3 Cara Menghapus Virus dan Malware di Android

Cara Menghapus Virus dan Malware di Android – HP android merupakan salah satu perangkat gadget yang paling banyak diminati sekarang ini. Pasalnya, hampir semua orang pasti memiliki HP android, mulai dari kalangan atas hingga kalangan bawah sekalipun. Tidak heran karena persaingan harga dari beberapa vendor membuat banyak orang lebih mudah menjangkau harga yang ditentukan untuk sebuah smartphone.

Cara Menghapus Virus dan Malware di Android

Selain harga, alasan banyak orang yang tertarik dengan HP android lainnya adalah karena kebebasan pengguna menginstall berbagai aplikasi di dalamnya. Beragam aplikasi sudah disediakan di Google Play Store dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Melalui HP android juga pengguna bisa melakukan streaming video, musik hingga mengakses berbagai situs dengan mudah.

Baca Juga:

Tetapi sayangnya, salah satu kelemahan dari HP android adalah soal keamanannya. Tidak jarang HP android terserang virus atau malware. Bahkan beberapa kasus, hacker juga bisa mencuri data pengguna dengan mudah melalui malware yang disisipkannya. Lantas, bagaimana cara menghapus virus dan malware di android tersebut? Selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Menghapus Virus dan Malware di Android Paling Ampuh

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk bisa menghapus virus atau malware yang bersarang di dalam HP android. Tetapi, mungkin beberapa dari kalian masih bingung bagaimana untuk melakukannya, apalagi bagi yang masih pemula. Tenang saja, pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan cara menghapus virus dan malware di android yang paling efektif.

Berbicara mengenai virus atau malware ini sendiri, jika dibiarkan maka bisa mengakibatkan kerusakan pada HP android. Kerusakan bisa terjadi terhadap sistem maupun komponen fisik HP android. Selain itu, virus atau malware juga memperbesar kemungkinan data penting di HP dicuri oleh hacker. Di era modern sekarang ini, hacker bisa menyusupkan suatu virus atau malware tertentu di website atau sebuah aplikasi. Ketika pengguna mengakses situs atau menginstall aplikasi tersebut, maka hacker bisa dengan leluasa melakukan apapun, termasuk mencuri data penting kamu.

Sangat berbahaya memang jika hal ini dialami oleh pengguna. Karena itulah, penting untuk menjaga HP android agar terbebas dari serangan virus atau malware. Adapun cara menghapus virus dan malware di android paling ampuh, di antaranya:

1. Menginstall Aplikasi Antivirus Android

Cara paling ampuh untuk mengatasi atau menghapus virus dan malware di android adalah dengan menginstall aplikasi antivirus. Sekarang ini sudah ada banyak sekali aplikasi antivirus yang memang dihadirkan khusus untuk sistem operasi android. Sama seperti di PC atau laptop, antivirus ini akan secara real-time membersihkan serta menghalau virus yang mencoba menyusup ke sistem android.

Mengenai aplikasi antivirus di android memang banyak disediakan dalam versi free. Tetapi biasanya versi free atau gratis ini fiturnya kurang lengkap, sehingga kurang maksimal dalam membersihkan virus atau malware. Karena itulah, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi antivirus versi PRO atau berbayar. Adapun beberapa rekomendasi aplikasi antivirus di HP android, antara lain:

  • Avast Mobile Security & Antivirus. Selain hadir untuk versi PC, aplikasi ini juga hadir dengan versi mobile. Virus dan malware di android akan dibersihkan hingga tidak bersisa. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengamankan email dari situs yang terjangkit virus, pishing dan lain sebagainya. Jika kamu mencari aplikasi antivirus yang punya tugas real-time, Avast ini bisa dijadikan pilihan terbaiknya.
  • Avira Antivirus Security. Selain Avast, Avira juga menjadi salah satu antivirus paling populer, baik itu di platform PC maupun android. Tidak hanya bisa menghapus virus dan malware, aplikasi satu ini juga memiliki kemampuan mengamankan data penting di smartphone seperti email, kontak, foto, nomor kartu kredit dan lain sebagainya.
  • McAfee Mobile Security & Lock. Hadir dengan dua versi yakni versi free dan pro, aplikasi satu ini memiliki kemampuan mengamankan data dari pencurian, mengamankan jaringan, kunci keamanan, membersihkan memori, mengoptimalkan baterai dan lain sebagainya.
  • Bitdefender Antivirus Free. Aplikasi satu ini akan memberikan perlindungan secara real-time terhadap HP android. Fitur di dalamnya juga sangat lengkap, di mana aplikasi ini juga akan mengamankan HP android dari berbagai ancaman.

2. Memanfaatkan Fitur Keamanan Default

Beberapa vendor saat ini mulai memperhatikan keamanan pengguna dengan menghadirkan fitur keamanan khusus di smartphone besutannya. Misalnya saja vendor Xiaomi, di mana mereka sudah menghadirkan fitur keamanan khusus yang diberi nama Security. Aplikasi ini bertujuan untuk mengamankan data pengguna di dalam smartphonenya dari serangan virus dan malware yang berbahaya.

Selain Xiaomi, vendor Asus ternyata juga melakukan hal yang hampir sama yakni menghadirkan aplikasi keamanan khusus. Dihadirkannya fitur tersebut tentu untuk membuat pengguna tidak lagi cemas akan serangan virus dan malware yang mungkin saja menyerang.

3. Masuk ke Safe Mode Android

Di dalam HP android tersedia pula yang namanya Safe Mode layaknya di PC atau laptop. Melalui Safe Mode android, kamu bisa melakukan penghapusan virus atau malware yang mencoba menyusup ke dalam sistem. Cara ini dianggap paling efektif dan mudah untuk dilakukan, sehingga pemula pun bisa melakukannya. Untuk masuk ke Safe Mode android sendiri berbeda-beda di setiap perangkat.

Tetapi, jika kamu sudah melakukan root pada HP androidmu, maka cara masuk ke safe mode akan lebih mudah. Salah satunya melalui aplikasi bernama Quick Reboot besutan StoreVN. Dari aplikasi tersebut nantinya kamu bisa mencari aplikasi mencurigakan yang kamu rasa tidak pernah menginstall sebelumnya.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menghapus virus dan malware di android paling mudah dan efektif. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.