Cara Menggunakan NFC di iPhone

86
Cara Menggunakan NFC di iPhone
Cara Menggunakan NFC di iPhone

Cara Menggunakan NFC di iPhone Mungkin di antara kalian dan banyak lagi pengguna iPhone yang mengetahui fitur barunya. Yaitu bernama Near Field Communication atau biasa di singkat menjadi NFC. Lantas, bagaimana cara menggunakan NFC ini di iPhone tersebut? Sebelum kita bahas lebih lanjut, perlu kalian ketahui dulu. Kalau awalnya keberadaan NFC ini cuma dapat di gunakan pada perangkat smartphone berbasis Android saja di kelas Mid-Range dan juga Flagship. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, kini fitur NFC sudah bisa di pergunakan pada HP iPhone.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Fitur yang bernama NFC ini sendiri dapat digunakan pada iPhone sendiri berkat adanya aplikasi Mandiri Online. Yang mana aplikasi ini baru saja melakukan perubahan besar, sehingga kini dapat mensupport pengunaan NFC pada perangkat iPhone. Dan juga, para pengguna iPhone kini tidak cuma bisa memanfaatkan fitur NFC sebagai alat pembayaran melalui Apple Pay. Hal ini di sebabkan karena Apple kini sudah menambahkan beberapa dukungan yang bergunakan untuk melakukan hal tersebut melalui sistem operasi terbarunya. Ini terbukti berdasarkan keterangan dari Apple sudh tersedia sejak iOS 11 nya hadir.

Baca Juga:

Kini sejumlah layanan perbankan dan bahkan marketplace pun sudah mulai menyambut baik dukungan tersebut melalui pengimplementasian fitur NFC ke dalam aplikasi-aplikasi iOS. Tak hanay Mandiri Online, di Indonesia sendiri para pengguna sudah bisa mencoba fitur khusus tersebut dalam mengelola kartu pembayaran mereka terkait pada aplikasi resmi seperti Tokopedia, BRImo BRI dan juga BCA Mobile. Pada aplikasi Mandiri Online sendiri kamu bisa menggunakannya untuk pengisian saldo E-Money, BCA untuk Flazz, Tokopedia untuk pembayaran checkout belanja dan BRImo BRI untuk BRIZZI.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Yang terkadang jadi masalah adalah, fitur NFC pada iPHone ini penggunaannya sangat berbedar dari pada di Android. Anda mungkin saja sedikit kebingungan dalam mempelajari cara penggunaannya, apa lagi baru beraling menggunakan smartphone iPhone.

1. Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

Tidak seperti pada Android, di iPhone sendiri untuk fitur NFC ini tidak menyediakan setelan khusus. Para pengguna iPhone dapat langsung memakai fitur tersebut tanpa perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Fitur ini akan aktif dengan sendirinya atau otomatis, pada saat kita sedang membutuhkannya. Yang perlu kalian lakukan sekarang hanya memperbarui sistem operasi iPhone milik kalian ke versi yang paling terbarunya. Sehingga nantinya kalian akan bisa menggunakan fitur bernama NFC tersebut dengan mudah dan nyaman dalam menunjang aktivitas bersama HP kesayangan.

Dukungan NFC pada HP iPhone sendiri sudah bisa kamu nikmati sejak versi iOS 11. Tapi, kalau mau mendapatkan fungsi lebih anyar yang tak cuma sekedar untuk membaca kartu saja, maka kalian butuh mengupgrade setidaknya ke sistem iOS 13. Nah, jika sudah melakukan pembaharuan pada sistem operasi HP kamu, maka langkah selanjutnya tinggal perlu memasang salah satu aplikasi yang kalian inginkan pada Apple Apps Store sesuai sama kebutuhan dan dengan kartu pembayaran ataupun NFC tag yang mau di kelola.

2. Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo E-Money Mandiri Online

Untuk bisa menggunakan NFC pada aplikasi Mandiri Online khusus di perangkat iPhone ini caranya sangat berbeda dari penggunaan melalui Android. Memakai NFC pada iPhone untuk online banking kalian harus daftar terlebih dulu ke rekening penyedia layanan aplikais mbanking tersebut. Setelah itu barulah dapat melakukan Login pada aplikasi yang di tuju seperti Mandiri Online yang akan kita bahas kali ini.

Bagaimana cara penggunaannya? Mari simak rangkuman kita berikut ini:

  1. Pastikan kalian sudah memiliki aplikasi Mandiri Online ya. Dan buka aplikasinya
  2. Selanjutnya segera lakukan Login melalui akun banking yang kalian punya
  3. Jika sudah masuk ke halaman utama, kita tekan tombol E-Money pada bagian belakang iPhone. Tepatnya terletak di bagian belakang kamera
  4. Tunggu sejenak sampai proses pemindaian tadi selesai
  5. Kalau sudah, maka secara otomatis akan tampil informasi sejumlah saldo yang kalian miliki
  6. Untuk bisa memperbaharui informasi saldo, silahkan klik tombol Perbarui Saldo yang ada pada bagian bawah layar
  7. Sampai disini kita telah selesai mengecek saldo E-Money pada aplikasi Mandiri Online dengan menggunakan fitur NFC.

3. Menggunakan NFC Untuk Top Up E-Money Mandiri Online

Setelah kita mengetahui cara untuk mengecek saldo E-Money dengan menggunakan fitur NFC pada iPhone di aplikasi Mandiri Online. Kini saatnya kita membahas bagaimana cara melakukan top up E-Money melalui NFC pada aplikasi Mandiri Online. Untuk langkah-langkahnya sendiri tidak lah begitu sulit ya. Bisa kalian simak secara lengkap bagaimana cara penggunaannya melalui rangkuman kita di bawah berikut:

  1. Buka aplikasi Mandiri Online
  2. Selanjutnya lakukan aktivitas Login seperti biasa dengan menggunakan akun milik mu ya
  3. Kalau sudah, pada halaman pertama aplikasi anda tekan menu E-Money yang terletak pada pojok kanan atas
  4. Kemudian tekan tombol Isi Ulang E-Money
  5. Setelah itu tinggal kamu masukan detail dari Kartu Tujuan, Jumlah Saldo yang di inginkan, dan juga Deskripsi yang di perlukan
  6. Jika di rasa cukup silahkan tekan tombol Lanjut, dan tekan Konfirmasi setelahnya
  7. Apabila prosesnya sudah selesai lanjut dengan memasuki menu Lihat atau Perbaharui Saldo untuk memastikan kalau saldo kamu sudah berhasil terisi
  8. Selesai.

4. Menggunakan NFC Untuk Cek Saldo Kartu Elektronik

Nah selanjutnya kita akan mempelajari nih bagaimana cara menggunakan NFC iPhone untuk mengecek saldo kartu elektronik. Seperti BRI E-Money maupun Mandiri E-Money dengan hanya memakai aplikasi Tokopedia pada HP iPhone. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, kalian bisa simak rangkuman lengkapnya di bawah ini ya:

  1. Terlebih dulu pastikan bahwa pada HP iPhone mu sudah terinstall aplikasi Tokopedia ya
  2. Jika sudah, lanjut dengan membuka aplikasi Tokopedia
  3. Pada bagian menu utama kita tekan menu Top-Up & Tagihan
  4. Langsung saja tekan opsi Uang Elektronik
  5. Selanjutnya kita tekan tombol Update Saldo untuk bisa melakukan pengecekan pada saldo kartu elektronik melalui NFC di iPhone
  6. Apabila sudah tampil notifikasi yang mengharuskan kita untuk segera menempelkan kartu. Maka, segera tempelkan Kartu Elektronik milik anda seperti BRI BRIZZI atau juga Mandiri E-Money kalian persis di bagian kamera belakang HP
  7. Kalau sudah kamu lakukan, maka secara otomatis akan tampil sebuah informasi berupa nomor kartu dan jumlah saldo.

Penutup

Baiklah, mungkin itu saja yang dapat saya informasikan kepada kalian mengenai judul kita yaitu, Cara Menggunakan NFC di iPhone. Sebelum beranjak meninggalkan website kita, terlebih dulu share artikel ini ke akun sosial media kamu ya. Semoga dengan adanya artikel kita dapat membantu kalian semua. Sampai jumpa, dan terimakasih.

Artikel SebelumnyaCara Mengubah Font Berbayar Menjadi Gratis Xiaomi
Artikel SelanjutnyaAuto Followers IG 1000 / Cara Menambah 5000 Followers
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini