Cara Menghilangkan Suara di Video Lewat HP Android

Cara Menghilangkan Suara di Video – Mengedit video sudah bukan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan bagi kamu yang masih awam pun sekarang bisa mengedit video dengan mudah dan praktis. Mengeditnya bukan melalui PC atau laptop, melainkan melalui perangkat HP android. Seperti yang kita tahu, HP android dibekali dengan berbagai fitur canggih di dalamnya yang membuatnya kaya fungsi. Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan aplikasi yang bisa diinstal dengan mudah, menyesuaikan kebutuhan dari pengguna dalam mengoperasikan smartphone android.

Cara Menghilangkan Suara di Video
Cara Menghilangkan Suara di Video

Kembali ke editing video, di HP android kita bisa dengan mudah melakukan pengeditan. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi edit video yang tersedia di Google Playstore dan bisa kamu instal dengan mudah. Hampir semua aplikasi editing video di android bisa kamu instal secara gratis. Namun, biasanya ada beberapa item premium di dalam aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar saja. Kamu bisa melakukan modifikasi apa pun di dalam video yang tentunya akan menciptakan hasil yang menarik dan memuaskan.

Baca Juga:

Salah satu langkah editing video yang banyak dibutuhkan oleh pengguna yakni mute video atau menghilangkan suara pada video. Cara ini tentunya sangat mudah diaplikasikan dan tidak butuh langkah-langkah yang panjang. Biasanya suara video yang dihilangkan tujuannya untuk mengganti suara pada video dengan audio lain. Misalnya saja dengan memberi backsound lagu yang nantinya dikombinasikan dengan efek slowmotion sehingga memberikan hasil editing yang menakjubkan. Mengenai cara menghilangkan suara di video lewat android bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Menghilangkan Suara di Video Lewat HP Android

Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan audio pada video melalui HP android. Kedua metode tersebut yakni menghilangkan suara video tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi tambahan. Sama-sama mudah dilakukan, tinggal kamu pilih metode mana yang ingin digunakan. Adapun cara menghilangkan suara di video melalui smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghilangkan Suara pada Video dengan Aplikasi

Menghilangkan Suara pada Video dengan Aplikasi
Menghilangkan Suara pada Video dengan Aplikasi

Cara yang pertama yakni menghapus suara pada video menggunakan aplikasi pihak ketiga di android. Ada banyak aplikasi editing video yang bisa kamu gunakan untuk mute audio pada video tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yakni bernama Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video.

Aplikasi Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video ini sendiri dikembangkan oleh developer bernama Andro Tech Mania. Termasuk salah satu aplikasi editing video yang paling populer, aplikasi satu ini sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Playstore.

Ukurannya hanya sebesar 11 MB, membuatnya sangat ringan dan lancar meskipun dimainkan di smartphone berspesifikasi standar. Tidak hanya bisa menghilangkan suara di video, di dalamnya juga dibekali beberapa fitur tambahan. Mulai dari fitur untuk menambahkan audio ke video, fitur mixing, dan beberapa fitur menarik lainnya.

Untuk langkah-langkah menghilangkan suara atau audio pada video menggunakan aplikasi Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan instal aplikasi Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video melalui Google Playstore.
  2. Jika sudah, selanjutnya kamu langsung jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi ditampilkan beberapa menu editing. Karena di sini tujuannya untuk menghilangkan audio di video, maka kamu pilih menu Mute Video.
  4. Selanjutnya kamu cari dan pilih video yang ingin dihilangkan suaranya. Setelah dipilih, tunggu beberapa saat sampai video berhasil diunggah ke aplikasi.
  5. Pada halaman tersebut kamu bisa mengatur durasi video yang ingin dihilangkan suaranya. Nantinya pada batas durasi tersebut kamu bisa memilih memotong video atau membiarkannya bagian lain tetap memiliki suara. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk menghilangkan suara seluruhnya pada video.
  6. Jika sudah, selanjutnya kamu klik tombol Centang yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  7. Ada dua pilihan yang ditampilkan di layar ketika akan menyimpan video hasil editan, yakni Mute with trim video (menghilangkan suara dengan memotong video) dan Mute without trim video (menghilangkan suara tanpa memotong video). Kamu pilih salah satu, kemudian tekan tombol OK.
  8. Nantinya proses penghapusan audio atau suara akan berjalan dan tunggu sampai prosesnya tersebut selesai. Jika sudah, secara otomatis hasil editan video akan disimpan ke Galeri HP, tepatnya di album MuteVideos.
  9. Selesai.

Selain menggunakan aplikasi Video Sound Editor: Add Audio, Mute, Silent Video, ada beberapa alternatif aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan suara pada video. Beberapa aplikasi alternatif yang dimaksud, di antaranya:

2. Menghilangkan Suara Video Tanpa Aplikasi Tambahan

Menghilangkan Suara Video Tanpa Aplikasi Tambahan
Menghilangkan Suara Video Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika harus menginstal aplikasi tambahan menurutmu cukup merepotkan, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Kamu tidak akan menggunakan aplikasi, melainkan memanfaatkan situs online yang menyediakan fitur mute audio pada video tersebut. Salah satu website yang bisa kamu kunjungi yakni bernama Ezgif.com.

Di situs tersebut menyediakan banyak fitur editing video yang bisa kamu gunakan, selain mute video. Beberapa fitur lain yang disediakan seperti, crop video, video speed, cut video, rotate video, convert video, resizem & reverse, merge video, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun langkah-langkah menghilangkan suara pada video melalui situs Ezgif.com selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkag pertama kamu buka browser di HP android.
  2. Kemudian kunjungi situs Ezgif.com dan masuk ke menu Mute Video. Atau lebih mudahnya dengan klik LINK INI.
  3. Pada halaman Mute Video di situs tersebut, kamu klik tombol Pilih File. Kemudian cari file video yang ingin dimute videonya, dan klik Open.
  4. Setelah video berhasil dipilih, selanjutnya kamu klik tombol Upload Video! berwarna biru.
  5. Tunggu beberapa saat sampai video berhasil diunggah ke situs tersebut dan kamu akan dibawa ke halaman untuk menghilangkan suara video.
  6. Untuk mulai menghilangkan audionya, kamu klik tombol Mute Video! yang berawarna biru.
  7. Hasil video yang sudah dihilangkan suaranya akan ditampilkan di bawah tombol tadi, tepatnya di bagian Muted Video Output.
  8. Untuk menyimpan hasil videonya, kamu klik ikon Tiga Titik Vertikal yang ada di pojok kanan bawah video tersebut. Kemudian pilih tombol Download.
  9. Secara otomatis video akan langsung didownload ke folder download di HP androidmu.
  10. Selesai.

Selain situs EzGif.com di atas, kamu juga bisa memanfaatkan situs lain untuk menghilangkan suara pada video. Beberapa di antaranya, clideo.com/mute-video, kapwing.com, audioremover.com, mp4compress.com dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan suara di video lewat HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini