Berbagai Cara Mengganti Password WiFi di Modem Indihome

Berbagai Cara Mengganti Password WiFi di Modem Indihome Pernah tidak sih kamu merasa kesal di karenakan WiFi rumah yang tiba-tiba saja terasa lambat. Padahala ya, jumlah anggota keluarga kita yang memakai jaringan tersebut juga sedikit. Akan tetapi penggunaan jaringan menunjukkan penggunaan pribadi yang telah terlalu banyak. Hal ini mungkin saja terjadi di katenakan kebocoran password WiFi di lingkungan rumah kita. Kalau sudah seperi itu kita harus mengganti kata sandi secara rutin. Apalagi ya, Wifi Indihome di kenal dengan kecepatan aksesnya yang cepat. Sehingga terkadang kita tak sadar kalau ada orang asing yang mengaksesnya secara diam-diam.

Berbagai Cara Mengganti Password WiFi di Modem Indihome

Kenapa sebaiknya kita harus mengganti password WiFi Indihome secara rutin? Tentu saja hal ini berguna dalam meminimalisir jaringan WiFi kita dari orang yang tak bertanggung jawab. Bagi kamu yang belum paham apa sih guna dari password ini. Jadi, password atau kata sandi in adalah sebuah kalimat dari sekumpulan karakter kata dan angka. Yang di pergunakan oleh jaringan sistem operasi yang mendukung banyak user untuk memverifikasi identitas kedalam sistem keamanan yang di miliki pada suatu jaringan. Singkatnya password merupakan suatu tanda pengenal berupa kode rahasia yang dasarnya hanya di ketahui oleh penggunanya sendiri.

Baca Juga:

Sampai kapanpun pengguna layanan Internet Service Provider (ISP) pastinya tak terlepas dari yang namanya modem. Dari sekian banyaknya merk router modem WiFi pada WiFi Indihome, kamu harus mengetahui terlebih dulu merk router modem yang kamu pakai ya guys. Di antaranya ada modem ZTE, Huawei dan TP-Link. Nah dari ketiga merk modem yang di gunakan oleh Indihome pastinya memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengganti passwordnya. Jadi bagi kamu yang belum tahu nih bagaimana cara mengganti password pada modem kamu. Maka sebelum itu ketahui dulu ya merk modem yang kamu gunakan.

Berbagai Cara Mengganti Password WiFi di Modem Indihome

Menggonta-ganti password memang ya terlihat sedikit merepotkan. Pasalnya kita harus membuat rangkaian kata berkali-kali yang mana beirisi huruf dan simbol baru yang unik agar terhindar dari potensi di retas orang asing. Akan tetapi, walaupun begitu cara ini teruji ampuh lho untuk menghindari kebobolan jaringan tanpa izin. Tanpa perlu pusing lagi, mari simak isi artikel kita kali ini yang berjudul berbagai cara mengganti Password WiFi di modem Indihome.

1. Mengganti Password WiFi Indihome di Modem ZTE

Jenis modem Indihome pertama yang akan kita bahas yakni modem ZTE. Kenapa? Karena tipe modem ini menurut saya yang paling banyak penggunanya. Untuk mempraktikkan cara mengganti password modem ini pastinya kita membutuhkan bantuan dari perangkat lain ya. Sebab kita akan menggunakan media browser, maka setiap cara yang akan kita bahas ini bisa di praktikan pada perangkat keras smartphone, komputer dan juga laptop.

Mengganti Password WiFi Indihome di Modem ZTE

Kalau kamu pengguna modem ZTE ini, maka pada saat mau mengganti kata sandi WiFi nanti kamu akan di mintai Username dan Kata Sandi user dari modem tersebut. Nah untuk mengetahui Username dan Kata Sandi modem ZTE ini bisa kamu lihat pada bagian bawah stiker. Ada sebuah sticker di sana yang berisikan beberapa informasi seperti seri modem, model, MAC Address, Username dan Kata Sandi yang perlu kamu masukan nantinya.

Setelah mengetahui Username dan Kata Sandi dari modem ZTE yang kalian punya. Saatnya kita memulai langkah untuk mengganti password Wifi pada modem tersebut. Simak langkah-langkahnya secara lengkap berikut ini:

  1. Buka browser pada perangkat HP, laptop atau komputer anda
  2. Kemudian masukan kode berikut pada alamt url nya 192.168.1.1 dan tekan enter atau search
  3. Lalu kita akan di sajikan tampilan berupa kolom Username dan Kata Sandi
  4. Pada kolom Username kita isi Admin, dan di kolom Kata Sandi kita isikan User. Nah jika di kamu gagal masuk dengan cara ini, cobalah dengan mengisi Username dan Kata Sandi sesuai sama yang tertera pada modem ZTE kamu sebelumnya
  5. Jika sudah berhasil masuk, kita klik menu Network dan WLAN
  6. Kita klik opsi SSID Setting
  7. Kemudian masukan Nama Wifi kamu yang baru di kolom SSID Name dan tekan Submit
  8. Lanjut dengan menekan menu Security pada bagian kiri
  9. Pada kolom WPA Passphrase kita isikan dengan password WiFi yang baru untuk mengganti kata sandi yang lama
  10. Kalau di rasa sudah, tinggal klik Submit dan selesai.

2. Mengganti Password WiFi Indihome di Modem Huawei

Mengganti Password WiFi Indihome di Modem Huawei

Selain hadir dengan membuat sederet smartphone dengan kualitas kamera yang baik, brand Huawei juga menyediakan produk router modem lho. Yang mana moden Huawei sendiri banyak di gunakan pada pengguna WiFi Indihome. Selanjutnya, untuk tutorial cara mengganti password pada modem Huawei sendiri tidak jauh berbeda dari yang pertama tadi. Yang membuatnya berbeda adalah alamat URL dan juga tampilan halaman yang di sajikan. Untuk letak Username dan Password modemnya sendiri dapat kalian cek pada bagian bawah model ya, di bagian stickernya.

Bagi kamu yang sudah penasaran, langsung saja simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Pertama buka browser pada perangkat HP, PC atau laptop kalian
  2. Selanjutnya masukan alamat URL berikut 192.168.100.1 atau 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 atau 192.168.1.254 dan tekan enter
  3. Kemudian masukan Username dan Password yang tertera pada bagian bawah modem Huawei kalian. Kalau tidak ada, coba masukan user berikut ini username : admin , password : admin. Atau username : support , password : support. Atau juga Username : support password : theworldinyourhand
  4. Jika sudah berhasil masuk kita tekan menu WiFi atau Wireless
  5. Pada kolom SSID masukan Password baru kalian
  6. Setelah itu tinggal tekan Apply atau Save.

3. Mengganti Password WiFi Indihome di Modem TP-Link

TP-Link juga merupakan salah satu router yang banyak di gunakan pada WiFi Indihome. TP-Link sendiri terkenal dengan kualitasnya yang bagus dan awet. Jadi tak heran ya kalau modem ini banyak di gunakan oleh para pengguna WiFi. Sebelum melanjutkan ke bagian langkah-langkah mengganti passwordnya, terlebih dulu cek username dan password modemnya pada bagian bawah modem. Sekalinya pun tidak ada, kamu gak usah khawatir, karena untuk settingan defaultnya saja yaitu cukup mengisi admin pada kolom username dan password.

Mengganti Password WiFi Indihome di Modem TP-Link

Nah, bagi anda pengguna layanan internet Indhome dengan menggunakan router TP-Link, berikut di bawah ini langkah untuk mengganti password WiFinya:

  1. Buka browser pada perangkat laptop, smartphone atau komputer anda
  2. Masukan alamat URL berikut 192.168.0.1 atau 192.168.1.1
  3. Pada kolom Username masukan admin, dan passwordnya masukan admin juga. Atau jika tidak berhasil masukan user pada kedua kolom tersebut dan tekan Login
  4. Setelah berhasil masuk, kita tekan menu Wireless
  5. Klik opsi Wireless Security dan tinggal kalian rubah password WiFi pada bagian kolom Wireless Password
  6. Terakhir tinggal tekan Apply.

Penutup

Baiklah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai judul kita yakni Berbagai Cara Mengganti Password WiFi di Modem Indihome. Sebelum beranjak meninggalkan situs kita, jangan lupa untuk share terlebih dulu artikel kita ya. Terimakasih, dan sampai jumpa.

Eren Yeager
Hello people 🙂 Perkenalkan nama saya Eren, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber 🙂 this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini