Cara Menghidupkan HP Android Selain dengan Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Android Selain dengan Tombol Power – HP android terkenal dengan kecanggihannya yang mampu memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya. Di HP android pengguna bisa dengan bebas menginstall berbagai jenis aplikasi sesuai fungsinya masing-masing. Tidak hanya sekedar sarana hiburan saja, beberapa aplikasi yang disediakan juga memiliki manfaat lain bagi pengguna, sebagai sarana bisnis misalnya.

Cara Menghidupkan HP Android Selain dengan Tombol Power
Cara Menghidupkan HP Android Selain dengan Tombol Power

Apalagi sekarang ini para vendor terus berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk HP android merek, salah satunya dengan menghadirkan fitur-fitur canggih. Hal ini semakin membuat penggunanya termanjakan dengan lebih beragamnya fitur tersebut. Meski begitu, bukan berarti HP android tidak memiliki masalah sama sekali selama penggunaannya. Terkadang HP mengalami kerusakan, baik dari segi sistem maupun fisik HP itu sendiri. Misalnya saja tombol power HP yang tidak berfungsi sebagaimana biasanya.

Baca Juga:

Tombol power punya peranan sangat penting pada sebuah HP android. Fungsi utamanya yakni menghidupkan dan mematikan HP android. Lantas bagaimana jadinya jika tombol power tersebut tidak berfungsi alias rusak? Tentu kamu tidak bisa lagi menghidupkan saat HP dalam keadaan mati. Tenang saja, ada kok cara menghidupkan HP android selain dengan tombol power yang bisa kamu coba lakukan. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Menghidupkan HP Android Selain dengan Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Android Selain Tombol Power
Cara Menghidupkan HP Android Selain Tombol Power

Tombol power pada HP android punya fungsi yang sangat penting, dan menjadi masalah tersendiri jika tombol tersebut tidak berfungsi alias rusak. Paling susah saat HP mati, bisa karena baterai habis atau penyebab lainnya. Tentunya kamu bakal kebingungan bagaimana cara untuk menghidupkan HP selain menggunakan tombol power.

Mungkin sebagian dari kalian berfikir tidak ada cara lain menghidupkan HP yang mati tanpa menggunakan tombol power. Kamu salah, masih ada kok alternatif lain untuk menghidupkan HP tanpa tombol power. Beberapa alternatif tersebut, di antaranya:

1.  Menggunakan Benda Lain Sebagai Colokan

Cara yang pertama untuk menghidupkan HP android mati selain tombol power yakni dengan memanfaatkan benda kecil (tumpul) yang difungsikan sebagai colokan. Pada beberapa kasus, tombol power rusak alias tidak berfungsi karena cover atau bagian luar tombol yang lepas. Kondisi ini hanya menyisakan bagian karet yang cukup dalam posisinya, sehingga susah untuk di tekan ketika ingin menghidupkan HP.

Karena kondisi tersebutlah kamu bisa memanfaatkan benda kecil, seperti tusuk gigi, SIM Card ejector dan benda lainnya. Kamu tinggal menekan bagian karet atau benjolan tombol power dengan benda tersebut untuk menghidupkan atau mematikan HP android.

2. Menggunakan Tombol Home

Cara satu ini hanya berlaku jika HP masih dalam keadaan hidup, hanya layarnya saja yang terkunci dan tidak menyala. Selain itu, cara ini juga hanya berfungsi pada HP android yang memiliki tombol Home fisik. Pasalnya, beberapa HP keluaran baru banyak yang menghadirkan tombol Home, Recent, dan Back dalam bentuk non-fisik.

Caranya sangat mudah, cukup kamu tekan tombol Home saat layar dalam keadaan mati namun mesin HP hidup. Saat layar menyala, kamu tinggal swipe layar untuk membuka kunci dan masuk ke layar menu utama. Khusus untuk HP tanpa tombol Home fisik, bisa mencoba alternatif lain yakni dengan mencharge HP. Saat kabel charge dicolokkan nantinya layar akan menyala. Kamu tinggal lakukan swipe layar untuk membuka kuncinya.

3. Men-charge HP Android

Cara menghidupkan HP android selain dengan tombol power berikutnya adalah dengan mengecas HP android. Cara ini berbeda dengan sebelumnya, di mana kali ini HP android benar-benar dalam keadaan mati dan hanya dengan tombol power untuk menghidupkannya.

Cara alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba melakukan charging HP android. Pada saat layar muncul logo HP sedang dichage, selanjutnya kamu klik tombol Volume Down secara berulangulang. Nantinya akan muncul tampilan dilayar seperti factory reset. Untuk melanjutkan kamu bisa pilih opsi Reboot Now. Secara otomatis HP akan melakukan restart dan akan menuju layar menu utama HP.

4. Menggunakan Tombol Volume Up dan Volume Down

Selain menggunakan tombol Power dan Home, menghidupkan HP android juga bisa dilakukan dengan menggunakan Volume Up dan Down. Untuk melakukan cara ini pastikan HP dalam keadaan hidup dan bisa kamu gunakan seperti biasa. Cara ini hanya menjadi alternatif jika memang HP mati dan tombol power tidak berfungsi.

Adapun langkah-langkah menggunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk menghidupkan HP android, yakni:

  • Langkah pertama kamu install aplikasi bernama Power Button to Volume Button melalui Google Play Store.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan awal, kamu klik opsi Enable/Disable Volume Power untuk mengaktifkan fungsi tombol Volume seperti tombol Power. Pastikan ikon pada opsi tersebut menyala.
  • Selain itu, kamu beri tanda centang pada opsi yang ada di bawahnya yakni Boot dan Screen Off. Ini berfungsi untuk memaksimalkan peran tombol Volume sebagai tombol Power.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu lakukan restart HP android.
  • Sekarang kamu sudah bisa menghidupkan HP android yang mati dengan menggunakan tombol Volume.

Sangat mudah bukan cara mengubah tombol Volume menjadi tombol Power? Jika kamu ingin mematikan layar, pada layar utama cukup usap ke bawah kamudian klik pada opsi Turn off screen yang ada di bagian notif bar.

5. Menggunakan Perangkat PC atau Laptop

Cara terakhir untuk menghidupkan HP dalam keadaan mati dan tombol power tidak berfungsi yakni dengan memanfaatkan perangkat PC atau laptop. Hanya saja, perangkat PC atau laptop yang ingin kamu gunakan harus sudah didukung dengan Minimal ADB dan Fastboot. Selain itu, pada HP android juga harus mengaktifkan fitur USB debugging, di mana fitur ini bisa diakses melalui opsi Developer Option. Baca: Cara Mengaktifkan USB Debugging

Adapun langkah-langkah menghidupkan HP android mati dengan PC atau laptop, yakni:

  • Langkah pertama kamu install Minimal ADB dan Fastboot di PC atau laptop melalui Link Ini.
  • Selanjutnya, pada HP android kamu masuk ke mode Bootloader atau fastboot dengan cara tekan tombol Volume Down dan hubungkan HP dengan PC atau laptop menggunakan kable USB. Lakukan cara ini hingga muncul tampilan fastboot di layar HP.
  • Jika sudah, jalankan Minimal ADB dan Fastboot di PC atau laptop. Untuk memastikan HP sudah terhubung atau belum, kamu tinggal ketikkan perintah “adb devices”.
  • Selanjutnya ketik perintah “fastboot reboot” untuk melakukan restart HP android.
  • Secara otomatis HP android akan melakukan restart dan menampilkan layar menu utama. Sekarang kamu bisa mengoperasikan HP android seperti biasanya.

Itulah tadi beberapa cara menghidupkan HP android selain dengan tombol power yang bisa kamu coba terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.