Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP Android

Cara Menggunakan WhatsApp Web – Sudah bukan jamannya berkirim pesan lewat SMS. Hampir semua orang sudah menggunakan aplikasi WhatsApp untuk bisa berkomunikasi dengan teman atau orang lain. Seperti yang kita tahu, WhatsApp menjelma menjadi salah satu apliksai chatting dan panggila yang paling popoler sekarang ini. Dibekali dengan fitur beragam, memungkinkan pengguna menghubungi pengguna lain dengan mudah dan cepat.

Cara Menggunakan WhatsApp Web
Cara Menggunakan WhatsApp Web

Aplikasi WhatsApp sendiri merupakan aplikasi berbasis online, jadi HP harus terhubung dengan koneksi internet agar bisa chatting atau teleponan dengan pengguna lain. Menggunakan aplikasi WhatsApp bisa dibilang lebih hemat dibandingkan harus berkomunikasi lewat SMS atau telepon biasa. Selain bisa chating dan telepon, melalui WhatsApp kamu juga bisa melakukan video call dengan mudah dengan kualitas video yang jernih. Menarik sekali bukan?

Baca Juga:

WhatsApp juga sudah meluncurkan salah satu fitur baru yang memungkinkan kamu mengakses WhatsApp melalui situs web yakni dengan WhatsApp Web. WhatsApp Web juga memungkinkan kamu mengakses akun WhatsApp melalui HP android lain. Jadi, satu akun WhatsApp bisa diakses melalui dua perangkat yang berbeda. Lantas, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web di HP android lain? Informasi selengkapnya bisa di simak di bawah ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP Android dan PC

Fitur WhatsApp Web sebenarnya sudah lama ada, hanya saja tidak banyak pengguna yang tahu mengenai fitur ini. Diberi nama WhatsApp Web, karena memang fungsinya yang memungkinkan pengguna mengakses akun WhatsApp melalui sebuah website resmi. Inilah cara mengakses WhatsApp di PC atau laptop selain menggunakan emulator. Tapi sayangnya, mengakses WhatsApp di WhatsApp Web membuat beberapa fitur dihilangkan alias terbatas.

Selain mengakses WhatsApp Web melalui PC atau komputer, kamu juga bisa mengaksesnya melalui HP andoid lain. Syaratnya kamu perlu menggunakan 2 perangkat smartphone android. Di mana satu smartphone yang berisi akun WhatsApp, dan smartphone lain yang digunakan untuk membuka WhatsApp Web.

Cara Menggunakan WhatsApp Web Melalui HP Android

Cara Menggunakan WhatsApp Web Melalui HP Android
Cara Menggunakan WhatsApp Web Melalui HP Android

Cara mengakses WhatsApp Web lewat HP android memang bisa dilakukan, dan langkah-langkahnya pun sangatlah mudah. Berikut ini cara membuka menggunakan WhatsApp Web di smartphone android, yakni:

  • Pertama kamu perlu menyiapkan 2 HP android. Pastikan kedua HP tersebut sudah terhubung ke jaringan internet.
  • Pada HP pertama (tidak terdapat aplikasi WhatsApp), kamu buka aplikasi browser. Diutamakan menggunakan browser Chrome. Pada halaman utama, klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas, kemudian beri Centang pada opsi Situs desktop.
  • Selanjutnya kamu akses WhatsApp Web melalui link ini. Nanti akan muncul halaman yang berisi kode QR untuk discan dengan HP lain.
  • Sekarang gunakan HP yang terdapat aplikasi WhatsApp. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian klik tiga titik vertikal yang ada dibagian pojok kanan atas. Pada beberapa opsi yang muncul, kamu pilih opsi WhatsApp Web.
  • Selanjutnya lakukan Scan kode QR yang terdapat pada HP pertama tadi. Perbesar tampilan agar kode QR lebih mudah untuk dideteksi.
  • Jika berhasil terhubung, pada WhatsApp Web di browser HP pertama tadi akan muncul tampilan obrolan WhatsApp. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan WhatsApp Web di HP android lain.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC atau Laptop

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC atau Laptop
Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC atau Laptop

Selain mengakses melalui HP android, WhatsApp Web juga bisa diakses melalui PC atau laptop. Karena sejatinya memang WhatsApp Web dihadirkan untuk memudahkan pengguna dalam chattingan menggunakan perangkat desktop. Untuk cara menggunakannya sendiri hampir sama dengan cara di atas. Berikut ini langkah-langkah menggunakan WhatsApp Web di PC atau laptop, yakni:

  • Pada perangkat PC atau laptop kamu buka browser sesuai keinginan. Selanjutnya buka situs WhatsApp Web melalui link ini.
  • Nanti akan muncul kode QR yang perlu discan dengan HP yang terinstall aplikasi WhatsApp.
  • Pada HP android kamu buka aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas tampilan, kemudian klik pada opsi WhatsApp Web.
  • Jika sudah, kamu lakukan scan kode QR yang ada di browser PC atau laptop tadi.
  • Jika berhasil nantinya pada layar PC atau laptop akan tampil obrolan WhatsApp sama persis seperti di HP android. Sekarang kamu bisa melakukan apapun di WhatsApp Web, seperti membuka chat, membalas chat, mengirim gambar, dokumen, video atau yang lain sebagainya.

Saat mengakses WhatsApp Web mungkin ada beberapa kendala yang bisa dialami. Salah satunya adalah HP yang tidak bisa melakukan scan kode QR. Masalah ini bisa saja terjadi dan disebabkan oleh banyak faktor. Adapun cara mengatasi masalah tidak bisa scan kode QR saat menggunakan WhatsApp Web, di antaranya:

  • Pastikan HP terhubung dengan koneksi internet. Jika memang terhubung, pastikan juga koneksi internet tersebut dalam kondisi stabil alias normal.
  • Lakukan Close aplikasi WhatsApp di HP android. Jika memang tetap tidak bisa, coba hapus cache aplikasi WhatsApp dengan masuk ke menu Pengaturan >> Aplikasi >> klik aplikasi WhatsApp >> Penyimpanan >> Hapus Cache.
  • Bisa juga dengan melakukan restart HP android. Ini bertujuan untuk mengatasi beberapa masalah error pada sistem android.
  • Pastikan kamera utama HP dalam kondisi baik. Dan aplikasi browser yang digunakan merupakan versi yang terbaru.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menggunakan WhatsApp Web di HP android dan PC/laptop yang bisa kamu terapkan. Cara ini biasanya juga menjadi sarana untuk menyadap akun WhatsApp oleh beberapa pengguna.