Cara Menghapus Daftar Blokir di WA Android

216
Cara Menghapus Daftar Blokir di WA
Cara Menghapus Daftar Blokir di WA

Cara Menghapus Daftar Blokir di WA – Untuk urusan chatting online, WhatsApp masih menjadi aplikasi pilihan utama bagi banyak orang. Penggunaannya yang gratis, kita hanya perlu mendownload dan menginstall aplikasi WhatsApp tersebut melalui Google Play Store atau App Store. Membuat akun di WhatsApp juga terbilang sangat mudah. Cukup dengan mendaftar menggunakan nomor HP yang aktif, kemudian lakukan aktivasi dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor yang dimasukkan tadi saat mendaftar. WhatsApp sudah siap untuk kita gunakan, hanya perlu mengaktifkan data seluler atau menyambungkan HP ke jaringan wifi agar WhatsApp bisa berfungsi maksimal.

Cara Menghapus Daftar Blokir di WA
Cara Menghapus Daftar Blokir di WA

Sebagai pengguna WhatsApp, kita dapat menyimpan nomor siapa pun di dalamnya dan mulai berkomunikasi melalui chat ataupun panggilan. Nomor yang ada di WhatsApp ini akan tersimpan di Buku Kontak pada HP. Jadi, sebenarnya kontak hanya bisa disimpan di aplikasi Kontak, kemudian aplikasi WhatsApp akan mengakses data di Kontak tersebut. Dalam hal ini, kita bisa melakukan pengeditan pada kontak WhatsApp melalui aplikasi Kontak di HP. Baik itu, dalam hal menghapus kontak yang sudah ada, membuat kontak baru, mengedit nama, mengubah nomor kontak dan lain sebagainya. Untuk itu, izin akses Kontak untuk aplikasi WhatsApp perlu diaktifkan agar data kontak dapat digunakan di WhatsApp.

Baca Juga:

Berbicara mengenai data kontak di WhatsApp, ada kalanya kita tidak ingin menerima chat atau panggilan dari nomor WA tertentu. Beruntungnya WhatsApp sudah menghadirkan fitur untuk memblokir nomor tertentu sehingga ia tidak dapat lagi melakukan panggilan atau mengirimkan chat. Kontak WhatsApp yang telah diblokir nantinya akan dimasukkan ke dalam daftar blokir WA. Dalam hal ini kita masih bisa mengelola data kontak WhatsApp yang sudah diblokir tersebut, termasuk untuk menghapusnya. Bagi kamu yang belum tahu, berikut cara menghapus daftar blokir di WA android yang mudah bisa kalian simak dan terapkan.

Cara Menghapus Daftar Blokir di WA Android

Menghapus daftar kontak diblokir di WhatsApp sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Akan tetapi, memang belum semua pengguna mengetahui cara ini. Alhasil mereka tetap tidak dapat menghapus daftar blokir di WhatsAppnya. Setidaknya ada 2 metode untuk penghapusan data kontak terblokir di WA ini. Yang pasti kedua metode tersebut sama mudahnya untuk dilakukan, bahkan bagi kalian yang masih awam.

Adapun cara menghapus daftar blokir di WA android yang mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Daftar Kontak Diblokir dengan Unblock

Cara yang paling mudah untuk menghapus kontak dari daftar blokir di WhatsApp yakni dengan unblock atau membuka blokirannya. Cara ini memang dapat mengosongkan daftar blokir di WhatsApp, akan tetapi cara ini juga akan membuat si pemilik kontak tersebut dapat berinteraksi lagi denganmu di WhatsApp. Termasuk mengirimkan chat, melakukan panggilan, melihat SW dan lain sebagainya.

