Cara Menghilangkan Background Video Dengan Android

Cara Menghilangkan Background Video Dengan Android Jika kita melihat Youtube sekarang banyak kehadiran youtubers baru yang mencoba menguji kretivitas melalui karya video. Mulai itu dari youtuber gaming, traveller, review dan masih banyak lagi. Teknik editing memang sangat di perlukan di masa sekarang ini, tak cuma seorang konten kreator, bahkan mahasiswa pun banyak mengerjakan tugasnya via video editing. Mungkin di antara kamu sudah ada yang tahu ya, untuk membuat video sejenis review ataupun presentasi yang bagus yaitu dengan menghilangkan background.

Cara Menghilangkan Background Video Dengan Android

Umumnya untuk menghilangkan latar belakang pada video sendiri terdapat beberapa cara yang bisa di lakukan, khususnya pada smartphone android. Yang pertama adalah melalui penggunaan Green Screen, yaitu sejenis kain bewarna hijau. Di mana dengan memiliki latar belakang hijau itulah background akan sangat mudah sekali di hilangkan. Kenapa demikian? Sebab warna hijau merupakan warna yang dapat menyerap cahaya sehingga mempermudah proses pengambilan video. Serta, warna hijau ini sangat jarang sekali di pakai pada warna benda-benda lainnya. Metode kedua adalah melalui penghapusan background melalui aplikasi yang tidak mudah.

Baca Juga:

Untuk melakukan penghapusan background ini sendiri sangat lah sulit dan tidak semudah dengan menggunakan green screen. Apa lagi kalau kita melakukan teknik ini pada perangkat smartphone android, akan lebih sulit lagi ketimbang memakai PC. Tapi tenang, buat kalian pengguna smartphone yang ingin melakukan penghapusan background, maka artikel kita kali ini sangat lah tepat. Kenapa begitu? Karena kita akan membahas lengkap Cara Menghilangkan Background Video Dengan Android. Dengan mengetahui sedikit trik yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya, maka akan mempermudah metode editing ini melalui HP.

Cara Menghilangkan Background Video Dengan Android

Sebelum memulai beberapa langkah di bawah, pastikan terlebih dulu bahwa handphone anda sudah terkoneksi ke jaringan internet atau memiliki kuota yang cukup ya. Karena, selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kita juga akan mempelajari melalui situs penyedia layanan pemotong background. Jadi, apabila HP kamu tidak terkoneksi ke internet maka tidak bisa mengikut tutor kita di bawah.

1. KineMaster

KineMaster

Siapa yang gak kenal KineMaster? Yaitu salah satu aplikasi editing video terbaik untuk smartphone. Dengan segala fitur yang ia berikan mampu membuat 3,7 juta pengguna mengulas KineMaster dengan baik sehingga mendapatkan rating 4,4 pada Play Store. Pengguna dari KineMaster ini sendiri dari berbagai kalangan profesi, mulai dari youtuber, mahasiswa, editor dan masih banyak lagi. Hal ini tentu tak terlepas dari interface yang ia berikan, yang mana dalam pengaplikasiannya sangatlah mudah untuk di mengerti.

Bagi kalian yang tak sabar ingin mengetahui langakh-langkah penggunaan KineMaster dalam menghapus background video, yuk simak caranya berikut ini:

  1. Terlebih dulu pastikan kamu telah mengunduh KineMaster langsung dari Google PlayStore
  2. Setelah terinstall segera buka KineMaster
  3. Kemudian kita klik Empty Project untuk membuat sebuah proyek baru
  4. Tekan opsi Media Browser dan pilihlah Video yang mau kalian edit latar belakangnya
  5. Jika sudah, kita pilih Layer dan tekan Video
  6. Di sini kita pilih video tadi yang mau di ganti backgroundnya. Perlu di ketahui pastikan background pada video memiliki satu warna misalnya saja hijau atau green screen
  7. Sesudah video di pilih tadi, segera aktifkan Layer Video yang mau kamu rubah latar belakangnya
  8. Dan pada menu Effek kita tekan Chroma Key kemudian aktifkan fitur itu
  9. Atur atau gantilah background sesuai sama apa yang kamu inginkan dan Selesai.

2. Unscreen

Unscreen

Pada cara kedua ini kita tidak akan mengunduh sebuah aplikasi tambahan lagi melalui playstore. Namun di sini kita akan memanfaatkan layanan yang di berikan oleh situs bernama Unscreen. Yang mana pada situs Unscreen ini bisa membantu kamu dalam mempermudah merubah latar belakang video. Akan tetapi, cara ini akan cukup memakan kuota sama halnya mengunduh aplikasi, karena kita akan melakukan upload dan unduh hasil editingnya. Tapi tentu kuota yang di keluarkan tidak akan begitu besar jika file milik kamu berukuran kecil.

Untuk mengetahui cara pemakaian dari situs ini dapat kalian simak pada tutorialnya di bawah:

  1. Pertama buka aplikasi Browser pada smartphone mu
  2. Dan ketikan alamat https://www.unscreen.com/
  3. Setelah masuk di halaman utamanya kita tekan tombol Upload Clip yang bewarna biru
  4. Pilih Video yang mau kalian edit dan tunggu proses upload hingga berhasil
  5. Jika sudah maka akan muncul beberapa opsi, yaitu Transparent, Original, Color, Video dan juga Image
  6. Karena di sini kita akan menghapus background maka tekan Transparent. Lalu pada opsi lainnya tadi Color, Video, serta image bisa menggantinya sesuai keinginan kamu
  7. Selanjutnya kalau di rasa sudah selesai mengedit anda tekan tombol Download, maka proses penghapusan latar belakang ataupun lainnya akan berjalan
  8. Pada saat proses Selesai maka secara otomatis proses Download akan berjalan.

3. PowerDirector

PowerDirector

PowerDirector merupakan salah satu aplikasi video editing terbaik untuk smartphone saat ini. Dalam penggunaannya kita dapat mengedit layaknya film bergaya sinematik, menarik, dan sesuka yang kita mau. Dengan banyaknya alat edit yang ada, tidak perlu bingung dalam pengaplikasiannya, sebab itu akan di permudah dengan interface yang mudah untuk di pahami. Resolusi yang mampu di berikan oleh PowerDirector ini pun bisa mencapai 4K lho, hal ini merupakan suatu yang luar biasa bagi editor smartphone. Tak luput juga, melalui PowerDirector ini kita bisa dengan mudah menghilangkn latar belakang pada video.

Yuk simak langkah-langkah penggunaan dari PowerDirector ini:

  1. Pertama-tama unduh terlebih dulu Video Green Screen dari youtube atau lainnya, yang nanti akan kita gunakan
  2. Setelah itu kita unduh terlebih dulu PowerDirector pada Google PlayStore
  3. Jika sudah langsung saja kita buka PowerDirector
  4. Kemudian kita buat sebuah proyek baru dengan mengisi kolom Nama dan Aspek Rasio yang di butuhkan
  5. Lanjut dengan memilih video background yang mau anda pakai, setelah itu Tekan video tersebut dan Geser ke bawah bagian edit video
  6. Lalu kita kembali ke menu Utama dan klik Tambahan Lapisan Video
  7. Nah disini kita masukan Video Green Screen yang sudah di unduh tadi, Tekan dan Geser video tersebut ke bagian bawah editing, kemudian atur ukuran video sesuai yang kalian inginkan
  8. Kalau sudah, aktifkan fitur Kunci Kroma pada video green screen tadi
  9. Dan Selesai, tinggal kamu simpan ke galeri.

Penutup

Itulah tadi isi artikel kita kali ini yang membahas seputar Cara Menghilangkan Background Video Dengan Android. Sebelum beranjak meninggalkan website kita, alangkah baiknya untuk kamu share terlebih dulu ke akun sosial media ya. Terimakasih, dan sampai jumpa.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini