Cara Ampuh Menghilangkan Bercak Noda Pada Layar Smartphone

Cara Ampuh Menghilangkan Bercak Noda Pada Layar Smartphone – Tentu yang mana telah kita ketahui bahwa layar lcd pada perangkat smartphone merupakan suatu hal yang sangat penting di mana jika layar tersebut mempunyai masalah sedikit saja maka hal tersebut akan sangat berdampak buruk bagi kita, contoh nya saja seperti masalah kecil yaitu suatu bercak noda walaupun setitik saja muncul pada layar hp kita. Sebagai seorang pengguna hp tersebut jelas bercak noda kecil seperti itu saja akan sangat mengganggu aktifitas sehari – hari yang biasa kamu jalani, akan tetapi jika kamu sedang mengalami masalah tersebut dan bingung bagaimana cara mengatasi nya ? Maka oleh sebab itu lah pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar cara membersihkan atau memperbaiki bercak kotor maupun noda hitam di karenakan layar rusak.

Cara Ampuh Menghilangkan Bercak Noda Pada Layar Smartphone

Tapi sebelum anda mencoba beberapa cara di bawah ini untuk bisa menghapus bercak noda yang ada di layar tampilan hp kamu ataupun tablet, pertama kalian harus mengetahui terlebih dahulu secara pasti apa yang menyebabkan noda hitam tersebut bisa muncul pada LCD hp android yang kamu punya. Penting untuk dapat mengetahui penyebab pasti masalah itu sebab di karenakan agar nantinya kalian bisa menghilangkan noda hitam pada lcd android tersebut dengan cukup mudah, karena anda sudah mengetahui dengan pasti penyebab nya bisa itu oleh error lcd dalam, bercak noda kotor, dan lain sebagai nya. Salah satu faktor penyebab yang menjadikan layar touchscreen bernoda titik hitam juga bisa di karena kan oleh LCD smartphone android bocor, LCD bocor biasa nya terjadi karena hp pernah terjatuh dan terdapat sebuah benturan keras yang menyebabkan titik hitam muncul.

Baca Juga :

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadi nya bercak noda ataupun titik hitam pada layar lcd smartphone android. Nah, oleh karena itulah pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit solusi berupa beberapa cara yang nantinya bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Perlu saya tekan – kan sekali lagi kalau bercak hitam pada layar hp kamu bukan suatu noda kotor maka sudah bisa di pastikan kalau masalah tersebut di akibatkan oleh ada nya kebocoran LCD ponsel. Di mana noda titik hitam itu berasal dari udara yang masuk ke dalam hp dan menyatu dengan cairan yang terdapat pada layar lcd.

Cara Ampuh Menghilangkan Bercak Noda Pada Layar Smartphone

Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa ulasan di bawah ini agar anda bisa paham dengan pasti mulai dari penyebab dan cara jitu untuk mengatasi nya. Tips and trick ini bisa kalian coba di berbagai merk hp android seperti asus, samsung, oppo, vivo, xiaomi, dan lain – lain. Tanpa basa – basi lagi silahkan simak beberapa ulasannya.

1. Cara Pertama

Cara Pertama

Cara pertama ini merupakan cara untuk menghilangkan bercak hitam yang di sebabkan oleh gangguan pada layar hp, bukan karena noda kotor. Jadi langsung saja ikuti langkah – langkah nya :

  1. Langkah awal perlu di lakukan yaitu menonaktifkan smartphone terlebih dulu, lalu buka casenya.
  2. Kemudian copot SIM Card, kartu memory, dan baterai anda pada handphone.
  3. Setelah itu kita ke tahap proses perbaikan bercak hitam pada touchscreen smartphone tadi, yaitu dengan cara memasukkan hp android tersebut ke dalam suatu wadah berupa plastik bening, kemudian jangan lupa untuk menutupnya dengan rapat. Penting sebelum melakukan hal ini untuk anda terlebih dahulu mengecek plastik yang akan di gunakan dan pastikan tidak ada yang bocor tempat udara masuk.
  4. Lalu masukkan lah plastik yang berisikan hp android tadi ke dalam kulkas bagian freezer, yang umum nya terletak di bagian atas lemari es.
  5. Biarkan saja smartphone yang di masukkan ke dalam freezer tadi dan tunggu sampai 6 atau 8 jam, setelah masuk ke dalam batas waktu yagn di tentukan lalu keluarkan hp tadi dari dalam kulkas bagian freezer.
  6. Jika sudah kalian keluarkan, maka langsung saja buka bungkus plastik tadi dan diamkan hingga suhu menjadi kembali normal sambil di lap.
  7. Untuk mempercepat proses penurunan suhu kamu bisa melakukan berbagai cara seperti menaruh nya di depan kipas, dan lain – lain.
  8. Kalau sudah maka pastikan satu kali lagi kalau hp sudah benar – benar kering tanpa ada nya embut dingin lagi, kemudian pasang lagi beberapa komponen yang kamu copot, SIM Card, memory card, dan baterai.
  9. Nyalakan smartphone seperti biasa, jika kerusakan lcd tidak begitu parah maka seharusnya bintik hitam tadi akan benar – benar hilang.

2. Cara Kedua

Cara Kedua

Cara kedua ini merupakan tips yang sangat bagus kalau menurut saya pribadi, karena banyak tukang service smartphone juga ternyata yang memang telah lama menggunakan trick ini, jadi tidak usah khawatir lagi akan kemampuannya. Ok baiklah sebelum kamu mengikuti tutorial yang akan saya jelaskan nanti, ada baik untuk mempersiapkan beberapa bahan nya terlebih dulu di bawah ini :

Bahan yang di perlukan :

  • Kain lembut.
  • Penset atau jarum.
  • obeng hp yang cocok pada baut ponsel kamu.

Kalau sudah maka langsung saja ikuti tutorial di bawah berikut :

  1. Jika bahan – bahan sudah selesai, lakukan langkah awal dengan membuka / membongkar smartphone kamu.
  2. Kemudian pasang casing bagian belakang saja, agar baterai dapat terpasang dalam keadaan tanpa adanya casing depan, dan hp bisa di hidupkan.
  3. Lalu lepas touchscreen hp kalian juga agar dapat menyentuh langsung ke dalam bagian ponsel, sebab dalam langkah ini lcd bercak hitam tersebut wajib anda sentuh langsung lcd dalam keadaan hp hidup.
  4. Pada saat hp telah kembali hidup tanpa casing depan, kemudian lakukan lah penekanan dengan menggunakan kain lembut dan geser bagian bercak noda hitam tadi ke pinggir layar berulang – ulang hingga sampai ke pinggir layar tampilan hp.
  5. Jika titik bundaran hitam tadi berhasil kalian geser hingga ke pinggir lcd, maka beri sedikit lubang atau celah pada bagian pinggir yang terdapat bintik hitam tadi dengan cara di tusuk pakai jarum, di cukit juga bisa agar udara yang menyebabkan layar bernoda hitam tersebut dapat keluar.
  6. Kalau lubang tadi sudah ada maka geser lah berulang – ulang noda hitam tadi menuju ke arah lubang, sampai semua lubagn bersih. Namun biasa nya juga tidak bisa langsung bersih, tapi masih tersisa sedikit bintak hitam jika kamu melakukan pergeseran nya tidak rapi. Yang mana bintik – bintik sisa tersebut nantinya juga akan hilang dengan sendiri, paling lama membutuhkan waktu satu hari untuk sisa bintik hitam itu menghilang.

Penutup

Ok itulah tadi 2 cara jitu mengatasi bercak noda hitam yang terdapat pada smartphone android, wajib teliti dengan semua arahan yang sudah saya berikan agar tidak terjadi kesalah pahaman yang nantinya juga bisa menyebabkan gagal dalam proses perbaikan.