, antara lain:

1. Menggunakan Aplikasi File Manajer

Cara yang pertama bisa kamu lakukan untuk mentransfer aplikasi adalah dengan memanfaatkan aplikasi file manajer. Aplikasi semacam ini bisa kamu temukan dengan mudah di Google Play Store. Salah satu aplikasi file manajer yang paling direkomendasikan untuk kamu gunakan adalah ES File Explore File Manager. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer bernama ES Global. Menjadi salah satu aplikasi pengelola file terbaik, dikarenakan di dalamnya disediakan banyak sekali fitur menarik.

Selain untuk mengelola file, aplikasi ES File Explore File Manager ternyata juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan transfer berbagai jenis file. Mulai dari file foto, video, dokumen hingga aplikasi bisa ditransfer dengan mudah. Untuk langkah-langkah mengirim aplikasi android ke HP lain, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi ES File Explore File Manager di HP androidmu.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Nantinya akan muncul notifikasi yang meminta persetujuan pengguna. Klik tombol Agree and Continue, kemudian klik START NOW untuk membuka aplikasi pertama kalinya.
  • Pada halaman utama aplikasi, sekarang kamu masuk ke menu APP. Maka akan muncul beberapa file aplikasi yang terinstall di HP androidmu.
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin kamu transfer ke HP lain. Bisa memilih hanya satu aplikasi atau beberapa aplikasi sekaligus.
  • Di bawah layar akan muncul beberapa opsi, kamu pilih opsi Share atau Bagikan.
  • Selanjutnya pilih metode pengiriman file aplikasi yang diinginkan, bisa melalui WhatsApp, Bluetooth, Gmail, kabel LAN dan lain sebagainya. Jika memang tidak punya kuota internet, bisa memilih sambungan Bluetooth.
  • Sambungkan kedua HP melalui Bluetooth dan kirim file aplikasi.
  • Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi ShareCloud

Cara mengirim aplikasi android yang cepat dan mudah berikutnya yakni dengan memanfaatkan ShareCloud. Aplikasi satu ini memang dibuat khusus untuk memudahkan pengguna dalam berkirim file dengan cepat. Untuk mengirim file dengan ShareCloud, ada beberapa metode yang bisa kamu pilih. Bisa melalui sambungan Bluetooth, Wifi Hotspot, Google Drive, WhatsApp, Email, Facebook hingga Dropbox.

Mengirim file aplikasi via ShareCloud juga sangat mudah untuk dilakukan. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama yakni dengan menginstall aplikasi ShareCloud di HP androidmu.
  • Karena kita akan menggunakan sambungan Bluetooth, maka kamu perlu menghidupkannya terlebih dahulu di masing-masing HP. Setelah itu, sambungkan kedua HP melalui Bluetooth.
  • Jalankan aplikasi ShareCloud di HP yang ingin mengirimkan aplikasi. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Select File.
  • Cari dan pilih file aplikasi android yang ingin kamu transfer ke HP lain. Bisa memilih satu atau banyak aplikasi sekaligus.
  • Selanjutnya kamu klik opsi More yang ada di bagian bawah tampilan, kemudian pilih opsi pengiriman Bluetooth.
  • Pilih Bluetooth perangkat yang terhubung tadi. Secara otomatis proses transfer aplikasi akan berjalan.

3. Meggunakan Aplikasi Telegram

Telegram sejatinya merupakan aplikasi chatting yang cukup populer digunakan selain aplikasi WhatsApp. Tidak hanya berkirim pesan teks, dengan aplikasi Telegram juga memungkinkan kamu mengirim aplikasi android dengan mudah dan cepat. Menariknya, kamu tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim aplikasi ke HP lain. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama kamu install aplikasi Telegram dan buat akun baru. Pastikan kamu juga add kontak telegram HP yang ingin dikirim aplikasi.
  • Untuk mengirim file aplikasi, pilih kontak yang ingin dituju tadi.
  • Selanjutnya klik opsi lampiran dengan ikon seperti klip kertas.
  • Pilih opsi File, lalu cari folder aplikasi yang ingin dikirim pada Interal Storage.
  • Klik kirim untuk mulai mengirim aplikasi yang dipilih tadi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengirim aplikasi di android yang paling mudah dan cepat bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu ya?