4 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Pada HP Samsung

4 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Pada HP Samsung Banyak orang di seluruh dunia sekarang mempunyai smartphone Android yang menyimpan banyak aplikasi di dalamnya. Tentunya, kebutuhan dari aktivtias orang terhadap smartphone juga berbeda-beda dan membutuhkan aplikasi yang berbeda pula. Tapi ada kalanya pada smartphone kita terkadang terdapat beberapa aplikasi yang tidak kita inginkan, dan mau di hapus demi bisa melonggarkan memory. Namun yang kadang menjadi kendala adalah, tidak semua aplikasi dapat kita hapus dengan mudah di dalam smartphone.

4 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Pada HP Samsung

Seperti banyak vendor ponsel pintar lainnya, pada perangkat smartphone Samsung juga di bekali dengan aplikasi-aplikasi bawaan. Yang mana biasanya aplikasi ini di sebut dengan Bloatware. Berbeda dengan aplikasi yang kita unduh sendiri melalui Play Store. Aplikasi sejenis Bloatware ini merupakan perangkat lunak yang di pasang dan kembangkan oleh manufaktur, atau juga di sebut bundled software. Yaitu bertujuan untuk memberikan fitur spesifik dan juga tambahan utilitas ke dalam ponsel Android. Tapi sayang nya, kebanyakan para pengguna tidak menggunakan aplikasi-aplikasi bawaan ini pada perangkat mereka.

Baca Juga:

Yang ribetnya dari aplikasi bawaan ini terkadang ketika mau kita hapus malah tidak bisa dan tentunya jika di biarkan saja maka akan memenuhi kapasitas memory tanpa arti. Tapi tenang, bagi kamu yang sekarang sedang ingin mencopot aplikasi bloatware tersebut tidak perlu pusing. Karena pada kesempatan kali ini kita akan mengupas 4 cara mudah menghapus aplikasi pada HP Samsung. Yang tentunya langkah-langkahnya juga akan sangat mudah untuk praktikkan oleh semua kalangan. Maka dari itu simak terus isi artikel kita sampai habis ya.

4 Cara Mudah Menghapus Aplikasi Pada HP Samsung

Terdapat beberapa cara yang bisa kalian gunakan dalam menghapus aplikasi bawaan dari smartphone Samsung. Dari sekian cara yang sudah kami sajikan ini pilihlah yang sesuai dan sekiranya mudah untuk kamu praktikkan. Tanpa berbasa-basi lagi, mari simak rangkuman kita berikut ini.

1. Dengan Melakukan Akses Root

Metode yang pertama ini akan sangat mudah di lakukan jika kamu sebelumnya sudah melakukan akses root terhadap HP Samsung kamu. Karena, dengan melakukan root pada HP kita akan memiliki akses sepenuhnya pada android ponsel tersebut termasuk juga menghapus penuh aplikasi bawaan. Namun sayangnya cara ini akan sedikit berisiko bagi kamu yang belum melakukan root ya. Yang perlu anda ketahui terdapat dampak buruk jika proses rooting yang di jalankan tidak tepat. Yakni bisa menyebabkan kerusakan pada sistem perangkat lunak maupun keras. Selain itu, apabila HP Samsung kamu masih mempunyai garansi, maka akan hangus jika melakukan rooting.

Cara Unroot HP Android
Dengan Melakukan Akses Root

Tapi tenang saja, bagi kamu yang belum berpengalaman dalam merooting HP, sekarang ada sebuah aplikasi root yang mudah untuk di gunakan. Tapi sebelumnya pastikan daya baterai yang kamu miliki setidaknya terisi 50% ya. Kalau sudah siap, mari simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Di sini kita akan menggunakan aplikasi bernama KingRoot. Silahkan unduh secara gratis melalui Google Play Store klik disini
  2. Jika sudah berhasil terpasang kita langsung buka aplikasi KingRoot tadi
  3. Selanjutnya kita klik menu yang ada di bagian kiri atas, kita tekan Try Root
  4. Tunggu hingga proses rootnya selesai. Selama proses ini berjalan jangan pernah menyentuh-nyentuh layar ya, agar terhindar dari hal yang tidak di inginkan
  5. Kalau sudah, maka akan ada notifikasi centang. Yang artinya proses rootins sudah selesai
  6. Kemudian, baru deh mencoba uninstall aplikasi bawaan pada HP Samsung kamu.

2. Melakukan Disable Pada Aplikasi

Cara berikutnya kita akan menggunakan fitur disable, sama dengan vendor smartphone lainnya pada ponsel pintar milik kamu juga dapat menggunakan fitur disable ini. Sesuai sama namanya ya, fungsi dari fitur ini sendiri cuma untuk menyembunyikan aplikasinya saja, namun setidaknya pengunaan RAM akan sedikit longgar. Tapi walaupun begitu, cara ini efektif untuk di gunakan kalau kamu tidak mau melakukan cara rooting seperti di atas tadi. Dengan menyembunyikan aplikasi yang tidak terpakai tersebut, setidaknya interface yang di berikan oleh layar HP kita akan jauh lebih luas.

Baiklah, lanjut dengan langkah pengaplikasian dari penggunaan fitur disable ini. Langkahnya sangat mudah ya, bisa kalian simak rangkumannya di bawah:

  1. Pertama-tama kita masuk ke menu Pengaturan HP
  2. Selanjutnya klik opsi Pengaturan Aplikasi
  3. Nah di sini kita cari aplikasi bawaan HP yang mau di sembunyikan
  4. Setelah di pilih aplikasi tadi, kita tekan opsi Non-Aktifkan Aplikasi

3. Menggunakan Aplikasi Link2SD

Menggunakan Aplikasi Link2SD

Selain kedua cara di atas, masih ada kok cara lainnya untuk bisa menghapus aplikasi pada smartphone Samsung. Yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama Link2SD, yang bisa kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store. Dengan aplikasi Link2SD ini kita juga bisa memindahkan data install suatu aplikasi, yang tadinya terinstall di memory internal berpindahke memory eksternal. Selain itu, fungsi utamanya adalah untuk menghapus aplikasi yang membandel sekalipun pada suatu perangkat Android. Tapi perlu kalian ketahui, cara ini memerlukan akses Root untuk melakukannya, tanpa itu tidak akan bisa.

Langsung saja simak langkah-langkah cara penggunaan aplikasi Link2SD berikut di bawah ini:

  1. Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, pastikan kalau HP kamu sudah di Root ya. Jika kalau tidak, kamu tidak akan bisa melakukan penghapusan aplikasi pada perangkat Samsung nantinya
  2. Kalau sudah silahkan download aplikasi Link2SD disini melalui Google Play Store secara gratis
  3. Setelah itu kita buka aplikasi Link2SD tadi dan tekan menu Uninstall 
  4. Kemudian pilih aplikasi yang mau di hapus
  5. Lanjut saja dengan menekan tombol Ok, maka proses penghapusan perangkat lunak akan berjalan
  6. Jika penghapusan telah berhasil maka akan ada notif kalau proses sudah selesai.

4. Mengaktifkan USB Debugging

Nah pada cara yang terakhir ini di peruntukan untuk orang yang setidaknya tahu sedikit tentang pemahaman smartphone lebih dalam ya. Untuk orang yang awam tidak di sarankan, karena apabila terjadi kesalahan pada proses pencopotan aplikasinya. Maka akan dapat merusak sistem Android pada smartphone Samsung kamu. Namun kalau kamu praktikan dengan teliti pasti akan berjalan dengan lancar.

Mari simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka Pengaturan pada smartphone
  2. Lanjut dengan menekan menu Tentang Perangkat
  3. Silahkan klik sebanyak 7x pada bagian Nomor Versi, hingga nantinya akan tampil notif Selamat Anda Telah Menjadi Pengembang
  4. Kemudian kita kembali lagi ke menu awal Pengaturan
  5. Lalu klik menu Pengembang
  6. Rubah opsi pada bagian aktif di atas ke Enable
  7. Langkah terakhir kita rubah klik Enable juga pada opsi Men-Debug USB
  8. Setelah proses berhasil maka kamu bisa mencopot segala aplikasi pada perangkat smartphone anda.

Penutup

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai judul kita 4 cara mudah menghapus aplikasi pada HP Samsung. Jangan lupa share artikel kita, sampai jumpa dan terimakasih.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini