Cara Menggunakan Proxy di Telegram HP Android

12
Cara Menggunakan Proxy di Telegram
Cara Menggunakan Proxy di Telegram

Cara Menggunakan Proxy di Telegram – Aplikasi chatting online banyak digunakan saat ini, dikarenakan penggunaannya yang cukup mudah jika dibandingkan dengan layanan SMS. Berbeda dengan layanan SMS, berkirim pesan di aplikasi chatting tidak membutuhkan biaya. Yang terpenting perangkat smartphone yang digunakan oleh pengguna sudah terhubung ke jaringan internet. Selain bisa digunakan untuk chattingan, aplikasi semacam ini juga memungkinkan untuk digunakan melakukan panggilan suara ataupun panggilan video. Selain itu, masih ada banyak fitur menarik lain yang bisa ditemukan di dalam aplikasi chatting tersebut.

Cara Menggunakan Proxy di Telegram
Cara Menggunakan Proxy di Telegram

Dari banyaknya aplikasi chatting, salah satu yang paling banyak diminati yakni Telegram. Aplikasi Telegram sendiri terkenal dengan fitur keamanannya yang super canggih, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna. Dalam hal ini, Telegram menggunakan enkripsi end-to-end tercanggih yang diklaim sangat aman dan mampu melindungi riwayat chat pengguna tanpa celah. Bahkan ada pula yang namanya fitur Secret Chat yang memungkinkan hanya pengirim dan penerima chat saja yang tahu isinya. Data chat tersebut akan disimpan di perangkat pengguna, bukan di server Telegram. Karena itulah, pihak Telegram pun tidak akan bisa mengakses isi pesan tersebut.

Baca Juga:

Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Telegram, pengguna juga bisa memanfaatkan Proxy. Penggunaannya ini akan memberikan banyak efek positif pada akun Telegram yang kamu gunakan. Salah satunya adalah memberikan perlindungan yang super kuat dan juga dapat membantu menerobos berbagai batasan yang diberikan oleh operator jaringan. Namun demikian, tidak banyak pengguna yang tahu cara memakai proxy di aplikasi Telegram tersebut. Mengenai cara menggunakan proxy di Telegram yang mudah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Tentang Proxy di Telegram

Sebelum lanjut, sebaiknya kamu perlu tahu dulu apa itu Proxy Telegram dan fungsinya. Dengan mengetahuinya maka kamu bisa lebih memaksimalkan penggunaan proxy di aplikasi Telegram tersebut.

Di kalangan para pengguna internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya proxy ini. Dilihat dari fungsinya, proxy merupakan jembatan untuk mengakses jaringan internet yang akan memisahkan jaringan lokal dan luar.

Proxy umumnya digunakan untuk tujuan browsing bebas tanpa pemblokiran oleh pihak penyedia server, misalnya provider jaringan seluler. Penggunaan proxy akan mengalihkan pengguna ke server lain dan dalam hal ini juga alamat IP perangkat akan disembunyikan agar tidak terdeteksi.

Sementara Proxy Telegram merupakan server proxy khusus yang digunakan di aplikasi Telegram. Tujuannya hampir sama dengan proxy pada umumnya, yang pasti tujuannya untuk memaksimalkan penggunaan Telegram.

Tipe Proxy di Telegram

Di aplikasi Telegram, kamu memungkinkan untuk menggunakan tipe proxy Telegram sesuai keinginan. Masing-masing tipe proxy ini tentunya berbeda cara kerja dan fungsinya, tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Setidaknya ada 2 tipe proxy di Telegram, di antaranya:

  1. SOCKS5. Merupakan tipe proxy terbaru yang merupakan peningkatan dari SOCK5 yang berjalan pada protokol SOCKS. Kecepatan yang diberikan dalam mengakses internet terbilang cukup cepat, tentunya akan mempercepat akses pada Telegram juga. Tipe proxy SOCKS5 ini sendiri menawarkan banyak metode otentikasi berkat penggunaan UDP dan TCP.
  2. MTproto Proxy. Sementara untuk tipe MTproto Proxy merupakan server proxy dengan tingkat keamanan paling tinggi, bahkan menjadi andalan Telegram dalam mengenkripsi pesan dari pengguna. Tipe proxy ini sangat direkomendasikan dipilih bagi kamu yang lebih mementingkan keamanan akun Telegram.

Cara Menggunakan Proxy di Telegram HP Android

Cara Pakai Proxy di Telegram
Cara Pakai Proxy di Telegram

Setelah mengetahui apa itu proxy Telegram dan tipe-tipenya, sekarang lanjut ke cara untuk menggunakan proxy Telegram tersebut. Caranya cukup mudah sebenarnya, namun memang masih banyak pengguna yang belum tahu cara melakukannya. Adapun cara menggunakan proxy di Telegram android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Telegram di perangkat smartphone. Pastikan sebelumnya kamu sudah menyediakan proxy yang ingin digunakan. Proxy ini sendiri bisa kamu dapatkan secara gratis di internet atau dengan berlangganan proxy berbayar.
  2. Pada halaman utama aplikasi, kamu klik menu Tiga Garis yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  3. Akan muncul beberapa opsi di sana, selanjutnya kamu klik opsi Pengaturan atau Settings.
  4. Gulir ke bawah, kemudian klik pada opsi Pengaturan Proxy atau Proxy Settings.
  5. Sekarang kamu pilih Tipe Proxy yang ingin digunakan, baik itu SOCKS5 atau MTproto Proxy. Kemudian isi detail proxy secara lengkap, mulai dari Server, Port, Username dan Password jika ada.
  6. Jika sudah, simpan pengaturan proxy dengan cara klik Tanda Centang yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  7. Selesai.

Sekarang proxy sudah berhasil digunakan di Telegram, kamu bisa lebih nyaman dan puas dalam menggunakan aplikasi Telegram tersebut.

Kegunaan Proxy di Aplikasi Telegram Harus Kamu Tahu

Sudah banyak yang merasa puas dalam menggunakan Telegram setelah memasangkan proxy di dalamnya. Tidak heran, karena memang ada banyak manfaat yang didapat dalam penggunaan proxy Telegram tersebut. Adapun kegunaan proxy Telegram selengkapnya, sebagai berikut:

1. Privasi Data Pribadi Pengguna Lebih Aman

Penggunaan proxy MTProto di Telegram diklaim akan mengenkripsi data pribadi pengguna dengan sangat baik, sehingga akan terhindar dari yang namanya hack akun. Tidak hanya data pribadi saja, melainkan juga riwayat chat dan panggilan dari pengguna juga akan dienkripsi sehingga kerahasiaannya akan lebih terjaga dengan baik.

2. Akses Lebih Luas dan Bebas

Penggunaan jaringan dari provider akan memberikan batasan akses pada internet, misalnya saja beberapa situs akan terblokir otomatis. Namun, dengan penggunaan proxy Telegram ini akan mampu menerobos pembatasan dari operator jaringan tersebut. Sehingga kamu bisa menjelajah lebih luas dan bebas di Telegram, pastinya dengan aman dan nyaman.

3. Koneksi Lebih Lancar

Kamu yang suka nonton video streaming di Telegram, sangat disarankan untuk menggunakan proxy ini. Selain kebebasan dalam menemukan video menarik, koneksi internet yang diberikan juga menjadi lebih cepat dan lancar. Tidak hanya menonton film saja, melainkan juga aktivitas lain di Telegram.

Penutup

Itulah tadi cara menggunakan proxy di Telegram android beserta fungsinya yang perlu kamu tahu. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaCara Secret Chat Telegram di HP Android
Artikel SelanjutnyaCara Convert Video Menjadi Audio di Telegram
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini