Cara Menghemat Baterai Saat Mudik Supaya Tahan Seharian

Cara Menghemat Baterai Saat Mudik – Mudik menjadi tradisi tahunan di Indonesia, dimana semua orang yang bekerja di luar kota atau bahkan luar negeri pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari kemenangan. Perjalanan mudik terasa cukup membosankan, apalagi kamu pulang mudiknya seorang diri. Beberapa orang mungkin akan mengalihkan rasa bosan tersebut dengan main HP. Entah itu browsing di internet, main game atau aktivitas mobile lainnya.

Cara Menghemat Baterai Saat Mudik
Cara Menghemat Baterai Saat Mudik

Aktivitas bermobile yang cukup intens tersebut membuat baterai smartphone cepat habis. Apalagi untuk smartphone android dengan kapasitas baterai tidak terlalu besar, akan semakin cepat habis tentunya. Jika ini terjadi, bisa-bisa kamu tidak bisa memberi kabar keluarga di rumah kalau kamu sudah sampai di mana.

Baca Juga:

Ada cara menghemat baterai saat mudik yang bisa kamu terapkan supaya baterai HP bisa tahan seharian. Enggak perlu Power Bank, kamu bisa membuat baterai HP hemat dengan lebih mudah dan efisien.

Cara Menghemat Baterai Saat Mudik Agar Tahan Seharian

Cara Menghemat Baterai Saat Mudik

Menghemat baterai android saat mudik sangat penting dilakukan. Apalagi jika perjalanan mudik yang harus ditempuh membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apapun bisa terjadi selama perjalanan, pernanan HP android cukup penting dalam perjalanan. Adapun cara menghemat baterai saat mudik agar tahan lama tersebut, antara lain:

1. Jangan gunakan untuk main game online

Cara menghemat baterai saat mudik supaya tahan lama yang pertama adalah dengan menghindari main game online selama perjalanan. Seperti yang kita tahu, main game online android akan lebih cepat menguras daya baterai smartphone. Ini karena selain kinerja smartphone yang terus diforsir, ditambah pula dengan data seluler yang dihidupkan juga semakin mempercepat penggunaan daya baterai.

Jangankan main game online, game offline pun bisa membuat daya baterai terkuras cepat. Daya baterai semakin cepat habis jika game yang kamu mainkan mengusung grafis yang tinggi.  Hindari kebiasaan ini saat perjalanan mudik agar baterai HP tidak cepat habis.

2. Memutar musik secara offline

Saat perjalanan mudik, selain main game sebagian besar orang akan mencoba mendengarkan musik guna untuk menghilangkan bosan. Di era modern seperti sekarang ini memungkinkan kita mendengarkan musik secara online melalui aplikasi khusus, seperti JOOX, Spotify, dan masih banyak lagi.

Menggunakan aplikasi streaming musik online seperti ini membuatmu tidak perlu menyimpan musik di memori. Tetapi ternyata kebiasaan ini justru akan menguras daya baterai dengan cepat. Solusi terbaiknya adalah memilih untuk memutar musik secara offline. Beberapa aplikasi streaming musik menyediakan fitur unduh musik offline yang memungkinkan penggunanya memutar tanpa koneksi internet.

3. Menon-aktifkan data seluler

Cara menghemat baterai saat mudik supaya tahan dalam waktu seharian berikutnya adalah dengan mematikan paket data atau data seluler. Seperti yang kita tahu, penggunaan data seluler akan membuat daya baterai semakin terkuras dengan cepat. Aplagi kamu mengaktifkan jaringan 4G yang dikenal lebih cepat dalam menguras daya baterai. Atau juga jika di daerahmu sinyal operator tidak terlalu kuat. Ini akan membuat HP lebih keras dalam mencari sinyal agar lebih stabil, baterai HP akan semakin cepat habis.

Sebaiknya hidupkan data seluler jika dibutuhkan saja. Ini akan membuat daya baterai HP lebih hemat dibandingkan terus dihidupkan.

4. Mengaktifkan fitur battery saver

Fitur battery saver khusus dihadirkan di OS Android terbaru yang memungkinkan kamu menghemat daya baterai HP android. Fitur satu ini memang cukup ampuh untuk menghemat daya baterai saat perjalanan mudik. Aktifkan fitur tersebut dengan cara masuk ke menu Setting >> pilih opsi battery >> dan aktifkan Battery Saver.

Mengaktifkan fitur satu ini akan membuat baterai HP bisa bertahan dalam waktu lebih lama. Tetapi perlu kamu tahu, fitur satu ini akan membatasi beberapa opsi di android, mulai dari layar yang berganti warna hitam, ikon yang lebih sederhana dan lain sebagainya.

5. Memastikan suhu HP tetap stabil

HP android yang panas akan membuat baterai cepat habis. Karena itulah, penting untuk kamu menjaga suhu HP agar tetap dingin dan stabil. Pastikan suhu HP tetap normal di kisaran angka 16 hingga 20 derajat celcius. Jika sudah lebih dari angka tersebut maka akan membuat baterainya cepat habis. Bahkan juga bisa membuat HP rusak jika suhunya lebih dari 35 derajat celcius.

Untuk menjaga suhu HP yakni dengan menaruhnya di tempat yang sejuk dan menghindarinya terpapar oleh sinar matahari. Jika ingin menaruhnya di dalam tas, pastikan kamu menon-aktifkan data seluler atau dengan mematikan HP.

6. Menonaktifkan semua layanan

Cara menghemat baterai HP saat mudik selanjutnya adalah dengan menonaktifkan semua layanan, seperti GPS, NFC, hingga Bluetooth. Selain itu, tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang agar daya baterai semakin hemat. Kamu juga bisa mengaktifkan Mode Airplane yang mana ini akan mencekal HP terus mencari sinyal terbaik. Seperti yang kita tahu, hal ini akan membuat baterai cepat terkuras habis.

Atau juga jika kamu mengaktifkan fitur Auto-Brightness, dimana ini akan membuat daya baterai cepat habis.

7. Memanfaatkan aplikasi penghemat baterai

Dan cara menghemat baterai saat mudik yang terakhir adalah dengan menginstall aplikasi pihak ketiga yakni aplikasi penghemat baterai. Ada banyak sekali pilihan aplikasi penghemat baterai yang bisa kamu gunakan. Salah satu aplikasi penghemat baterai yang bisa kamu gunakan yakni Greenify. Aplikasi ini memang diklaim sangat ampuh dalam menjaga baterai agar tetap hemat.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menghemat baterai saat mudik supaya bisa tahan hingga waktu seharian. Jangan lupa share ke akun media sosial kamu agar juga bermanfaat untuk orang lain.