Jika kamu tidak menganggap hal tersebut sebagai masalah, maka cara ini tentunya patut untuk diterapkan. Adapun cara menghapus daftar blokir di WA dengan unblock tersebut, yakni:

Hapus Daftar Kontak Diblokir dengan Unblock
Hapus Daftar Kontak Diblokir dengan Unblock
  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi WhatsApp di HP android.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik ikon Tiga Titik yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  3. Terdapat beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu pilih opsi Setelan atau Settings.
  4. Lanjutkan dengan klik pada opsi Privasi atau Privacy.
  5. Gulir ke bawah, nantinya kamu akan menemukan opsi Kontak Diblokir atau Blocked Contacts.
  6. Di sana kamu akan melihat daftar kontak yang telah kamu blokir. Tekan dan tahan pada salah satu kontak diblokir yang ingin kamu hilangkan atau hapus, kemudian pilih opsi Buka Blokir atau Unblock.
  7. Selesai.

Lakukan cara yang sama jika kamu ingin menghapus kontak lain dari halaman Daftar Kontak Diblokir tersebut. Perlu diingat, cara ini tidak akan menghapus kontak tersebut dari daftar kontak WhatsApp. Untuk menghapusnya, maka kamu perlu menghapus secara manual dari halaman Buku Kontak di HP.

2. Hapus Daftar Kontak Diblokir Lewat Aplikasi Kontak

Sementara untuk cara yang kedua ini dapat dipilih bagi kamu yang ingin menghapus kontak yang sudah diblokir di WhatsApp dari daftar kontak WA. Tidak seperti cara di atas, cara kedua ini akan membuat kontak yang dihapus tetap terblokir di WhatsApp. Sehingga nomor tersebut tetap tidak bisa berinteraksi denganmu di WhatsApp. Baik itu, dalam hal mengirim chat, melakukan panggilan suara dan panggilan video, melihat status WhatsApp, melihat info kontak dan lain sebagainya.

Untuk langkah-langkah menghapus kontak yang diblokir di WhatsApp tanpa membuka blokirnya tersebut, yakni:

Hapus Daftar Kontak Diblokir Lewat Aplikasi Kontak
Hapus Daftar Kontak Diblokir Lewat Aplikasi Kontak
  1. Langkah pertama kamu perlu melihat daftar kontak diblokir yang ingin kamu hapus. Caranya buka WhatsApp >> klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas >> Setelan >> Privasi >> Kontak Diblokir.
  2. Kamu catat nama kontak diblokir yang ingin kamu hapus dari daftar kontak WhatsApp.
  3. Jika sudah, sekarang kamu buka menu Kontak di HP androidmu.
  4. Pada halaman daftar kontak, kamu cari kontak yang diblokir sesuai daftar kontak yang sudah dicatat tadi.
  5. Jika sudah ketemu, sekarang kamu tekan dan tahan pada nama kontak tertsebut. Nantinya akan muncul beberapa opsi di sana, kamu pilih saja opsi Hapus Kontak.
  6. Atau jika tidak bisa, maka kamu klik dulu pada kontak diblokir yang ingin dihapus tersebut. Lalu klik ikon Tiga Titik di pojok kanan atas, kemudian pilih Hapus Kontak.
  7. Selesai.

Selanjutnya kamu lakukan cara yang sama untuk menghapus kontak diblokir di WhatsApp lainnya satu per satu. Dengan cara ini kontak yang diblokir di WhatsApp tadi akan dihapus dari daftar kontak WhatsApp tanpa harus membuka blokirnya. Dalam hal ini nomor tersebut tetap tidak dapat menghubungi kamu di WhatsApp.

Akan tetapi, menerapkan cara ini akan membuat nomor WhatsApp yang diblokir masih terlihat di halaman Daftar Kontak Diblokir di WhatsApp. Bedanya yang ditampilkan hanya nomor saja, tidak ada nama yang tertera seperti awal tadi.

Penutup

Itulah tadi cara menghapus daftar blokir di WA android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaKenapa Nama Kontak WA Tidak Bisa Diganti? Ini Cara Mengatasinya!
Artikel SelanjutnyaKenapa Info WA Teman Tidak Muncul? Ini Jawabannya!
Abdul Wafi
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini