Cara Menghapus Chat di Shopee Lewat HP Android

20
Cara Menghapus Chat di Shopee
Cara Menghapus Chat di Shopee

Cara Menghapus Chat di Shopee – Membeli barang kebutuhan sekarang lebih mudah dengan sistem online. Kita hanya perlu memesan produk yang dijual secara online, kemudian lakukan pembayaran sesuai jumlah yang tertera. Kemudian kita tinggal menunggu barang tersebut dikirim oleh penjual ke alamat yang kita masukkan sebelumnya melalui jasa ekspedisi yang dipilih saat pemesanan. Untuk lama pengirimannya sendiri tergantung banyaknya orderan dari penjual, jarak tempuh pengiriman, serta paket pengiriman yang dipilih. Belanja online semakin aman dan nyaman dengan adanya sistem return atau refund yang disediakan di marketplace.

Cara Menghapus Chat di Shopee
Cara Menghapus Chat di Shopee

Berbicara mengenai marketplace, saat ini memang sudah ada banyak pilihannya dan masing-masing punya daya tarik tersendiri bagi pengguna. Salah satunya adalah Shopee yang merupakan marketplace plat oranye yang cukup populer di Indonesia. Shopee banyak dipilih karena barang-barang yang dijual di sana terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan di marketplace lain. Selain itu, di dalamnya ada banyak penjual dengan beragam produk yang tentunya dibutuhkan oleh banyak orang. Pembeliannya semakin mudah dan nyaman dengan dihadirkan berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Baca Juga:

Saat ingin berbelanja di Shopee, biasanya pengguna mengirim pesan terlebih dahulu ke penjual untuk memastikan varian barang yang ingin dipesan tersedia atau tidak. Selain itu, melalui fitur chat ini kita juga bisa menanyakan hal lainnya untuk meyakinkan barang tersebut layak untuk dibeli. Di fitur chat juga biasanya ada banyak toko yang memanfaatkannya untuk mengirim pesan promosi atau diskon. Hal ini terkadang membuat riwayat chat menjadi banyak dan penuh. Lantas, bagaimana cara menghapus chat di Shopee yang penuh tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Alasan Kenapa Ingin Menghapus Chat di Akun Shopee

Baik penjual maupun pembeli, ketika riwayat chat di akun Shopee miliknya sudah sangat banyak maka penghapusan akan dilakukan. Sayangnya tidak jarang pengguna yang belum tahu cara untuk menghapus beberapa atau semua chat di akun Shopee-nya tersebut. Meghapusnya sendiri, ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya, antara lain:

  • Riwayat chat sudah terlalu banyak.
  • Mengurangi resource atau kapasitas aplikasi agar tidak membuat HP lemot.
  • Chat sudah tidak penting dan terselesaikan.
  • Menghapus chat yang berupa chat promosi dari akun toko.
  • Menghindari chat penting tenggelam yang membuatnya sulit untuk ditemukan.

Selain beberapa alasan di atas, mungkin sebagian dari kalian memiliki alasan tersendiri untuk melakukan penghapusan chat di Shopee tersebut.

Cara Menghapus Chat di Shopee Lewat HP Android

Cara Delete Chat di Shopee
Cara Delete Chat di Shopee

Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghapus riwayat chat yang ada di akun Shopee. Kedua cara tersebut semuanya bisa kamu lakukan melalui perangkat smartphone android khususnya. Adapun cara menghapus chat di Shopee melalui HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Hapus Chat di Shopee via Aplikasi

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika kamu lebih sering mengakses Shopee melalui aplikasi yang ada di HP. Cara penghapusannya sendiri terbilang sangat mudah dan tidak butuh langkah-langkah yang panjang. Untuk langkah-langkah hapus pesan di Shopee melalui aplikasi tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Shopee di perangkat smartphone android. Pastikan kamu sudah login ke akun Shopee yang ingin hapus pesan atau chat di dalamnya.
  2. Pada halaman utama Shopee, kamu klik ikon Chat yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan. Maka kamu akan langsung dibawa ke halaman daftar chat Shopee.
  3. Sekarang kamu cari riwayat chat yang ingin dihapus permanen dari akun Shopee. Pada chat tersebut, kamu ketuk dan tahan selama beberapa detik hingga muncul notifikasi pop up di layar.
  4. Akan muncul 2 opsi di layar pop up tersebut, selanjutnya kamu klik pada opsi Hapus atau Delete untuk menghapusnya.
  5. Kemudian lakukan konfirmasi penghapusan chat dengan cara klik tombol YA dan tunggu proses penghapusan pesan oleh sistem berhasil.
  6. Sekarang riwayat chat tadi sudah dihapus secara permanen dari akun Shopee-mu.
  7. Selesai.

Kamu bisa menerapkan langkah-langkah yang sama seperti di atas jika ingin menghapus chat lain yang ada di akun Shopee. Lakukan cara tersebut hingga semua riwayat chat di Shopee bersih dan tidak tersisa.

2. Hapus Chat di Shopee via Website

Berbeda dengan cara di atas, kali ini kamu bisa mengakses website Shopee melalui browser untuk melakukan penghapusan riwayat chat. Jadi, kamu perlu mengakses website Shopee tersebut melalui browser yang ada di HP android. Kamu bisa menggunakan browser apa saja, baik itu browser bawaan HP atau browser dari pihak ketiga. Di sini akan dicontohkan cara hapus pesan di Shopee melalui browser Google Chrome.

Adapun langkah-langkah delete chat di Shopee melalui website selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka halaman browser Google Chrome di HP android.
  2. Pada halaman utama Google Chrome, kamu ubah tampilannya terlebih dahulu ke tampilan desktop. Caranya dengan klik ikon Tiga Titik Vertikal yang ada di pojok kanan atas, lalu beri Tanda Centang pada opsi Situs Desktop.
  3. Jika sudah, sekarang kamu kunjungi halaman website Shopee.
  4. Kemudian masuk ke akun Shopee pribadimu yang ingin dihapus riwayat chattingannya.
  5. Setelah berhasil masuk, sekarang kamu klik pada menu Chat yang ada di bagian pojok kanan bawah tampilan. Di sana akan ditampilkan daftar chat yang tersimpan di akun tersebut.
  6. Selanjutnya cari salah satu chat yang ingin kamu hapus. Jika sudah ketemu, selanjutnya kamu klik ikon Tiga Titik Horizontal yang ada di sebelah chat yang ingin dihapus tersebut. 
  7. Akan muncul 3 opsi di sana, yakni opsi Sematkan Pesan, Belum Dibaca, dan Hapus Chat. Karena tujuannya di sini untuk menghapus chat tersebut, maka kamu pilih opsi Hapus Chat saja. Kemudian konfirmasi penghapusan chat dengan pilih Ya.
  8. Kamu juga bisa melakukan cara yang sama untuk menghapus chat lain yang tersimpan di akun Shopee tersebut.
  9. Selesai.

Menggunakan cara ini, pastikan browser yang kamu gunakan sudah tersedia fitur untuk menampilkan halaman situs sebagai tampilan desktop. Ini karena, halaman Shopee yang diakses melalui browser dengan tampilan mobile, fitur chat tidak ditampilkan alias dihilangkan. Maka dari itu, memunculkannya hanya dengan mengubah tampilan browser HP layaknya tampilan desktop.

Untuk saat ini Google Chrome merupakan browser terbaik yang menyediakan fitur tampilan desktop tersebut. Selain itu, di Samsung Browser juga sudah tersedia fitur untuk mengubah tampilan browser ke tampilan desktop ini. Jadi, kamu pengguna HP Samsung tidak tidak perlu bingung untuk mencari browser lain yang bisa menampilkan website seperti halaman desktop.

Penutup

Itulah tadi dua cara menghapus chat di Shopee melalui HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaCara Hapus Alamat di Lazada Lewat HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Hapus Akun Lazada Sementara dan Permanen di HP
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini