Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android (Root & No Root)

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android – Saat membeli HP android baru, di dalamnya biasanya sudah tersedia beberapa aplikasi bawaan, seperti Google App, Microsoft Office, aplikasi dari brand dan lain sebagainya. Aplikasi bawaan ini sendiri umumnya bersifat terkunci, artinya kamu tidak bisa menghapus atau melakukan uninstall terhadap aplikasi tersebut.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Padahal, beberapa aplikasi bawaan justru ada yang tidak terlalu penting bagi penggunanya. Keberadaannya tersebut hanya membuat ruang penyimpanan HP menjadi lebih sesak. Tapi tenang saja, ternyata meskipun dikunci aplikasi bawaan tersebut bisa kamu uninstall lho. Tentu akan trik atau cara khusus untuk melakukan hal ini.

Baca Juga:

Untuk cara menghapus aplikasi bawaan di android, umumnya pengguna akan melakukan yang namanya rooting smartphone. Dengan akses root, pengguna bisa memiliki akses yang sama seperti developer, salah satunya adalah menghapus aplikasi terkunci. Selain dengan cara root HP android, menghapus aplikasi bawaan ternyata juga bisa dilakukan tanpa harus root. Penasaran ingin tahu caranya? Yuk simak ulasa selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android Tanpa Root

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa aplikasi bawaan yang justru tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna. Karena itulah, dari pada hanya memakan banyak ruang memori sebaiknya dilakukan uninstall saja aplikasi tersebut. cara menghapus aplikasi bawaan di android yang pertama ini bisa kamu lakukan dengan tanpa melakukan rooting HP android. Setidaknya ada 2 cara yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Langsung Uninstall Aplikasi Bawaan

Untuk menghapus aplikasi bawaan, kamu tidak selalu memerlukan akses root. Ya, karena biasanya ada beberapa aplikasi bawaan di android yang bisa langsung diuninstall secara manual seperti biasanya. Beberapa aplikasi bawaan yang umumnya bisa diuninstall secara langsung tanpa root seperti, cotact manager, clock, device service dan lain sebagainya. Untuk caranya uninstall aplikasi tersebut sangat mudah, yakni:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Scroll ke bawah lalu klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik aplikasi bawaan yang ingin diuninstall.
  • Untuk menghapusnya kamu tinggal klik tombol Uninstall.

Selain cara tersebut, untuk melakukan uninstall aplikasi bawaan juga bisa kamu lakukan dengan cara menekan aplikasi agak lama, kemudian lepaskan. Akan muncul beberapa opsi, kamu pilih Uninstall Aplikasi.

2. Melakukan Disable pada Aplikasi Bawaan

Cara menghapus aplikasi bawaan di HP android yang dikunci tampaknya mustahil tanpa harus melakukan rooting HP. Meski begitu, kamu masih bisa melakukan alternatif lain yang fungsinya hampir sama, yakni menghapus aplikasi bawaan dari layar menu. Cara tersebut yakni melakukan disable pada aplikasi bawaan yang tidak kamu perlukan.

Melakukan disable atau menonaktifkan suatu aplikasi bawaan akan membuatnya menghilang dari layar menu. Meski begitu, aplikasi ini masih tetap ada di memori internal HP sehingga kapasitasnya tidak akan berubah. Perlu diingat juga, ada beberapa aplikasi bawaan yang justru tidak bisa didisable seperti kontak, pesan atau SMS, telepon dan aplikasi penting lainnya.

Untuk melakukan disable pada aplikasi bawaan juga tidak begitu sulit, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Setelah itu klik pada opsi Aplikasi.
  • Cari dan klik aplikasi yang ingin kamu disable atau nonaktifkan. 
  • Setelah itu, dilanjut dengan klik tombol Disable untuk menonaktifkannya.

Dengan melakukan cara ini maka aplikasi bawaan akan langsung menghilang dari layar menu.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android dengan Akses Root

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android dengan Akses Root

Jika cara tanpa root dianggap kurang maksimal dan memuaskan, melakukan root mungkin menjadi cara terbaik bisa kamu lakukan. Namun perlu kamu ingat, melakukan rooting HP android akan ada banyak risiko yang bisa dialami. Risiko bahaya root android sendiri bisa kamu bawa di sini.

Jika kamu rasa bahaya yang mungkin terjadi tersebut tidak terlalu menjadi masalah, melakukan root bisa dilanjutkan. Melakukan rooting android akan membuatmu lebih bebas menghapus aplikasi mana saja yang ada di dalamnya. Dengan begitu, kapasitas ruang memori akan lebih lega dan daya baterai akan hemat karena semakin sedikit aplikasi yang berjalan di latar belakang. Adapun beberapa cara menghapus aplikasi bawaan di android dengan akses root, di antaranya:

1. Menggunakan ES Explorer

Bagi pengguna yang suka oprek sistem android, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ES Explorer ini. ES Explorer merupakan aplikasi khusus yang berguna untuk mengakses serta memodifikasi file sistem di android. Di dalamnya disediakan fitur yang cukup lengkap sehingga memudahkan penggunanya melakukan banyak hal.

Tampilan User Interface aplikasi ini sangat sederhana sehingga sangat mudah dipahami oleh pemula. Untuk menghapus aplikasi bawaan, kamu tinggal mengaksesnya melalui fitur yang tersedia di dalam aplikasi ES Explorer ini.

2. Menggunakan Root Explorer

Selain ES Explorer, Root Explorer juga bisa kamu gunakan untuk cara menghapus aplikasi bawaan di android. Sama seperti ES Explorer, untuk bisa menginstall aplikasi ini kamu memerlukan akses root di android. Melalui aplikasi ini memungkinkan pengguna membuka, mengedit serta menghapus file sistem android dengan mudah.

Tampilan interface aplikasi Root Explorer ini cukup sederhana dan mudah dipahami. Adapun langkah-langkah menghapus aplikasi bawaan android melalui aplikasi Root Explorer, di antaranya:

  • Pertama kamu buka aplikasi Root Explorer.
  • Setelah itu, di pojok kanan atas kamu klik tombol Mount as R/W.
  • Selanjutnya buka folder sistem dan pilih App.
  • Untuk menghapus aplikasi bawaan android, kamu tinggal tekan dan tahan pada aplikasi yang ingin dihapus. Lepas dan langsung klik Delete.

3. Menggunakan Link2SD

Aplikasi Link2SD juga cukup populer digunakan pengguna android untuk memindahkan aplikasi terinstall ke memori eksternal alias SD Card. Langkah ini biasanya dilakukan pengguna untuk memperluas ruang kosong di memori internal HP android mereka. Selain memindahkan aplikasi, Link2SD juga bisa kamu manfaatkan untuk menghapus aplikais bawaan yang terkunci.

Adapun langkah-langkah menghapus aplikasi bawaan android dengan aplikasi Link2SD, di antaranya:

  • Pertama kamu perlu menginstall aplikasi Link2SD terlebih dahulu, kemudian jalankan.
  • Pada aplikasi yang ingin dihapus, kamu klik lalu pilih opsi Action.
  • Untuk menghapus aplikasi kamu klik tombol Uninstall.
  • Nantinya akan muncul notifikasi peringatan, tinggal klik OK untuk melanjutkan penghapusan aplikasi.

4. Menggunakan Titanium Backup

Dan cara menghapus aplikasi bawaan di HP android yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Titanium Backup. Aplikasi satu ini memang dibekali dengan berbagai fitur menarik untuk HP android yang sudah diroot. Salah satunya adalah bisa untuk menghapus aplikasi bawaan. Untuk langkah-langkahnya sendiri sangat mudah, yakni:

  • Jalankan aplikasi Titanium Backup seperti biasa.
  • Pada aplikasi yang ingin dihapus, kamu tekan dan tahan agak lama.
  • Selanjutnya klik tombol Delete atau Uninstall.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menghapus aplikasi bawaan di android dengan akses root dan tanpa root. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu agar juga bermanfaat untuk orang lain.