Cara Menghilangkan Iklan di HP Asus Tanpa Root

Cara Menghilangkan Iklan di HP Asus – Asus merupakan salah satu brand smartphone android yang juga cukup populer di Indonesia. Sama seperti brand lainnya, Asus selalu menghadirkan inovasi baru pada setiap smartphone besutannya guna untuk menarik minat pengguna. Sudah banyak pula seri smartphone yang dirilis oleh Asus, mulai dari HP standar hingga HP gaming.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Asus

Disematkan pula dengan berbagai fitur andalan, membuat HP Asus semakin diminati oleh banyak pengguna. Dihadirkan fitur-fitur tersebut tidak lain untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna saat mengoperasikannya. Tetapi sayangnya, ada saja kendala atau masalah yang dialami pengguna saat mengoperasikan HP Asus. Salah satunya adalah sering muncul iklan pada layar, bahkan di saat tidak membuka aplikasi apapun.

Baca Juga:

Masalah munculnya iklan seperti ini tentu sangat mengganggu aktivitas ber-mobile pengguna. Apa kamu juga mengalami masalah yang sama? Jika benar, tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini saya akan memberi tahu cara menghilangkan iklan di HP Asus yang paling mudah. Bahkan kamu tidak memerlukan akses root untuk bisa menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul tersebut. Informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini!

Cara Menghilangkan Iklan di HP Asus Tanpa Root

Cara Menghilangkan Iklan di Asus
Cara Menghilangkan Iklan di Asus

Ada beberapa cara menghilangkan iklan di Asus yang bisa kamu lakukan, baik dengan tanpa bantuan aplikasi maupun menggunakan aplikasi tertentu. Cara-cara tersebut bisa kamu lakukan sesuai masalah iklan yang muncul. Misalnya iklan sering muncul di layar utama, iklan saat membuka browser, iklan saat main game atau aplikasi dan lain sebagainya. 

Dengan menentukan terlebih dahulu masalah iklan yang muncul, nantinya kamu bisa lebih mudah melakukan blokir iklan yang mengganggu di android tersebut. Adapun beberapa cara memblokir iklan di HP Asus, di antaranya:

1. Menghapus atau Uninstall Aplikasi Mencurigakan

Cara blokir iklan di HP Asus yang pertama adalah dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang dianggap mencurigakan. Beberapa aplikasi mungkin secara tidak sengaja kamu install saat melakukan browsing di internet. Hal ini cukup wajar terjadi, apalagi kamu yang sering mengakses situs-situs berbahaya seperti, situs download film, situs download apk mod, dan lain sebagainya.

Aplikasi-aplikasi yang terinstall secara otomatis tersebut bisa saja merupakan adware dan menjadi biang dari munculnya iklan secara tiba-tiba. Ciri-ciri aplikasi adware paling umum adalah tidak memiliki nama serta tidak juga ada logonya. Untuk cara uninstall aplikasi adware, sebagai berikut:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Scroll ke bawah kemudian klik opsi Aplikasi.
  • Di sana kamu akan menjumpai list aplikasi yang terinstall di HP Asus-mu. Segera cari dan klik aplikasi yang dianggap mencurikan alias adware tadi.
  • Selanjutnya langsung klik tombol Uninstall.

2. Menghapus Riwayat Browser

Iklan yang muncul tiba-tiba di HP Asus bisa saja dikarenakan kamu sudah mengunjungi situs tertentu yang berpotensi menyisipkan iklan. Dengan memanfaatkan data riwayat browser, iklan biasanya akan menyusup dan muncul di layar ponsel bahkan saat kamu tidak mengakses aplikasi apapun.

Sebaiknya kamu hapus semua riwayat browser di aplikasi browser yang kamu gunakan, baik itu Chrome atau browser lainnya. Jika masih belum tahu, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi browser, di sini saya menggunakan browser Chrome.
  • Pada halaman utama, klik ikon tiga titik vertikal kamudian pilih opsi Histori.
  • Selanjutnya klik opsi Hapus data penjelajahan yang ada di bagian atas tampilan.
  • Lakukan Centang pada Histori penjelajahan, Cookie dan data situs, serta Gambar dan file dalam cache. Selebihnya bisa kamu atur sesuai kebutuhan, apakah ingin dicentang semua atau tidak.
  • Dan terakhir klik Hapus data. Tunggu sampai proses penghapusan data browser selesai dilakukan.

3. Menginstall Aplikasi Antivirus

Cara menghapus ikla di HP Asus berikutnya adalah dengan menginstall aplikasi antivirus. Mungkin saja iklan yang muncul tersebut dikarenakan HP Asus kamu sudah terkontaminasi virus atau malware. Virus atau malware sendiri bisa menyusup pada HP android tanpa diketahui oleh penggunanya.

Virus dan malware biasanya juga disisipi oleh iklan sehingga bisa muncul tiba-tiba di layar HP android. Untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan aplikasi antivirus yang tersedia secara gratis di Google Play Store, seperti Avast Antivirus, Malwarebytes, AVG dan lain sebagainya.

4. Menggunakan Aplikasi Blokir Iklan

Khusus kamu yang merasa terganggu atas kehadiran iklan saat browsing internet dan saat membuka aplikasi atau game, cara ini bisa menjadi pilihan paling tepat. Kamu bisa menggunakan aplikasi blokir iklan yang juga bisa digunakan secara gratis tanpa harus root android.

Beberapa aplikasi juga punya versi premium, tentunya dengan menawarkan fitur yang lebih lengkap dan efektif memblokir iklan yang muncul. Berbagai jenis iklan bisa diblokir dengan mudah dengan aplikasi tersebut, mulai dari ikla banner hingga iklan pop up. Ada banyak sekali pilihan aplikasi blokir iklan di Google Play Store, contohnya AdGuard, NetGuard, AppBrain Ad Detector dan lain sebagainya.

5. Melakukan Reset Ulang HP Asus

Jika cara di atas sudah dilakukan namun iklan tetap muncul secara tiba-tiba di layar ponsel, melakukan factory reset bisa jadi cara terakhir. Cara ini bakal mengembelikan sistem android ke setelan pabrik. Dengan begitu, semua masalah pada sistem seperti iklan muncul tiba-tiba akan teratasi dengan baik.

Tetapi sebelum factory reset HP Asus, sebaiknya kamu lakukan backup data terlebih dahulu. Jika sudah, barulah melakukan factory reset. Caranya tidak terlalu sulit, lihat langkah-langkah berikut:  

  • Pastikan HP dalam keadaan mati dan daya baterai tersisa minimal 50%.
  • Selanjutnya masuk ke mode Update atau Droidboot dengan cara menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik. Jika sudah muncul ikon android, segera lepaskan tekanan pada kedua tombol tersebut.
  • Sekarang kamu arahkan pilihan pada opsi Factory reset dengan menggunakan tombol volume untuk navigasi. Pilih Factory reset dengan klik tombol Power untuk mengkonfirmasi atau eksekusi pilihan.
  • Secara otomatis HP akan melalukan Reboot dan melanjutkan proses factory reset.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan ikla di HP Asus paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.