Cara Menggunakan IDM Android (Internet Download Manager)

Cara Menggunakan IDM Android – Mengunduh file dari internet bisa dibilang sebagai aktivitas umum yang sering dilakukan oleh banyak pengguna gadget. Berbagai jenis file memungkinkan untuk ditemukan dan didownload melalui internet, mulai dari foto, video, musik, software atau aplikasi dan masih banyak lagi jenis file lainnya. File yang bisa ditemukan dan siap untuk didownload tersebut ukurannya cukup bervariasi. Ada jenis file dengan ukuran kecil dan ada pula yang cukup besar.

Cara Menggunakan IDM Android
Cara Menggunakan IDM Android

Khusus untuk jenis file yang berkapasitas besar, biasanya membutuhkan waktu lama untuk mendownloadnya. Terlebih lagi hal ini juga akan memakan banyak kuota internet. Salah satu cara untuk mempercepat download file besar di internet tersebut yakni dengan menggunakan bantuan softwere. Salah satu software paling terkenal dan terbukti mampu mempercepat proses download yakni IDM atau Internet Download Manager. Sayangnya aplikasi hanya bisa ditemukan di platform Windows alias perangkat laptop atau PC.

Baca Juga:

Bagaimana dengan di perangkat HP android? Apakah ada aplikasi semacam IDM yang bisa mempercepat proses download tersebut? Sekarang ini sudah hadir banyak sekali aplikasi pendukung di HP android. Salah satunya yakni aplikasi Internet Download Manager yang diklaim cukup ampuh untuk mempercepat proses download file besar. Di bawah ini sudah saya rangkumkan rekomendasi aplikasi IDM berserta cara menggunakan IDM android tersebut. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Cara Menggunakan IDM Android (Internet Download Manager)

Cara Menggunakan IDM Android Tercepat
Cara Menggunakan IDM Android Tercepat

Kemampuan dari IDM di PC sudah tidak perlu diragukan lagi. Terbukti hingga sekarang ini masih banyak pengguna yang mempercayakan proses download file besar melalui IDM tersebut. Hal ini juga membuat banyak pengguna smartphone android khusunya menginginkan kehadiran IDM tersebut di platform android.

Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada tanda-tanda kehadiran IDM di PC tersebut untuk versi mobile-nya. Tetapi tenang saja, ternyata masih ada alternatif IDM di android yang diklaim juga mampu mengoptimalkan proses download. Aplikasi yang dimaksud tersebut yakni Advanced Download Manager atau ADM.

ADM atau Advanced Download Manager ini sendiri punya fungsi yang sama seperti IDM di PC atau laptop. Di sini kamu bisa mengelola file yang akan didownload, serta juga bisa mempercepat proses download tersebut. Lantas, bagaimana cara menggunakan IDM android bernama Advanced Download Manager tersebut? Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama pastinya kamu perlu mengunduh dan menginstall aplikasi Advanced Download Manager android tersebut.
  • Jika sudah, sekarang kamu bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut di HP android kesayanganmu.
  • Pada halaman utama aplikasi Advanced Download Manager, tinggal kamu klik tombol Add. Selanjutnya kamu masukkan link download file yang sudah kamu dapatkan beserta namanya.
  • Di sini kamu tidak hanya bisa mengunduh file dari 1 link download saja, melainkan juga bisa menambahkan link download lain. Caranya dengan klik tombol ADD yang ada di sebelah kanan kotak memasukkan link tersebut.
  • Kalau semuanya sudah siap, selanjutnya kamu klik tombol Start All. Dan proses download file akan langsung dimulai, tinggal kamu tunggu proses download tersebut hingga selesai.

Untuk link download file-nya sendiri bisa kamu dapatkan melalui browser. Sebelumnya kamu harus mencari file yang ingin didownload melalui browser, baik itu Chrome, Opera Mini, UC Browser atau yang lainnya. Setelah ketemu, selanjutnya kamu tinggal copy link download file tersebut dan masukkan ke aplikasi Advanced Download Manager tadi. Mudah sekali bukan?

Memang untuk segi penggunaan agak lebih susah dibandingkan IDM yang ada di PC atau laptop. Tetapi, untuk urusan pengelolaan dan proses downloadnya sama mudah dan cepatnya dengan IDM di PC atau laptop. Menariknya lagi, aplikasi Advanced Download Manager atau ADM android ini bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Meskipun demikian, fitur yang disediakan cukup lengkap.

Fitur yang Disediakan di Aplikasi Advanced Download Manager

Seperti yang dijelaskan, aplikasi ADM android ini dibekali dengan beragam fitur canggih di dalamnya. Fitur-fiturnya tersebut dihadirkan tentunya untuk memanjakan para penggunanya. Adapun fitur yang disediakan di dalam aplikasi ADM atau Advanced Download Manager selengkapnya, sebagai berikut:

1. Fitur Pengelola Download sesuai Tipe File

ADM atau Advanced Download Manager dibekali dengan fitur keren yang memungkinkan berbagai tipe file tidak tercampur menjadi satu. File yang sudah didownload melalui ADM akan ditempatkan sesuai tipenya masing-masing.

Misalnya yang didownload adalah file video, maka file tersebut akan diletakkan di tempat khusus untuk menyimpan file video. File tersebut tidak akan dicampur bersama jenis atau tipe file lain, seperti foto, aplikasi, dokumen atau yang lainnya.

2. Fitur untuk Sortir Hasil Download

Di dalam aplikasi Advanced Download Manager ini kamu juga bisa melakukan sortir dengan mudah. Pasalnya di dalam aplikasi sudah ada fitur sortir khusus yang akan memudahkan aktivitas tersebut.

Dengan adanya fitur sortir file tersebut, pastinya file hasil download akan terorganisir dengan baik dan rapi. Kamu yang sering lupa menaruh file download di mana, fitur ini akan membantu memudah kamu menemukan file tersebut.

3. Fitur Filter Proses Download

Ada pula fitur yang akan mempermudah kamu melakukan filter saat proses download berlangsung. Saat mengunduh banyak file dalam waktu bersamaan, fitur ini akan membantu kamu memantau proses download tersebut dengan lebih mudah.

Di sini kamu bisa mengganti tampilan filter menjadi satu list, sehingga pemantuan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Nantinya kamu akan melihat mana saja file yang masih dalam proses download, selesai download atau bahkan yang gagal download.

4. Fitur untuk Mengatur Proses Download

Tidak jauh seperti fitur yang ada di IDM, Advanced Download Manager juga menyediakan fitur yang bisa mengatur proses download. Fitur ini dihadirkan dengan tujuan untuk membantu proses download agar lebih efisien.

Di sini kamu bisa mengatur banyak hal seputar proses download, seperti pengaturan kecepatan download, download banyak file sekaligus, resume download dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Fitur Built-In Browser

Dan fitur terbaik di Advanced Download Manager yang terakhir yakni fitur Built-In Browser. Tidak seperti kebanyakan aplikasi Internet Download Manager lainnya, di ADM menyediakan browser di dalamnya.

Dengan adanya browser ini, tentunya kamu akan bisa lebih mudah pengunduhan berbagai jenis file langsung dari dalam aplikasi ADM. Tidak perlu lagu susah payah mencari link download file melalui browser lain yang pastinya bakal menghabiskan banyak waktu. Hal ini juga bisa menjadi jawaban jika memang link download yang kamu cari di browser lain sangat sulit untuk di-copy.

Penutup

Mudah bukan cara menggunakan IDM Android untuk mengelola dan mempercepat proses download file di atas. Sebenarnya masih ada beberapa jenis aplikasi IDM lain di android yang bisa kamu gunakan. Namun, yang terbaik dan paling banyak digunakan yakni ADM atau Advanced Download Manager ini. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?