5 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang Xiaomi

887
5 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang Xiaomi
5 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang Xiaomi

5 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang Xiaomi Mempunyai sebuah smartphone dengan performa tinggi dan tidak lemot merupakan keinginan setiap orang saat ini. Sudah banyak hadir beragam varian smartphone Android yang mengusung spesifikasi tinggi seperti smartphone dari brand Xiaomi. Yang mana semakin tinggi spesifikasi pada smartphone tersebut, maka kinerja yang di hasilkan pun akan semakin baik terutama dalam menjalankan aplikasi yang berat. Seperti game contohnya, semakin tinggi spesifikasi HP maka akan mendapatkan kualitas gambar yang terbaik pula. Begitu juga dengan aplikasi edit video pada smartphone, maka proses render akan semakin cepat berjalan.

5 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang Xiaomi

Akan tetapi, walaupun spesifikasi suatu ponsel pintar sudah sangat tinggi sekalipun, tak jarang ia akan mengalami masalah yang dapat menghambat kinerjanya. Salah satu permasalahan yang sering di jumpai pada smartphone adalah, daya baterai yang kurang awet atau tidak bertahan lama dari sebelumnya. Hal ini merupakan masalah yang seringkali di keluhkan oleh sebagian orang di berbagai brand HP termasuk Xiaomi. Tapi tidak perlu khawatir, karena terdapat cara yang bisa mengatasi masalah ini. Penyebab terjadinya baterai HP yang boros ini biasanya terjadi di karenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Baca Juga:

Pada berjalannya kinerja suatu aplikasi sendiri memiliki 2 macam. Yang pertama, aplikasi yang berjalan saat ia sedang di buka saja. Dalam kata lain, setelah aplikasinya tertutup maka ia tidak akan berhenti total tidak lagi memakai kinerja HP. Yang kedua adalah, aplikasi yang setelah di buka, ia masih akan bekerja setelah di tutup. Ya walaupun kinerja HP yang ia gunakan tidak sekuat ketika sedang di buka, tapi bayangkan kalau jenis aplikasi ini banyak terinstall di HP anda. Maka tentu saja hal tersebut dapat berakibat pada daya baterai menjadi cepat boros, HP terasa lebih panas, kuota internet berkurang sendiri dan lain-lain.

5 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang Xiaomi

Mungkin kalian ada yang bertanya-nya apakah bisa menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang terutama pada HP Xiaomi? Tentu jawabannya bisa. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas 5 cara menghentikan aplikasi berjalan pada latar belakang xiaomi. Untuk melakukannya sendiri sangat lah mudah, kalian cukup membaca petunjuknya secara seksama sembaru mempraktikannya kepada HP milikmu.

1. Paksa Berhenti Aplikasi Melalui Pengaturan

Cara pertama yang akan kita bahas yaitu cara umum yang bisa di gunakan pada banyak jenis aplikasi ya pada smartphone Xiaomi. Akan tetapi, ada beberapa aplikasi tertentu yang jelas tidak bisa di hentikan dengan memakai cara ini ya. Tapi tenang, karena aplikasi yang tidak dapat kita force close melalui cara ini nantinya di bawah akan kita bahas lagi melalui metode lain. Cara pertama ini sendiri sangat mudah di lakukan, saya yakin dapat di praktikkan oleh semua kalangan, baik itu anak-anak sampai orang dewasa. Sebab, untuk langkah-langkahnya juga sangat mudah yang mana kita akan memanfaatkan fiturnya yang ada pada pengaturan ponsel.

Tanpa berbasa-basi lagi yuk simak langkah-langkahnya berikut ini ya:

  1. Pertama buka Pengaturan atau Setelan pada smartphone Xiaomi milik anda
  2. Selanjutnya scroll sedikit ke bagian bawah dan temukan menu Aplikasi Terinstall, langsung klik saja untuk membukanya
  3. Lalu silahkan kamu pilih aplikasi apa yang mau di berhentikan paksa kinerjanya
  4. Setelah memilih aplikasi tadi langsung saja tekan tombol Berhenti.

2. Membatasi Kinerja Aplikasi di Latar Belakang

Adapun cara yang dapat kamu lakukan jika tidak mau memberhentikan total kinerja dari aplikasi tersebut. Bisa menggunakan cara yang satu ini, yakni dengan melakukan pembatasan performa aplikasi di latar belakang. Yang tentunya cara ini juga sangat efisien untuk mencegah baterai HP cepat habis dari kinerja yang di butuhkan oleh sebagian aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Bagi kalian yang sudah penasaran ingin mempraktikkan cara ini. Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Terlebih dulu kita buka Pengaturan atau Setelan pada smartphone
  2. Scroll sedikit ke bagian bawah dan tekan menu Baterai & Performa
  3. Kemudian tekan opsi Kelola Penggunaan Baterai Apl
  4. Nah di sini kita tekan tombol Hidup, tekan menu Pilih Apl, dan terakhir klik Batasi Apl Latar Belakang

Cara ini tentunya sangat gampang untuk di lakukan ya. Tapi ia memiliki kelemahan yang mana mengharuskan kita untuk melakukannya secara manual untuk menghentikan aplikasi di background.

3. Menghentikan Paksa Sinkonisasi Email

Kalau sebelumnya anda mengaktifkan fitur email yang satu ini, maka secara otomatis hal itu juga akan mengaktifkan beberapa fitur serta aplikasi tertentu lainnya. Oleh karena itu, terdapat sejumlah aplikasi yang berjalan pada background ponsel pintar anda setelah mengatifkan fitur sinkronisasi email tersebut. Sehingga akan mengakibatkan baterai menjadi cukup boros dan mempengaruhi performa HP ketika berman game atau membuka aplikasi berat lainnya.

Tapi sekarang tak perlu khawatir, sebab kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara menghentikan fitur sinkronisasi email tersebut. Langsung saja simak petunjuknya di bawah ini:

  1. Terlebih dulu buka Pengaturan pada perangkat handphone anda
  2. Gulir sedikit ke bagian bawah dan tekan menu Akun Google
  3. Selanjutnya pilih menu Akun dan kemudian hilangkan lah semua tanda centang yang muncul pada menu tersebut
  4. Selesai, kamu sudah berhasil memberhentikan sinkronisasi email pada smartphone.

4. Menggunakan Aplikasi Advanced Task Manager

Pada cara yang ke empat ini kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam menghentikan proses kinerja suatu aplikasi pada latar belakang HP. Dalam langkah ini kita akan memanfaatkan layanan dari aplikasi bernama Advanced Task Manager yang bisa kamu unduh secara gratis dari Google Play Store. Untuk cara penggunaannya sendiri sangat lah mudah, saya yakin kalian akan dapat mempraktikkannya secara baik.

Yuk simak langkah-langkah penggunaan dari aplikasi Advanced Task Manager berikut ini:

  1. Pertama silahkan unduh dan download aplikasi Advanced Task Manager disini
  2. Setelah itu buka aplikasinya tadi
  3. Kemudian langsung saja anda cari aplikasi yang mau di berhentikan
  4. Selanjutnya tekan menu Boost dan selesai.

5. Melalui Opsi Pengembang

Cara yang terakhir ini sendiri cukup ampuh dalam menghentikan aplikasi di latar belakang HP. Maka dari itu ikuti petunjuknya nanti dengan seksama, karena untuk langkahnya sendiri memang akan sedikit ribet ketimbang keempat cara sebelumnya. Tapi tenang, kali ini kita tidak akan menggunakan aplikasi lagi, melainkan memang fitur yang sebelumnya sudah tersedia di pengaturan HP.

Mari ikuti langkah-langkahnya berikut ini ya:

  1. Masuk ke Pengaturan pada HP
  2. Gulir ke bagian bawah dan tekan Opsi Pengembang. Jika menu ini tidak ada, maka sebelumnya aktifkan terlebih dulu dengan cara masuk ke menu About Phone, dan tap sebanyak 7x pada tombol MIUI Version
  3. Setelah berhasil masukke Opsi Pengembang. Selanjutnya scroll ke bagian bawah dan tekan Background Process Limit
  4. Nah, di sini anda pilih jumlah beberapa aplikasi yang di perbolehkan bekerja di latar belakang. Contoh jika anda memilih 2, maka aplikasi yang bisa berjalan di latar belakang cuma di batasi 2 aplikasi saja.

Penutup

Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini pada artikel kita yang berjudul 5 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Pada Latar Belakang Xiaomi. Jangan lupa untuk share artikel kita ya, sampai jumpa dan terimkasih.

Artikel SebelumnyaCara Share Link Akun Instagram di HP Android
Artikel Selanjutnya5 Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam HP Xiaomi
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini