3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Keren dan Unik

Cara Mengganti Tema WhatsApp – Bosan dengan tampilan tema WhatsApp yang begitu-begitu saja? Sekarang kamu bisa mengubah tampilan aplikasi WhatsApp menjadi lebih keren dan unik pastinya. Caranya dengan menerapkan tema WhatsApp sesuai dengan selera dan kesukaan kamu sendiri. Mengganti tema WhatsApp ini juga bisa dibilang sangat mudah, bahkan bagi pengguna awam pun bisa melakukannya.

Cara Mengganti Tema WhatsApp

Meskipun terbilang mudah, tapi tidak semua orang tahu cara mengganti tema WhatsApp seperti ini. Dengan mengubah tema WhatsApp, nantinya tampilannya akan berubah secara drastis mulai dari warna, layout, dan elemen WhatsApp lainnya. Dengan begitu, aktivitas chatting di WhatsApp akan semakin seru karena tampilannya yang berbeda.

Baca Juga:

Meski begitu, untuk mengubah tema WhatsApp ini kamu harus memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Ini karena pihak WhatsApp belum menyediakan fitur mengubah tema seperti ini. Walau menggunakan aplikasi pihak ketiga, cara ini juga terbilang aman dan tidak akan membuat akun WhatsApp kamu diblokir. Adapun cara mengganti tema WhatsApp selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Keren dan Unik

WhatsApp memang sudah menghadirkan berbagai fitur menarik bagi penggunanya. Tetapi, yang tidak pernah ada perubahan dari aplikasi WhatsApp adalah tampilannya yang sama dari dulu hingga sekarang. Hal ini membuat para pengguna bosan dan ingin mengubah tampilannya dengan cara mengganti tema WhatsApp. Adapun cara-cara tersebut, di antaranya:

1. Menggunakan Aplikasi GBWhatsApp

GBWhatsApp merupakan salah satu aplikasi Mod WhatsApp yang umum digunakan sekarang ini. GBWhatsApp sendiri tersedia dalam banyak versi, developernya pun bukan hanya satu. GBWhatsApp banyak dipilih karena menyediakan berbagai fitur spesial yang tidak bisa ditemukan di aplikasi WhatsApp resminya. Salah satunya adalah fitur untuk mengganti tema WhatsApp.

Karena merupakan aplikasi mod WhatsApp, jadi tidak jarang pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut terkena blokir oleh WhatsApp. Meski begitu, ada beberapa tips agar akun GBWhatsApp tidak diblokir oleh WhatsApp, salah satunya adalah menggunakannya secara wajar. Jangan pula gunakan fitur tersembunyi WhatsApp yang bisa merugikan pengguna lain kalau tidak ingin akunmu langsung diblokir. 

Mengenai cara mengganti tema WhatsApp dengan aplikasi GBWhatsApp, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu harus mengunduh dan menginstall GBWhatsApp di HP android. Karena sudah menggunakan GBWhatsApp, jadi aplikasi WhatsApp resmi harus kamu hapus. Sebelumnya lakukan backup data agar nantinya bisa dipindah ke akun GBWhatsApp. Baca di sini >> Cara Download dan Install GBWhatsApp Anti Banned
  • Pastikan kamu daftar akun menggunakan nomor WhatsApp sebelumnya. Jika sudah, selanjutnya kamu restore data WhatsApp lama ke GBWhatsApp baru.
  • Jika sudah masuk, selanjutnya kamu klik tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu klik GB Settings.
  • Langkah selanjutnya kamu klik Download themes. Cari tema WhatsApp yang kamu suka, lalu klik tombol Apply untuk menerapkannya.
  • Secara otomatis, tampilan WhatsApp kamu akan berubah sesuai tema yang sudah dipilih tadi.

Jika kamu tidak ingin menghapus aplikasi WhatsApp resmi juga masih diperbolehkan. Karena menginstall aplikasi GBWhatsApp memungkinkan kamu menjalankan 2 akun whatsApp secara bersamaan di satu perangkat android.

2. Menggunakan WhatsApp Plus

Selain GBWhatsApp, kamu juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Plus untuk bisa mengganti tampilan atau tema WhatsApp. Cara tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya, hanya saja jenis aplikasinya yang tidak sama. Menggunakan aplikasi WhatsApp Plus, kamu juga tidak perlu melakukan rooting smartphone. Adapun cara mengganti tema WhatsApp dengan WhatsApp Plus, sebagai berikut:

  • Pertama kamu harus menghapus aplikasi WhatsApp original yang terinstall di HP android. Namun, sebelumnya kamu perlu melakukan backup chat dan data WhatsApp lainnya ke Google Drive. 
  • Selanjutnya adalah menginstall aplikasi WhatsApp Plus, lalu login dengan nomor telepon yang digunakan di WhatsApp resmi sebelumnya. Jika sudah, lakukan restore data WhatsApp lama ke akun WhatsApp Plus yang sudah diinstall.
  • Langkah berikutnya kamu perlu mengunduh file tema WhatsApp (link bisa dilihat di bawah). Ekstrak file unduhan tahu, lalu pindahkan ke folder WhatsApp >> Themes >> Saved.
  • Jalankan aplikasi WhatsApp Plus yang sudah diinstall tadi. Pada halaman utama, klik ikon tiga titik di bagian pojok kanan atas, lalu pilih Plus Settings.
  • Pada opsi Themes, klik More lalu klik pada opsi Load.
  • Selanjutnya kamu cari dan klik file tema WhatsApp yang ingin dipasang, kemudian restart HP dengan klik OK pada notifikasi yang muncul.
  • Sekarang kamu sudah bisa mengganti tema WhatsApp dengan mudah.

Pilihan tema WhatsApp Plus :

3. Menggunakan Aplikasi Parallel Space

Parallel Space sejatinya merupakan aplikasi kloning app di android yang sudah umum digunakan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menjalankan 2 aplikasi yang sama di dalam satu perangkat android, salah satunya adalah aplikasi WhatsApp. Selain mengkloing aplikasi, Parallel Space juga bisa mengganti tema WhatsApp menjadi lebih unik dan keren. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah pertama kamu perlu menginstall aplikasi Parallel Space di HP androidmu.
  • Setelah berhasil diinstall, langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Dalam hal ini kamu bisa mengkloning aplikasi WhatsApp untuk nantinya dirubah temanya. Centang aplikasi WhatsApp, lalu klik Add to Parallel Space.
  •  Pada halaman berikutnya, klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih menu Settings.
  • Scroll ke bawah, lalu pilih opsi Theme Store. Pilih tema yang ingin kamu gunakan untuk WhatsApp, lalu terapkan.

Meskipun terbilang sangat mudah, namun tema yang disediakan di Parallel Space ini tidak terlalu banyak.

Penutup

Itulah tadi cara mengganti tema WhatsApp yang keren dan unik bisa kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share ke akun media sosial pribadi kamu ya?