Cara Menginstall XAPK di Android yang Mudah

Cara Menginstall XAPK di Android – HP android masih menjadi pilihan utama bagi banyak kalangan masyarakat sekarang ini. Selain harga yang cukup terjangkau, juga kualitas yang diberikannya cukup tinggi. Di mana hampir semua HP android keluaran terbaru sekarang ini sudah dibekali dengan spesifikasi mumpuni. Sehingga HP akan menghasilkan performa kinerja yang sangat baik dan cepat, bahkan saat harus menjalankan banyak program atau aplikasi.

Cara Menginstall XAPK di Android
Cara Menginstall XAPK di Android

Kelebihan lain dari HP android adalah kebebasan pengguna dalam menginstall aplikasi dan game melalui Google Play Store. Seperti yang kita tahu, Google Play Store merupakan gudangnya aplikasi android. Hampir semua aplikasi dan game bisa kamu install secara gratis melalui Google Play Store tersebut. Beberapa aplikasi memang ada yang bersifat premium, di mana kamu perlu mambayar dengan uang asli untuk menggunakannya.

Baca Juga:

Selain dari Google Play Store, kamu juga bisa mendownload aplikasi dan game android dari situs lain. Menariknya, di situs-situs ini bahkan kamu juga bisa menemukan aplikasi dan game yang tidak ada di Google Play Store dikarenakan tidak lolos filter. Beberapa aplikasi keluaran baru sekarang ini kebanyakan tersedia dalam format XAPK saat didownload. Beberapa pengguna mungkin masih asing dengan format file tersebut dan tidak tahu bagaimana cara menginstallnya. Berikut ini cara menginstall XAPK di android terbaru yang bisa coba kamu terapkan.

Penjelasan Mengenai Format File XAPK

Sebagian dari kalian mungkin masih belum tahu apa itu XAPK, tidak heran karena memang ini merupakan format yang jarang kita temukan. Namun, bagi kamu yang suka mendownload aplikasi dari luar Google Play Store, pasti sudah sering menjumpai file dengan format tersebut.

XAPK merupakan jenis file installer baru untuk aplikasi dan game, baik itu game PC maupun android. Berbeda dengan file APK, XAPK ini sudah menyatukan file APK dan OBB. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi mengunduh file APK dan OBB secara terpisah untuk sebuah aplikasi dan game.

Cukup menginstall file XAPK di HP android dan kamu bisa langsung menjalankan game atau aplikasi tersebut. Sementara untuk file APK, biasanya kamu perlu memindahkan file OBB secara manual ke dalam memori internal, tepatnya ke dalam folder aplikasi. Bisa dibilang XAPK lebih praktis dibandingkan dengan file APK yang harus mengunduh juga file OBB secara terpisah.

Cara Menginstall XAPK di Android dengan Cepat dan Praktis

Aplikasi XAPK Installer untuk Android
Aplikasi XAPK Installer untuk Android

Karena merupakan jenis format file baru, jadi masih belum banyak pengguna android yang tahu cara penginstalannya di perangkat android. Sebenarnya sangat untuk cara menginstall XAPK di HP android tersebut. Di sini kamu perlu aplikasi pihak ketiga untuk mempermudah pemasangannya di smartphone android.

Aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan penginstalan file XAPK di android yakni bernama XAPK Installer. Tidak perlu khawatir aplikasi ini akan memakan banyak ruang penyimpanan di android. Pasalnya, XAPK Installer tersebut cukup ringan dan sudah kompatibel dengan semua tipe HP android.

Adapun langkah-langkah untuk instal XAPK di android yang mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu download dulu aplikasi XAPK Installer melalui LINK INI. Jangan lupa juga untuk menyiapkan file XAPK game atau aplikasi yang ingin diinstall di HP android. Pastikan file XAPK tersebut sudah ada folder yang mudah untuk dicari dan tidak berbentuk ZIP atau RAR.
  2. Sekarang kamu klik pada file XAPK Installer yang sudah didownload tadi untuk menjalankannya.
  3. Akan muncul notifikasi pop up di layar yang berisi permintaan izin akses ke penyimpanan android. Berikan izin akses dengan cara klik tombol Izinkan.
  4. Nantinya akan muncul lagi notifikasi pop up agar kamu mengaktifkan izin akses untuk menginstall aplikasi dari sumber lain. Klik tombol SETELAN yang ada di notifikasi pop up tersebut, kemudian geser tombol slider untuk pada bagian Izinkan Pasang Aplikasi. Dengan demikian aplikasi sudah diberi izin akses untuk menginstall aplikasi dari luar Google Play Store.
  5. Di layar utama aplikasi kamu akan menemukan file XAPK yang siap untuk diinstall. Aplikasi ini akan secara otomatis melakukan scanning file XAPK yang disimpan di memori internal.
  6. Jika kamu menyimpan file XAPK aplikasi atau game di SD Card, maka perlu melakukan scanning ulang. Caranya dengan klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik Scan SD Card.
  7. File XAPK aplikasi atau game sudah muncul di list. Sekarang kamu tinggal klik tombol INSTALL yang ada di sebelah kanan XAPK aplikasi atau game tersebut. Konfirmasi penginstalan aplikasi dengan klik tombol Install.
  8. Tunggu sampai proses instalasinya selesai. Dan sekarang kamu sudah bisa menjalankan aplikasi atau game yang semula berekstensi XAPK tersebut.

Catatan: Cara di atas saya terapkan di HP Samsung. Untuk HP merek lain seperti, ASUS, Xiaomi, OPPO, VIVO, Huawei dan lainnya kemungkinan hampir sama. Tinggal kamu sesuaikan sendiri untuk pengaturan izin aksesnya.

Kelebihan dan Kekurangan File XAPK Dibandingkan File APK

Untuk keunggulan dari format XAPK ini sendiri yakni lebih beragam jenis aplikasi dan gamenya. Beberapa jenis aplikasi yang tidak bisa ditemukan di Google Play Store bisa kamu download dari situs penyedia aplikasi lain dan dalam format XAPK.

Selain itu, file XAPK juga lebih praktis dibandingkan jenis file APK. Di mana dengan file XAPK kamu tidak perlu melakukan pemindahan file OBB aplikasi atau game secara manual ke memori internal. Pasalnya, file OBB tersebut sudah menjadi satu kesatuan dengan file XAPK tersebut.

Sementara untuk kekurangannya sendiri mungkin terletak pada sisi keamanan file. Di mana HP bisa saja terserang virus atau malware yang sebelumnya sudah disematkan ke dalam file XAPK tersebut. Selebihnya tidak ada kelemahan yang berarti dari format file aplikasi dan game terbaru ini.

Penutup

Itulah tadi cara menginstall XAPK di android yang mudah dan praktis yang bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini