Cara Menggunakan Google Translate Dengan Kamera

39
Cara Menggunakan Google Translate Dengan Kamera

Cara Menggunakan Google Translate Dengan Kamera – Bagi mereka yang lebih suka bepergian, katakanlah ke luar negeri, kini lebih mudah berkomunikasi dengan warga negara menggunakan aplikasi Google Translate. Google Translate sendiri di gunakan oleh lebih dari 700 juta pengguna setiap bulannya melalui mesin pencarian Google. Bicara tentang bagaimana cara penggunaan dari Google Translate, tentunya tidak sulit lagi dalam menerapkannya. Termasuk menggunakan fitur teks yaitu mengetikkan sebuah kata ke dalam kolom kalimat Google Translate. Dan tinggal menunggu fitur tersebut bekerja secara otomatis untuk menampilkan hasil terjemahan teks.

Cara Menggunakan Google Translate Dengan Kamera

Pengembangan layanan dari Google yang satu ini tidak hanya sampai di situ saja. Yang mana Aplikasi Google Translate terus menambahkan bahasa dan fitur untuk memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Salah satu fitur yang sangat berguna saat ini adalah terjemahan yang bisa di lakukan oleh kamera smartphone. Fitur yang disebut kamera instan ini dapat membantu memahami bahasa di sekitar Anda dan dapat sangat berguna saat sedang berbicara dengan orang asing. Selain itu juga fitur ini dapat di pergunakan untuk menerjemahkan teks yang di tangkap oleh kamera meskipun smartphone pengguna tidak terhubung ke data seluler atau Wi-Fi.

Baca Juga:

Pada saat ini Google Translate sendiri telah mendukung 108 bahasa termasuk bahasa Sunda, Jawa dan masih banyak lagi yang dapat di terjemahkan ke lebih dari 100 bahasa. Sebagian banyak dari bahasa yang di sajikan bisa kita download langsung ke perangkat. Sehingga, kita sebagai pengguna dapat menggunakan fitur terjemahan dari aplikasi Google Translate tersebut tanpa perlu koneksi internet. Akan tetapi, apabila perangkat terhubung ke jaringan internet maka terjemahan yang di hasilkan pun akan jauh lebih baik.

Cara Menggunakan Google Translate Dengan Kamera

Nah bagi kamu yang masih kebingungan bagaimana cara menggunakan fitur kamera dalam menterjemahkan bahasa tidak perlu bingung. Karena pada kesempatan kali ini akan kita bahas sampai tuntas, langsung saja simak rangkuman kita di bawah ini.

1. Langkah Penggunaan Kamera Google Translate

Perlu kalian tahu bahwa Google Translate ini sendiri menggunakan teknologi yang di kenal Neural Machine Translation, yang mendukung fitur kamera instannya dalam menterjemahkan kalimat. Berkat teknologi ini hasil terjemahan menjadi lebih akurat, yang mana ia dapat mengurangi kesalahan sebesar 55% dalam bahasa tertentu. Silahkan simak langkah-langkah penggunaan dari kamera terjemahan tersebut berikut ini:

  1. Langkah pertama download dan install terlebih dulu aplikasi Google Terjemahan pada Playstore.
  2. Jika sudah, langsung saja buka aplikasi tadi dan silahkan pilih bahasa yang ingin di terjemahkan pada bagian atas aplikasi. Misal seperti bahasa Inggris ke Indonesia.
  3. Selanjutnya untuk menggunakan fitur kamera instan kita klik tombol Kamera di bagian kanan bawah layar. Contohnya dapat kalian liat pada gambar di atas bagian 1.
  4. Kemudian google akan meminta izin kepada anda dalam menggunakan layanan ini. Langsung kita tekan tombol LANJUTKAN.
  5. Nah setelah itu kita akan segera masuk ke halaman penerjemah kamera. Yang mana terdapat 3 opsi terjemahan yang bisa kamu gunakan dengan masing-masing caranya.
Langkah Penggunaan Kamera Google Translate

2. Penjelasan dari 3 Opsi Kamera Instan

Yang pertama yaitu opsi Instan yang terletak di bagian kiri bawah. Dengan menggunakann fitu ini kita akan dapat menterjemahkan teks secara langsung tanpa perlu mengambil fotonya terlebih dulu. Dengan kata lain yaitu Google Terjemahan akan secara otomatis memindai teks yang tertangkap oleh kamera HP dan Melakukan terjemahan secara langsung pada layar saat itu juga. Untuk melakukan ini, klik opsi Instan di bagian bawah layar aplikasi. Dengan opsi ini, Anda hanya perlu mengarahkan kamera ke teks yang ingin Anda terjemahkan. Google Translate kemudian langsung memindai dan menerjemahkan teks pada saat itu juga yang muncul di layar kamera ponsel Anda.

Lalu opsi kedua yaitu Pindai yang terletak di bagian tengah bawah aplikasi. Melalui fitur ini kalian akan dapat menterjemahkan sebuah teks dari hasil jepretan kamera smartphone milik anda. Dengan kata lain kamera HP akan menangkap foto yang berisi teks terlebih dulu, dan barulah nanti teks tersebut akan di pindai serta di terjemahkan oleh Google Terjemahan. Untuk cara penggunaan fitur ini cukup kalian tekan tombol Pindai. Kemudian setelah teks yang kalian foto di pindai oleh Google Terjemahan, kalian bisa langsung memilih teks mana saja yang mau di terjemahkan dengan cara melakukan blok pada teks yang muncul dari hasil tangkapan kamera HP kalian. Jika sudah, tekan tombol panah di bagian atas layar. Setelah itu barulah teks akan di terjemahkan oleh aplikasi.

Kemudian yang terakhir adalah opsi Impor. Melalui fitur ini kita akan bisa menerjemahkan suatu bahasa melalui gambar yang ada di galeri HP kita. Untuk cara penggunaannya pun sangat mudah. Tinggal klik tombol Impor yang berada di bagian kanan bawah layar aplikasi. Lalu gambar yang telah di pilih tadi akan langsung di pindai dan di terjemahkan oleh Google Terjemahan sama halnya seperti opsi kedua tadi. Proses pemindaian ini juga membutuhkan waktu sampai kalimat selesai di terjemahkan. Dengan kata lain, semakin banyak teks yang ingin di translate maka waktu yang di butuhkan pun akan semakin lebih lama.

Penutup

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai Cara Menggunakan Google Translate Dengan Kamera. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, jangan sungkan untuk membagikannya ke akun sosial milikmu yaa.

Artikel SebelumnyaBegini Cara Menggunakan Voice Botika Pada WhatsApp
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Instagram yang Diblokir yang Ampuh
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini