Cara Menghapus Stiker WhatsApp di HP Android

29
Cara Menghapus Stiker WhatsApp
Cara Menghapus Stiker WhatsApp

Cara Menghapus Stiker WhatsApp – Chattingan di WhatsApp lebih banyak dipilih karena kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakannya. Berbeda dengan layanan SMS, mengirim pesan di WhatsApp tidak membutuhkan pulsa. Pengguna hanya perlu menghubungkan perangkat smartphonenya ke jaringan internet, maka ia bisa chattingan sepuasnya melalui WhatsApp. Pesan yang dikirim bukan hanya dalam bentuk teks saja, melainkan juga bisa mengirim pesan suara, file media, hingga share lokasi. Inilah yang menjadi daya tarik lain dari aplikasi WhatsApp bagi pengguna.

Cara Menghapus Stiker WhatsApp
Cara Menghapus Stiker WhatsApp

Chattingan di WhatsApp semakin seru dengan adanya fitur stiker, yang mana stiker ini akan menjadi sarana untuk mengekspresikan diri saat chattingan. Stiker WA sudah disediakan di dalam aplikasi WhatsApp. Kamu bisa menemukannya di toko stiker WhatsApp, kemudian download dan pasang stiker tersebut di aplikasi WhatsApp pribadi. Selain stiker yang disediakan oleh WhatsApp, kita sebagai pengguna juga memungkinkan untuk menambahkan stiker sendiri. Baik itu stiker yang didapat dari kiriman teman atau membuat stiker WA sendiri menggunakan foto selfie.

Baca Juga:

Berbicara mengenai stiker WhatsApp, terkadang kita bosan dengan stiker tertentu sehingga ingin menghapusnya dari aplikasi tersebut. Menghapus stiker WA ini sendiri tentunya sangat mudah dilakukan, bahkan tidak membutuhkan langkah-langkah yang panjang. Meskipun terbilang mudah, sayangnya tidak jarang pengguna WhatsApp yang tahu cara untuk menghapus stiker di akun WhatsApp tersebut. Apakah kamu salah satunya? Jika benar, kamu wajib membaca ulasan di bawah ini mengenai cara menghapus stiker WhatsApp di smartphone android.

Cara Menghapus Stiker WhatsApp di HP Android

Cara Menghapus Stiker WA
Cara Menghapus Stiker WA

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus stiker yang sebelumnya sudah dipasang di WhatsApp. Cara-cara tersebut bisa kamu sesuaikan dengan pemasangan stiker WA yang dilakukan sebelumnya. Yang pasti, semua cara yang diberikan ini sangat mudah untuk diterapkan. Adapun cara menghapus stiker WhatsApp di HP android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Stiker WA Langsung dari Aplikasi

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika sebelumnya kamu menambahkan stiker WhatsApp dari toko stiker di WA. Bisa dibilang ini merupakan stiker default dari WhatsApp yang disediakan secara gratis, ada pula beberapa yang bersifat premium. Untuk cara menghapusnya terbilang sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di perangkat HP android.
  2. Pada halaman Obrolan WhatsApp, kamu klik salah satu obrolan atau chat dengan temanmu.
  3. Pada bagian kolom mengetik pesan, kamu klik ikon Emoji yang ada di sebelah kirinya.
  4. Selanjutnya di bagian bawah tampilan emoji, kamu klik ikon Kotak dengan Lipatan di pojok kanan bawahnya. Lebih tepatnya berada di sebelah kanan ikon GIF.
  5. Kemudian kamu klik ikon Tambah (+) yang ada di pojok kanan atas kolom stiker atau di bawah ikon Microfon Pesan Suara.
  6. Maka kamu akan dibawa ke halaman Stiker, selanjutnya klik pada tab Stiker Saya.
  7. Di sana akan ditampilkan list stiker WhatsApp yang telah kamu pasang atau tambahkan sebelumnya. Untuk menghapusnya tinggal kamu pilih salah satu paket stiker yang ingin dihapus, kemudian klik ikon Tong Sampah yang ada di sebelah kanannya.
  8. Konfirmasi penghapusan paket stiker WA dengan pilih HAPUS.
  9. Selesai.

Kamu bisa menerapkan cara yang sama seperti di atas jika ingin menghapus paket stiker lain di WhatsAppmu.

2. Hapus Stiker WhatsApp di Favorit

Selain menyimpan stiker WhatsApp di halaman Stiker, kita sebagai pengguna juga bisa menyimpannya di halaman Favorit atau Favorite. Stiker yang bisa disimpan di halaman Favorit ini biasanya didapat dari kiriman teman di obrolan atau chat. Ketika teman mengirimi kita stiker, kita bisa menyimpan stiker tersebut dengan tekan dan tahan pada stiker lalu pilih opsi Tambahkan ke Favorit.

Selain menambahkan stiker, kamu juga bisa melakukan penghapusan stiker yang sudah tersimpan di menu Favorit tersebut. Untuk cara menghapusnya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP.
  2. Pada halaman Obrolan WhatsApp, kamu klik salah satu chat dengan teman.
  3. Selanjutnya klik ikon Emoji yang ada di sebelah kiri kolom pengetikan pesan.
  4. Pada halaman stiker yang ditampilkan, selanjutnya kamu klik ikon Kotak dengan Lipatan di Pojok Kanannya.
  5. Kemudian klik pada ikon Bintang atau Favorit. Maka di sana akan ditampilkan stiker yang sebelumnya telah kamu tambahkan ke favorit.
  6. Untuk menghapusnya, tinggal kamu tekan dan tahan pada stiker WA yang ingin dihapus. Kemudian klik tombol Hapus dan konfirmasi penghapusan.
  7. Selesai.

Cara yang sama bisa dilakukan jika kamu ingin menghapus stiker lain yang terdapat di halaman Favorit WhatsApp tersebut.

3. Hapus Stiker WA Lewat File Berkas

Semua data WhatsApp secara otomatis akan tersimpan di memori internal HP. Mulai dari foto atau video WhatsApp, file dokumen, pesan suara, hingga file stiker. Kamu bisa menemukan data WhatsApp ini dengan mengaksesnya di menu File Berkas atau File Manajer.

Stiker yang tersimpan di database WhatsApp juga memungkinkan untuk kamu akses dan menghapusnya jika perlu. Langkah-langkah untuk melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka File Manajer atau File Berkas.
  2. Kemudian masuk ke menu Penyimpanan Internal.
  3. Gulir ke bawah, kemudian klik pada folder WhatsApp.
  4. Selanjutnya klik pada folder Media, lalu masuk ke folder WhatsApp Stickers.
  5. Di sana kamu akan melihat list stiker WhatsApp yang kamu miliki. Baik itu stiker yang dikirim oleh teman, stiker dari grup WA, ataupun stiker yang disimpan di Favorit. Untuk menghapusnya, tinggal kamu tekan dan tahan pada salah satu stiker lalu pilih Hapus.
  6. Lalu konfirmasi penghapusan stiker dengan pilih Hapus File.
  7. Selesai.

Catatan: Untuk melakukan penghapusan banyak stiker sekaligus, caranya kamu tekan dan tahan salah satu file stiker hingga muncul beberapa opsi. Kemudian beri tanda centang pada stiker mana saja yang ingin dihapus. Lalu klik ikon Hapus untuk melakukan penghapusan.

4. Hapus Stiker WhatsApp dari Aplikasi Stiker

Sementara untuk cara yang terakhir ini bisa diterapkan jika kamu ingin menghapus stiker yang sebelumnya dipasang dari aplikasi stiker. Di Google Playstore memang ada banyak aplikasi stiker WhatsApp yang bisa digunakan secara gratis. Aplikasi tersebut akan diintegrasikan dengan akun WhatsApp, sehingga kamu bisa chattingan seru dengan menggunakan stiker yang disediakan di dalam aplikasi tersebut.

Untuk cara menghapus stiker WhatsApp dari aplikasi stiker ini terbilang sangat mudah. Caranya cukup dengan melakukan uninstall pada apliaksi tersebut. Caranya dengan tekan dan tahan pada ikon aplikasi Stiker di layar menu HP, lalu pilih Uninstall atau Hapus Instalasi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menghapus stiker WhatsApp di HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Mematikan Notifikasi FB di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Layar Mati WhatsApp Panggilan
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini