Cara Menghapus Video Telegram di HP Android

Cara Menghapus Video Telegram – Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting online paling aman saat ini. Pasalnya, Telegram menggunakan enkripsi end-to-end yang membuat jalur pesan tidak bisa ditembus oleh pihak lain, bahkan oleh Telegram itu sendiri. Yang bisa mengetahui isi chat hanya pengirim dan penerima pesan itu sendiri, tidak akan ada orang lain yang tahu. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih aplikasi Telegram dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Terlebih lagi Telegram bisa digunakan secara gratis dan mudah dalam penggunaannya.

Cara Menghapus Video Telegram
Cara Menghapus Video Telegram

Di Telegram kita tidak hanya bisa mengirim chat berbasis teks saja, melainkan juga bisa mengirimkan file media. Mulai dari mengirim foto, video, musik, APK dan berbagai jenis file lainnya. Bahkan di Telegram kita juga memungkinkan untuk melakukan panggilan video, baik secara single maupun grup. Untuk melakukan panggilan video berbasis grup, kita memungkinkan untuk terhubung langsung dengan pengguna hingga 1.000 orang sekaligus. Luar biasa sekali, bukan?

Baca Juga:

Berbicara mengenai file media yang dikirim dan diterima dari Telegram, biasanya file media tersebut secara otomatis akan langsung tersimpan di memori internal. Lebih tepatnya file media ini akan tersimpan di folder Media pada instalasi Telegram. Terkadang kita sebagai pengguna agak resah terhadap fitur penyimpanan otomatis dari Telegram ini, khususnya untuk penyimpanan file video. Kamu ingin menghapus file video tersimpan di Telegram tersebut, akan tetapi tidak tahu caranya. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menghapus video Telegram yang tersimpan otomatis tersebut. Berikut ini informasi selengkapnya bisa kalian simak!

Cara Menghapus Video Telegram di HP Android

Cara Delete Video Telegram
Cara Delete Video Telegram

Di Telegram disediakan fitur yang memungkinkan perangkat melakukan pengunduhan otomatis pada file media yang diterima di dalamnya, khususnya untuk file video. Biasanya fitur ini akan diaktifkan secara default sehingga kamu tidak perlu mengaturnya secara manual. Tapi sayangnya, fitur ini terkadang sering membuat memori internal cepat penuh karena file video berukuran besar kerap tersimpan secara otomatis di memori.

Untuk mencegahnya, kamu perlu menonaktifkan fitur pengunduhan media secara otomatis ini di Telegram. Setelah itu, kamu juga harus menghapus file video yang sebelumnya sudah terdownload dan tersimpan di memori internal. Mengenai cara menghapus video Telegram dan mematikan fitur pengunduhan otomatis tersebut, yakni sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram seperti biasa di smartphone android.
  2. Pada tampilan utama Telegram, kamu klik ikon Tiga Garis yang ada di pojok kiri atas tampilan. Kemudian pilih menu Pengaturan atau Settings.
  3. Selanjutnya masuk ke opsi Data dan Penyimpanan atau Data and Storage.
  4. Kamu cari opsi Unduh Media Otomatis, kemudian matikan fitur tersebut dengan menggeser toogle yang ada di sebelahnya.
  5. Setelah berhasil dinonaktifkan, sekarang lanjut mengatur durasi penyimpanan file media di Telegram. Fitur ini akan menghapus file media secara otomatis di Telegram sesuai durasi penyimpanan yang telah dipilih. Untuk mengaturnya kamu pilih opsi Pemakaian Penyimpanan yang ada di bagian atas.
  6. Selanjutnya aktifkan opsi tersebut dengan menggeser toogle-nya. Kemudian kamu pilih durasi atau lama waktu penyimpanan file media di Telegram, baik itu 3 hari, 1 minggu, 1 bulan atau selamanya. Agar file terhapus secara otomatis dalam waktu singkat, kamu pilih durasi penyimpanan file media selama 3 hari.
  7. Sekarang lanjut menghapus file media atau video Telegram yang sudah terlanjur tersimpan. Caranya dengan klik pada opsi Bersihkan Cache atau Clear Telegram Cache yang ada di bagian paling bawah.
  8. Dengan cara ini video di Telegram yang sudah tersimpan akan langsung dihapus secara permanen. Dan video yang baru akan disimpan di masa mendatang, nantinya akan dihapus secara otomatis setelah melewati waktu atau durasi penyimpanan yang telah ditentukan tadi.
  9. Selesai.

Catatan: Cara menghapus file video di Telegram ini sudah bisa kamu terapkan di aplikasi Telegram versi terbaru. Untuk Telegram versi lama kemungkinan sama, tetapi letak menunya terkadang agak berbeda.

Cara Lain Menghapus File Video di Telegram

Selain cara di atas, ada alternatif lainnya yang bisa kamu terapkan untuk menghapus file video yang diterima di Telegram. Cara ini juga terbilang sangat mudah diterapkan dan bisa kamu lakukan di waktu kepepet. Misalnya saja saat HP akan dipinjam oleh seseorang atau pasangan, kamu bisa langsung menghapus video Telegram dengan cara ini agar tidak ketahuan.

Setidaknya ada 2 metode penghapusan cepat video Telegram yang bisa diterapkan, di antaranya:

1. Hapus Video Telegram via Penyimpanan Internal

Cara ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu penyimpanan internal di HP android. Kamu bisa mengaksesnya melalui menu Pengelola Berkas atau aplikasi File Manager lain yang bisa diunduh melalui Google Playstore. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengelola Berkas di smartphone android. Bisa dengan menggunakan menu File Saya atau aplikasi pihak ketiga yang didownload melalui Google Playstore. Misalnya saja aplikasi bernama EZ File Explorer.
  • Selanjutnya kamu masuk ke folder Telegram.
  • Kemudian cari dan pilih folder Media.
  • Masuk lagi ke folder Video, dan tinggal kamu hapus video yang sudah tersimpan di dalamnya. Caranya tekan dan tahan pada video untuk menandai, kemudan klik tombol Hapus.
  • Selesai.

2. Hapus Video Telegram via Pengaturan

Cara yang kedua ini juga tidak kalah mudahnya untuk kamu terapkan. Di sini kamu bisa memanfaatkan fitur Hapus Cache dan Hapus Data aplikasi yang disediakan di menu Pengaturan Aplikasi Terinstall. Cara menerapkannya pun sangat mudah dan tidak butuh step-step yang panjang. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP android.
  • Kemudian masuk ke opsi Aplikasi.
  • Kamu cari dan pilih aplikasi Telegram.
  • Kemudian masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Klik pada tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Kemudian lanjutkan dengan klik Hapus Data.
  • Selesai.

Menerapkan cara ini akan membuat semua data di aplikasi Telegram akan terhapus, termasuk pengaturan dan data loginnya. Kamu perlu login ulang jika ingin menjalankan aplikasi Telegram tersebut.

Penutup

Itulah tadi cara menghapus video Telegram di smartphone android yang paling mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share inforamsi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini