Cara Menghilangkan Jerawat pada Foto di Android

Cara Menghilangkan Jerawat pada Foto di Android – Media sosial bisa diibaratkan sebagai dunia kedua bagi sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Apalagi masing-masing platform media sosial semakin dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang menarik, membuat banyak orang semakin menyukainya. Dari beberapa platform media sosial yang ada sekarang ini, Instagram mungkin menjadi salah satu yang cukup populer digunakan. Bagaimana tidak? Hampir semua pengguna android pasti punya akun Instagram pribadi.

Cara Menghilangkan Jerawat pada Foto di Android
Cara Menghilangkan Jerawat pada Foto di Android

Berbicara Instagram, ini merupakan platform berbagi foto dan video yang banyak disukai. Semua foto dan video yang dibagikan, memungkinkan pengguna lain melihat, memberi like & komen, share, bahkan mengunduhnya. Karena itulah, khususnya foto yang diuploud pastilah yang paling bagus. Adanya jerawat atau bintik hitam di wajah menjadi salah satu masalah yang membuat foto kurang menarik. Adakah cara mengedit foto untuk menghilangkan jerawat dan bintik hitam di wajah tersebut? Jawabannya tentu ada.

Baca Juga:

Untuk menghilangkan jerawat di foto tidak perlu melakukan perawatan mahal, cukup dengan smartphone kamu sudah bisa menghilangkannya. Dengan memanfaatkan aplikasi edit foto tertentu, kamu bisa memoles wajah agar tampilan lebih bersih dan cantik/ganteng. Adapun cara menghilangkan jerawat pada foto di android bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Menghilangkan Jerawat pada Foto di Android

Cara Menghilangkan Jerawat di Foto
Cara Menghilangkan Jerawat di Foto

Di era modern seperti sekarang ini banyak hal bisa dilakukan dengan mudah dan instan, termasuk menghilangkan jerawat di foto. Mungkin dulu mengedit foto hanya bisa dilakukan di perangkat PC atau laptop saja. Tetapi, sekarang ini hanya dengan smartphone dan aplikasi khusus, kamu sudah bisa melakukannya. Berikut cara menghilangkan jerawat pada foto di android, antara lain:

1. Menggunakan Aplikasi PicsArt

PicsArt merupakan salah satu aplikasi edit foto di android paling populer saat ini. Aplikasi satu ini dihadirkan dalam dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, tentu ada beberapa fitur yang tidak bisa diakses. Sementara untuk pengguna premium, semua fitur canggih di dalamnya bebas digunakan.

Selain bisa membuat foto tampil keren dan kekinian, aplikasi PicsArt juga memungkinkan melakukan pemolesan pada wajah. Memoles wajah termasuk juga menghilangkan jerawat serta bintik hitam yang nampak jelas di foto. Caranya juga sangat mudah, yakni:

  • Install aplikasi PicsArt di HP android seperti biasa. Kamu bebas ingin menggunakan versi gratis ataupun berbayar.
  • Buka foto yang ingin diedit dari dalam aplikasi PicsArt.
  • Untuk menghapus jerawat atau bintik hitam di wajah, pilih menu Alat. Kemudian pilih Klon.
  • Usapkan secara perlahan pada area foto yang terdapat jerawat atau bintik hitam. Lakukan Zoom pada foto agar lebih mudah saat mengusap untuk menghilangkan jerawat.

2. Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop Express

Adobe merupakan salah satu developer ternama yang sudah menghadirkan banyak sekali aplikasi atau software profesional. Selain hadir untuk versi PC, Adobe juga menghadirkan aplikasi edit foto untuk android. Salah satunya adalah Adobe Photoshop Express. Aplikasi satu ini bisa digunakan secara gratis, di dalamnya dilengkapi beragam fitur keren untuk memaksimalkan hasil editing foto.

Dari sekian banyaknya fitur yang disediakan, ada satu fitur yang memungkinkan untuk pengguna menghilangkan jerawat di foto. Cara penggunaannya juga sama mudahnya seperti saat mengedit di PC atau laptop. Untuk langkah-langkah selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama install Adobe Photoshop Express di HP androidmu.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Buka project baru, kemudian pilih foto yang ingin kamu edit dan dihilangkan jerawatnya.
  • Pilih ikon Spot Heal Tab atau yang berlogo seperti plester.
  • Setelah itu, mulailah dengan menyentuh area foto yang terdapat jerawat atau bintik hitam. Hanya sentuh, tidak perlu mengusap. Secara otomatis jerawat akan hilang dan foto menjadi lebih mulus.
  • Jika dirasa sudah, kamu bisa langsung menyimpannya ke galeri HP.

3. Menggunakan Aplikasi Pimple Eraser

Cara menghilangkan jerawat pada foto di android paling mudah berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Pimple Eraser. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh FGSoft, yang mana sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali di Google Play Store. Aplikasi Pimple Eraser juga terbilang sangat ringan, karena ukurannya hanya sebesar 5MB saja.

Aplikasi Pimple Eraser ini sendiri memang dihadirkan khusus untuk memuluskan wajah di foto. Terutama untuk menghilangkan jerawat atau bintik hitam yang mengganggu penampilan. Untuk langkah-langkahnya sendiri tidak begitu sulit, yakni:

  • Langkah pertama install aplikasi Pimple Eraser di HP androidmu.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, kamu klik tombol foto yang ada di bagian sudut atas tampilan. Selanjutnya pilih foto yang ingin kamu edit untuk menghilangkan jerawatnya.
  • Agar lebih mudah, lakukan zoom atau perbesar area foto yang terdapat jerawat atau bintik hitam mengganggu.
  • Selanjutnya arahkan lingkaran ke area foto yang terdapat jerawat tersebut.
  • Kemudian kamu menuju ke bagian sudut kanan bawah tampilan, klik tombol bintang yang ada di sana. Secara otomatis jerawat yang mengganggu penampilan foto tersebut akan langsung hilang tanpa adanya bekas.
  • Terakhir klik tombol Save untuk menyimpan hasil editing foto.

Penutup

Selain ketiga aplikasi di atas, masih ada banyak lagi pilihan aplikasi lain yang menyediakan fitur untuk menghilangkan jerawat pada foto. Beberapa aplikasi edit foto lain yang cukup diminati, seperti BeautyPlus, Snapseed, dan lain sebagainya.