Cara Menghapus Cache di HP Paling Cepat dan Praktis

Cara  Menghapus Cache di HP – HP android hadir dengan beragam fitur canggih di dalamnya, tidak lain guna untuk memanjakan para penggunanya. Dengan dukungan fitur-fitur tersebut, berbagai aktivitas harian pengguna bisa dipermudah. Tidak hanya itu saja, HP android juga bisa menjadi teman terbaik saat bosan sendiri. Misalnya saja dengan mencoba untuk bermain game android. Ada banyak sekali jenis game android yang bisa kamu install secara gratis pastinya.

Cara  Menghapus Cache di HP
Cara Menghapus Cache di HP

Dewasa ini, HP android memang sudah sangat canggih berkat fitur-fitur baru yang dihadirkan di dalamnya. Misalnya saja untuk fitur kamera, hampir semua jenis HP dibekali dengan kamera mumpuni. Bahkan hasil jepretannya hampir setara dengan kamera DSLR yang notabenenya cukup bagus dalam hal pemotretan. Tidak hanya itu saja, spesifikasi dapur pacu juga ditingkatkan sehingga performa HP menjadi lebih cepat, bahkan untuk urusan multitasking.

Baca Juga:

Tetapi, terkadang HP android mengalami beberapa masalah saat dioperasikan. Salah satu masalah yang sering terjadi yakni aplikasi yang sering keluar sendiri atau bahkan tidak bisa dibuka. Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena terlalu banyak file cache yang menumpuk di dalam aplikasi. Agar masalah tersebut bisa teratasi, maka kamu perlu melakukan penghapusan file cache. Lantas, bagaimana cara menghapus cache di HP android tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara  Menghapus Cache di HP Paling Cepat dan Praktis

Cara  Menghapus Cache di HP Android
Cara Menghapus Cache di HP Android

Untuk melakukan penghapusan cache di smartphone android, setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan. Kedua metode yang dimaksud tersebut yakni menghapus cache dengan aplikasi dan tanpa aplikasi tambahan. Keduanya sama-sama mudah dan cepat, tinggal kamu ingin menggunakan cara yang mana. Adapun cara menghapus cache di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menghapus Cache Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama ini tidak mengharuskan kamu menginstall aplikasi tamabahan. Cukup menggunakan fitur yang sudah disediakan di dalam HP android, file cache yang menumpuk sudah berhasil dibersihkan. Cara ini juga dianggap mudah serta tidak akan memakan ruang  di memori penyimpanan HP.

Adapun langkah-langkah menghapus file cache di android tanpa aplikasi selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Kemudian klik pada opsi Aplikasi atau Aplikasi Terinstall.
  • Sekarang klik salah satu aplikasi yang ingin dihapus file cachenya.
  • Pada halaman aplikasi, selanjutnya kamu masuk ke opsi Penyimpanan.
  • Dan terakhir klik tombol Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Selesai.

Hanya dengan langkah semudah itu file cache yang tersimpan di dalam aplikasi sudah bisa kamu hapus. File cache disetiap aplikasi yang sudah dihapus akan berdampak pada performa kinerja HP yang menjadi lebih cepat dan ringan. Ruang memori juga bakal lebih lega karena file cache yang sudah dihapus tersebut.

Catatan: Kamu bisa melakukan langkah yang sama untuk menghapus file cache di masing-masing aplikasi terinstall di HP android. Tidak akan berpengaruh apapun terhadap aplikasi meskipun file cachenya dihapus.

2. Menghapus Cache dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika harus menghapus file cache satu per satu pada setiap aplikasi terinstall, mungkin ini akan membutuhkan waktu lama. Tenang saja, ada cara yang lebih praktis dan cepat untuk menghapus file cache di dalam aplikasi tersebut. Caranya yakni dengan menginstall aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak jenis aplikasi untuk menghapus cache di android yang bisa kamu install dan gunakan. Salah satunya yang paling populer digunakan yakni bernama aplikasi Ccleaner. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh Piriform dan sudah diunduh lebih dari 50 juta kali di Google Play Store. Adapun cara hapus cache di HP dengan Ccleaner selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Ccleaner di HP androidmu.
  • Kalau sudah, sekarang langsung kamu jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan awal aplikasi, nantinya akan muncul notifikasi untuk meminta izin akses ke perangkat. Lanjutkan dengan memberi izin akses pada aplikasi Ccleaner tersebut.
  • Akan muncul tanda centang di sana, kemudian klik tombol START CLEANING untuk memulai langkah pembersihan.
  • Nantinya secara otomatis aplikasi akan melakukan identifikasi terhadap data-data yang tersimpan di HP android. Di sini file cache yang tersembunyi juga akan ikut diidentifikasi tanpa terkecuali.
  • Jika sudah, selanjutnya aplikasi akan menampilkan daftar file yang tidak berguna dan bisa kamu hapus dari perangkat. Di sini file cache juga dianggap tidak berguna sehingga perlu dihapus. Lanjutkan proses penghapusan dengan klik tombol FINISH CLEANING.
  • Tunggu sampai proses penghapusan berhasil dilakukan. Nantinya akan muncul gambar HP dengan tanda centang hijau yang menandakan proses penghapusan sudah selesai dilakukan.
  • Pada halaman ini, kamu bisa langsung kembali ke menu awal dengan klik ikon X yang ada di pojok kiri atas. Namun, jika ingin lanjut untuk menghibernasi aplikasi dan menghapus foto lama, maka bisa tekan tombol NEXT.
  • Selesai.

Selain aplikasi Cclener, masih ada banyak lagi jenis aplikasi pembersih RAM dan memori HP yang bisa kamu gunakan. Jika memang tertarik untuk menggunakan aplikasi pembersih cache selain Cclener, berikut ini beberapa pilihannya:

Nox Cleaner merupakan salah satu aplikasi pembersih RAM terbaik untuk HP android. Aplikasi satu ini bahkan mampu mencari file sampah yang tersembunyi di memori HP dan menghapusnya. Dengan demikian, ruang memori menjadi lebih lega dan performa kinerja HP akan lebih cepat.

Selain menghadirkan antivirus, Avast juga menyediakan aplikasi lain yang berfungsi untuk membersihkan file cache atau file sampah di android. File sampah yang memenuhi RAM dan memori HP akan diidentifikasi dan dihapus dengan mudah dan cepat. Aplikasi dari Avast ini juga punya fitur lengkap di dalamnya, sehingga fungsinya pun menjadi semakin maksimal.

Dan pilihan aplikasi lain untuk membersihkan RAM dan memori internal HP android yakni Pembersih Ponsel. Ada banyak fitur yang disediakan di dalam aplikasi ini, mulai dari pembersih cache, pembersih file junk, pendingin CPU, RAM booster, dan juga penghemat baterai.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menghapus cache di HP android yang paling mudah dan cepat bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android - Internet lambat ketika sedang asik-asiknya menonton youtube atau bermain game online layaknya PUBG, tentu akan...

Cara Buat Dua Akun MiChat di Satu HP Android

Cara Buat Dua Akun MiChat - MiChat merupakan salah satu aplikasi chatting online yang tidak kalah populer dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya....

Cara Membuat Casing HP yang Mudah dan Murah

Cara Membuat Casing HP - HP sudah menjadi salah satu perangkat elektronik wajib bagi beberapa kalangan, khususnya para remaja. Dengan fungsinya yang...

Cara Download WhatsApp Clone APK Terbaru 2020

Download WhatsApp Clone APK - WhatsApp merupakan aplikasi chatting online semua umat di era modern sekarang ini. Kalau dulu harus menggunakan layanan...

Related news

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android

Aplikasi Penguat Ping Sinyal Internet Android - Internet lambat ketika sedang asik-asiknya menonton youtube atau bermain game online layaknya PUBG, tentu akan...

Cara Buat Dua Akun MiChat di Satu HP Android

Cara Buat Dua Akun MiChat - MiChat merupakan salah satu aplikasi chatting online yang tidak kalah populer dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya....

Cara Membuat Casing HP yang Mudah dan Murah

Cara Membuat Casing HP - HP sudah menjadi salah satu perangkat elektronik wajib bagi beberapa kalangan, khususnya para remaja. Dengan fungsinya yang...

Cara Download WhatsApp Clone APK Terbaru 2020

Download WhatsApp Clone APK - WhatsApp merupakan aplikasi chatting online semua umat di era modern sekarang ini. Kalau dulu harus menggunakan layanan...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini