Cara Menggunakan Sticker Telegram Pada WhatsApp

Cara Menggunakan Sticker Telegram Pada WhatsApp – Pada akhir bulan oktober lalu, aplikasi perpesanan WhatsApp telah meluncurkan feature sticker terbaru nya, dan berhasil menggemparkan semua kalangan pengguna mereka. Apl Whatsapp ini sendiri sebetulnya sudah menyediakan secara langsung tujuh paket sticker yang dapat digunakan secara gratis bagi para user, akan tetapi pihak WA sadar jika terus – terusan demikian maka tak jauh berbeda dengan aplikasi perpesanan lainnya, di mana para pengguna akan merasa cepat bosan jika sticker yang mereka gunakan hanya itu – itu saja atau tidak seperti yang mereka ingin kan.

Cara Menggunakan Sticker Telegram Pada WhatsApp

Oleh sebab itu lah kenapa pihak WA memberi izin kepada para pengguna nya untuk mengedit, customisasi, berkreasi sendiri membuat sticker sesuka hati mereka, agar tidak merasa bosan dan terus menerus asik menggunakan sticker dalam obrolannya. Walaupun sebenarnya memang ia sedikit telat kalau di bandingkan sama BBM, Line, Snapchat, Facebook, dan juga Telegram yang sudah lebih dulu memiliki fitur sticker. Yang membuat fitur sticker Whatsapp berbeda dengan yang lainnya juga yaitu kita bisa memakai sticker Telegram maupun aplikasi media sosial lainnya dengan cara melakukan proses impor / ekspor berkas file. Nah, oleh karena itu lah pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar bagaimana cara menggunakan sticker Apl Telegram ke dalam Apl WhatsApp.

Telegram sendiri merupakan suatu media sosial populer sama hal nya dengan WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, kalau di bandingkan sama fitur WA, Telegram telah lebih dulu maju dari pada si Whatsapp, contoh nya saja seperti fitur sticker ini, di mana pada perpesanan Telegram fitur tersebut sudah hadir sejak tahun 2015 yang lalu. Tidak hanya sampai di situ saja, format yang di pakai oleh WA juga ternyata sama persis dengan yang di gunakan Telegram, yaitu berformat “512 x 512 emoji bindings and webp with transparency layer”. Yang sekarang menjadi pertanyaan adalah, siapa yang meniru siapa ? Pasti pertanyaan tersebut sempat terlintas di benak kalian, mungkin dulu Telegram sempat sering juga disebut penjimplak aplikasi WhatsApp, tapi sekarang kok kebalik ya ? Apakah mereka sudah saling melengkapi ? :v hehe.

Baca Juga :

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara menggunakan fitur terbaru sticker di dalam aplikasi WhatsApp, yang mana bisa kamu baca terlebih dulu cara penggunaan nya tersebut jika belum tau, yaitu dengan cara membuka link nya pada opsi pilihan artikel di atas ataupun mencari nya secara manual di dalam beranda Bukandroid. Perlu kalian ketahui juga ya, pada dasarnya fungsi dan cara penggunaan dari sticker tersebut sama saja hal nya dengan sticker – sticker yang terdapat di dalam media sosial pada umumnya. Serta sticker yang ia punya juga tidak cuma ada yang di Telegram saja, melainkan hampir semua media sosial lainnya seperti Line, Facebook, dan lain – lain.

Cara Menggunakan Sticker Telegram Pada WhatsApp

Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara agar bisa menggunakan sticker Telegram ke dalam aplikasi perpesanan WhatsApp, maka berikut di bawah ini sudah saya sajikan 2 langkah jitu cara penggunaan nya yang dapat untuk kamu coba dan terapkan sendiri.

Cara Pertama

Berikut di bawah ini bagaimana cara menggunakan stiker Telegram pada aplikasi perpesanan WhatsApp :

  1. Buka terlebih dulu aplikasi Telegram, lalu klik opsi bericon titik tiga yang terletak di sudut atas kiri, dan pilih menu Settings.
  2. Geser ke bagian bawah kemudian pilih opsi yang bertuliskan Stickers and Masks. Setelah itu akan tampil beberapa sticker pilihan, klik opsi bericon titik tiga pada sisi kanan di masing – masing sticker yang mana saja mau kamu tambahkan ke dalam WhatsApp nantinya.

    Cara Pertama

  3. Selanjutnya klik opsi Salin Tautan atau Copy Link. Sampai langkah ini kalian sudah berhasil melakukan impor link sticker pada aplikasi WhatsApp.
  4. Kemudian lanjut dengan meminta berkas StickersBot, dengan cara melakukan pencarian dengan kata kunci “Stiker Bot” pada aplikasi Telegram.

    Cara Pertama

  5. Setelah ketemu akun StikerBot tadi, maka lanjut dengan melakukan obrolan seperti biasa bersama akun tersebut, terserah mau kata – kata apa yang penting mulai aja dulu biar Bot nya merespon. Di mana nantinya ia akan berkata “Send Me Any a Stickers …..”.
  6. Perhatikan pada kolom pengetikan pesan bagian bawah, terdapat beberapa menu pilihan seperti About, Rate, Help, Batch Mode, pilih saja opsi Settings.
  7. Maka bot akan secara otomatis membalas dan juga menunjukan pilihan format file output nanti, seperti PNG, JP, dan Webp, pilih saja format Webp Only. Apabila kalian tidak menemukan pilihan Settings pada kolom chat bagian bawah, cukup kalian ketik “Settings” saja, lalu lanjut pilih format Webp.
  8. Jika sudah melakukan langkah di atas, maka lanjut dengan mengirim / paste link sticker yang sudah di copy tadi ke dalam kolom chatting, lalu Bot tadi akan otomatis merespon kalau paket stiker tersebut nanti akan di kirim dengn menggunakan format ZIP.
  9. Tunggu saja hingga 2 – 3 menit atau bisa juga lebih kamu akan di kirim link unduh stiker Telegram tadi. Unduh file tersebut, maka akan tersimpan ke dalam folder document Telegram di File Manager HP.
  10. Lalu ekstrak seperti biasa file yang terunduh tadi. Jika sudah lanjut dengan mengimpor sticker Telegram tadi ke dalam WA dengan cara menggunakan aplikasi bernama “Personal Stickers for WhatsApp“, yang bisa kalian download secara gratis melalui Google PlayStore.

    Cara Pertama

  11. Jika sudah terinstall, buka aplikasi tadi, dan pilih opsi Add, dan secara otoamtis akan tampil pilihan sticker yang tadi tersimpan. Kemudian pilih lah Sticker Telegram yang sebelumnya sudah anda unduh.

Kalau sudah melakukan semua langkah – langkah di atas maka selamat, anda sudah berhasil menambahkan sticker Telegram pada aplikasi WA anda. Dan jika terasa langkah ini terlalu rumit, mungkin kamu bisa mencoba cara kedua di bawah ini, yang mana lebih simple dan mudah untuk kamu pahami.

Cara Kedua

Jika di rasa cara di atas tadi sedikit agak ribet, anda bisa mencoba cara kedua ini, yang mana menurut saya pribadi akan lebih mudah dan gampang di lakukan.

Berikut di bawah ini bagaimana cara menggunakan stiker Telegram pada aplikasi perpesanan WhatsApp :

  1. Langkah pertama adalah memastikan terlebih dulu kalau aplikasi WhatsApp pada smartphone kamu telah versi terbaru, paling tidak versi 2.18.330, untuk cara mengecek nya sendiri yaitu dengan cara masuk ke dalam menu WA > pilih Setelan > Bantuan > dan klik opsi Info Aplikasi. Jika belum terupdate, kalian bisa melakukan update terlebih dahulu melalui Google Play Store.
  2. Kemudian lanjut mendownload stiker Telegram pada PlayStore dengan kata kunci “Sticker Telegram“, atau bisa juga langsung dengan klik link disini.

    Cara Kedua

  3. Pilih lah sticker Telegram mana saja yang kamu sukai dan ingin di install pada aplikasi WhatsApp nantinya, jika sudah lanjut klik tombol Add to WhatsApp, maka secara otomatis stiker akan tertambah.
  4. Bila mau cara yang lebih cepat anda bisa klik opsi bertanda “+” pada bagian kanan stiker, dan langsung menambahkan ke dalam WA tanpa pratinjau lagi. Kemudian klik Add untuk konfirmasi.

    Cara Kedua

  5. Sampai di sini kalian sudah selesai menambahkans stiker Telegram ke dalam WA.

Penutup

Ok guys, itu lah tadi 2 cara jitu menggunakan sticker Telegram pada aplikasi media sosial WhatsApp. Jika kalian merasa terbantu sama artikel ini bisa untuk membagikan nya ke dalam akun sosmed kamu, supaya bertambah banyak orang yang akan terbantu dengan ada nya artikel ini.