Cara Mengganti Nama di Facebook Lewat HP Android

Cara Mengganti Nama di Facebook – Terhitung per Januari 2021 jumlah pengguna aktif Facebook diperkirakan mencapai angka 2.7 miliar pengguna. Jumlah tersebut sekaligus menempatkan Facebook sebagai platform jejaring sosial yang paling banyak penggunanya. Hal ini tentu tidak didapatkan secara instan, di mana Facebook selalu menghadirkan hal-hal baru supaya tetap menarik minat pengguna. Setiap waktunya pasti ada fitur baru yang dihadirkan oleh Facebook untuk semakin memanjakan para penggunanya.

Cara Mengganti Nama di Facebook
Cara Mengganti Nama di Facebook

Akun Facebook memungkinkan untuk dimiliki oleh siapa saja, pengguna tidak perlu membayar untuk itu. Cara pembuatan akun Facebook pun terbilang sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan akun e-mail ataupun nomor telepon sebagai syarat pendaftarannya. Dan juga halaman Facebook sudah bisa diakses dari berbagai platform, baik itu melalui smartphone maupun komputer. Untuk pengguna smartphone lebih mudah mengaksesnya karena sudah disediakan aplikasi khususnya.

Baca Juga:

Sebagai pengguna Facebook, kita bisa dengan bebas mengatur foto profil dan nama akun sebagai pengenal. Khususnya untuk nama akun FB, kita bisa menggunakan nama asli, nama panggilan atau nama kecil sesuai keinginan. Yang tidak diperbolehkan adalah penggunaan nama orang lain, mengandung kata negatif, ataupun nama produk/usaha. Pengguna juga memungkinkan untuk mengganti nama akun Facebooknya tersebut kapan saja. Akan tetapi, ternyata belum semua pengguna tahu cara mengganti nama di Facebook tersebut. Apakah kamu juga salah satunya? Kalau begitu kamu perlu menyimak ulasan di bawah ini!

Cara Mengganti Nama di Facebook Lewat HP Android

Sebenarnya sangat mudah untuk ganti nama di akun Facebook, khususnya untuk pengguna android. Hanya saja memang tidak semua pengguna mengetahui cara tersebut. Setidaknya ada 2 metode yang bisa kamu terapkan untuk penggantian nama akun Facebook melalui perangkat smartphone android ini, yakni langsung dari aplikasi Facebook dan tanpa aplikasi. Adapun cara mengganti nama di Facebook dari HP android selengkapnya, sebagai berikut:

1. Ganti Nama di FB via Aplikasi Facebook

Cara yang pertama yakni mengganti nama di akun FB melalui aplikasi Facebook secara langsung. Di sini kamu perlu menginstall aplikasi Facebook terlebih dahulu di perangkat HP android. Namun, untuk beberapa tipe HP keluaran baru biasanya aplikasi Facebook akan langsung tersedia secara default, sehingga pengguna tidak perlu menginstalnya lagi.

Mengenai langkah-langkah mengubah nama di akun Facebook lewat aplikasi Facebook selengkapnya, yakni:

Ganti Nama di FB via Aplikasi Facebook
Ganti Nama di FB via Aplikasi Facebook
  • Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan yakni mendownload dan install aplikasi Facebook jika memang belum tersedia di android.
  • Sekarang kamu buka aplikasi Facebook tersebut, kemudian login ke akun FB yang ingin diubah namanya.
  • Pada halaman Beranda Facebook, kamu klik ikon tiga garis horizontal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  • Scroll ke bawah, kemudian pilih opsi Pengaturan & Privasi lalu klik pada opsi Pengaturan.
  • Pada halaman baru yang ditampilkan kamu klik pada opsi Informasi Pribadi dan Akun.
  • Selanjutnya klik pada Nama Akun yang ada di bagian paling atas pilihan.
  • Sekarang kamu bisa langsung mengganti nama akun Facebook dengan nama baru. Ada 3 kolom yang disediakan, yakni Nama depan, Nama tengah dan Nama belakang. Jika namamu hanya terdiri dari 2 suku kata, maka isikan pada Nama depan dan Nama belakang saja.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya kamu klik tombol Tinjau Perubahan.
  • Tim Facebook akan terlebih dahulu meninjau pengajuan nama baru yang kamu masukkan tadi. Jika memang valid dan disetujui, maka nama akun Facebookmu akan langsung berubah.
  • Selesai.

Catatan: Melalui halaman ini kamu tidak hanya bisa mengganti nama akun saja, melainkan juga bisa menambah nama panggilan atau nama kecil melalui opsi Nama Lain yang ada di bagian paling bawah.

2. Ganti Nama di FB Tanpa Aplikasi Facebook

Khusus untuk kamu yang tidak memiliki aplikasi Facebook, cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Mungkin karena alasan tertentu sehingga kamu tidak ingin menginstall aplikasi tambahan di android, termasuk aplikasi Facebook. Sebagai gantinya, kamu bisa mengakses halaman Facebook melalui browser.

Untuk langkah-langkah mengganti nama di akun Facebook melalui browser di HP selengkapnya, yakni:

Ganti Nama di FB Tanpa Aplikasi Facebook
Ganti Nama di FB Tanpa Aplikasi Facebook
  • Langkah yang pertama kamu buka browser di HP android. Kamu bisa menggunakan browser apa saja, baik itu Google Chrome, UC Browser, Opera atau yang lain sebagainya.
  • Pada halaman browser kamu kunjungi situs Facebook. Kemudian login ke akun Facebook yang ingin kamu ganti namanya.
  • Setelah berhasil login dan masuk ke halaman Beranda Facebook, selanjutnya kamu klik ikon tiga garis horizontal yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  • Scroll ke bawah, kemudian klik pada opsi Pengaturan.
  • Selanjutnya kamu masuk ke opsi Informasi Pribadi dan Akun.
  • Kemudian klik pada opsi Nama yang ada dibagian paling atas.
  • Sekarang kamu atur nama baru yang ingin digunakan. Jika namamu lebih dari dari 3 suku kata atau lebih, maka bisa diisikan pada semua kolom, yakni Nama depan, tengah dan belakang. Namun, jika namanya hanya terdiri dari 2 suku kata, maka hanya mengisi pada kolom Nama depan dan belakang saja.
  • Jika sudah, kamu klik tombol Tinjau Perubahan. Tinggal menunggu persetujuan dari Facebook sampai nantinya nama akun akan langsung berubah.
  • Selesai.

Syarat dan Ketentuan Nama yang Boleh Digunakan di Facebook

Facebook menyediakan fitur untuk mengganti nama akun yang bebas digunakan oleh pengguna. Namun, perlu kamu ingat ketika sudah mengganti nama akun FB, maka perlu menunggu waktu 60 hari untuk kamu bisa menggantinya lagi dengan nama lain. Artinya sebelum 60 hari dari waktu penggantian nama, kamu tidak akan bisa melakukan penggantian lagi sampai melebihi batas waktu tersebut.

Selain itu, ada beberapa ketentuan yang perlu kamu ketahui berkenaan dengan nama yang akan digunakan untuk akun Facebook, di antaranya:

  • Harus menggunakan nama sendiri, baik itu nama asli sesuai KTP, nama panggilan, nama masa kecil, atau nama kesayangan.
  • Tidak boleh menggunakan nama produk atau usaha. Jika memang akun ingin digunakan untuk kepentingan bisnis atau organisasi, maka bisa membuat Halaman atau Page.
  • Nama tidak boleh mengandung simbol, huruf besar yang tidak wajar, angka, tanda baca dan juga karakter yang berulang.
  • Nama tidak boleh mengandung karakter dari banyak bahasa.
  • Tidak boleh menyematkan gelar pada nama, baik itu gelar profesional maupun gelar agama.
  • Nama tidak boleh mengandung frasa sebagai ganti nama.
  • Dalam nama tidak boleh terdapat kata-kata sugestif ataupun yang menyinggung.

Diharapkan pengguna mematuhi syarat dan ketentuan nama untuk akun Facebook yang sudah ditetapkan di atas. Jika tidak, jangan harap nama baru yang kamu masukkan akan disetujui oleh pihak Facebook. Lebih baik lagi jika menggunakan nama asli atau sesuai KTP agar nama langsung disetujui oleh Facebook.

Penutup

Itulah tadi cara mengganti nama di Facebook lewat perangkat HP android yang mudah bisa coba kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Abdul Wafihttps://www.bukandroid.com
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Konten Terbaru

Related news

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini