Cara Mengganti Keyboard di HP Samsung Paling Mudah

Cara Mengganti Keyboard di HP Samsung – Siapa yang tidak kenal dengan Samsung? Salah satu brand smartphone ternama yang sudah punya banyak sekali peminat di seluruh dunia saat ini. Samsung sendiri menghadirkan berbagai pilihan produk smartphone android canggih dengan variasi harga yang berbeda-beda. Mulai dari HP android low-end, mid-end hingga high-end atau flagship. Hampir semua produk HP android dari Samsung laris manis di pasaran, termasuk juga di Indonesia.

Cara Mengganti Keyboard di HP Samsung
Cara Mengganti Keyboard di HP Samsung

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang berminat membeli HP dari Samsung yakni kualitasnya. Seperti yang kita tahu, kualitas HP android dari Samsung sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya itu saja, Samsung juga sudah menyematkan berbagai fitur canggih yang semakin membuat produk HP androidnya tersebut berkualitas bagus. Spesifikasinya yang tinggi turut membuat performa kinerja yang dihasilkannya sangat mumpuni. Alasan lainnya mungkin juga dari segi antarmuka HP Samsung yang tampak smooth berkat dukungan One UI yang digunakannya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai fitur yang ada di HP Samsung, salah satu yang paling dibutuhkan oleg pengguna yakni keyboard. Keyboard virtual bawaan dari HP Samsung sudah tampak bagus dan responsif. Hanya saja, kadang pengguna suka bosan dengan keyboard bawaan Samsung tersebut sehingga ingin menggantinya. Bisakah mengganti keyboard bawaan di HP Samsung? Tentu bisa. Berikut ini cara mengganti keyboard di HP Samsung yang paling mudah bisa kamu terapkan.

Cara Mengganti Keyboard di HP Samsung Paling Mudah

Cara Mengganti Keyboard HP Samsung
Cara Mengganti Keyboard HP Samsung

Keyboard merupakan salah satu komponen input yang fungsinya sangat penting di HP android. Dengan adanya keyboard maka akan memudahkan kita mengetik kata atau kalimat saat chattingan. Selain itu, ada beberapa perintah lain di HP yang mengharuskan kita menggunakan keyboard sebagai alat inputannya. Bisa dibayangkan jika keyboard di HP android error, pastinya aktivitas di HP android akan sangat terganggu.

Jika keyboard bawaan HP android mengalami masalah error, salah satu cara mengatasinya yakni dengan mengganti keyboard lain. Di sini kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga sebagai pengganti keyboard bawaan HP. Cara ini sendiri bisa dilakukan pada semua tipe HP android, termasuk HP dari Samsung. Adapun langkah-langkah mengganti keyboard bawaan di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

1. Ganti Keyboard Samsung Melalui Pengaturan

Cara mengganti keyboard di HP Samsung yang pertama bisa kamu lakukan melalui menu Pengaturan atau Setelan di HP android. Cara ini dianggap paling mudah dan simpel untuk sekedar melakukan penggantian keyboard Samsung. Bahkan kalian yang masih awam pun bisa melakukan cara ini dengan mudah dan cepat.

Umumnya pilihan keyboard yang ada di HP Samsung hanya ada satu saja, yakni Keyboard Samsung. Jadi, jika ingin mengganti keyboard bawaan Samsung tersebut, itu artinya kamu harus memasukkan keyboard lain di dalamnya. Mengenai langkah-langkah selengkapnya, bisa kamu simak di bawah ini:

  • Langkah yang pertama kamu install terlebih dahulu aplikasi keyboard melalui Google Play Store. Ada banyak sekali pilihan keyboard virtual terbaik di sana, bisa kamu pilih sesuka hati. Misalnya saja di sini saya memilih aplikasi Gboard – Keyboard dari Google.
  • Setelah berhasil diinstall aplikasi keyboardnya, sekarang lanjut ke cara penggantiannya.
  • Sekarang kamu bisa masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Masuk ke opsi Manajemen Umum, kemudian pilih opsi Bahasa dan input.
  • Klik Pada opsi Keyboard, lalu ganti dengan keyboard yang baru diinstall tadi.
  • Jadikan aplikasi keyboard baru tersebut sebagai keyboard default di HP Samsung agar bisa mulai digunakan.
  • Selesai.

Untuk mengetes apakah keyboard Samsung sudah diganti atau belum, kamu bisa membuka salah satu aplikasi chatting. Misalnya saja aplikasi WhatsApp, kemudian buka salah obrolan dan klik kolom chat yang biasa digunakan untuk memasukkan isi chatting. Biasanya keyboard yang baru sudah bisa kamu gunakan.

2. Ganti Keyboard Samsung Langsung dari Aplikasi

Cara yang kedua ini sebenarnya sama saja seperti cara di atas. Hanya saja di sini kamu bisa mengaktifkan keyboard baru langsung dari aplikasinya. Tidak perlu lagi mengaturnya secara manual melalui menu Setelan HP Samsung. Ada banyak pilihan aplikasi keyboard yang bisa kamu gunakan di HP Samsung. Salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan yakni Keyboard SwiftKey.

Untuk cara menggunakan Keyboard SwiftKey di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi Keyboard SwiftKey di HP Samsung.
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Nantinya di aplikasi tersebut akan muncul opsi untuk mengaktifkan keyboard. Kamu pilih opsi Aktifkan SwiftKey untuk mulai mengaktifkannya.
  • Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman Kelola Keyboard. Di sini kamu bisa memilih keyboard baru untuk segera digunakan di HP Samsung-mu.
  • Berikutnya kamu pilih Keyboard Default, lalu atur keyboard ke keyboard baru yang diinstall tadi.
  • Selesai.

Bagaimana Jika HP Samsung Tidak Bisa Ganti Keyboard?

Sudah melakukan cara penggantian keyboard HP Samsung di atas, namun tetap saja yang tampil adalah keyboard bawaan Samsung. Masalah seperti ini bisa saja terjadi dan penyebabnya juga bervariasi. Mungkin saja aplikasi keyboard yang kamu gunakan tidak kompatibel dengan HP Samsung-mu. Jika hal ini benar adanya, maka kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi keyboard lain yang ada di Google Play Store.

Selain masalah kompatibilitas, masalah lain yang menyebabkan HP tidak bisa ganti keyboard yakni karena HP itu sendiri yang bermasalah. Jika hal ini yang terjadi pada HP Samsung-mu, solusinya yakni dengan melakukan factory reset. Dengan melakukan reset HP kemungkinan masalah error yang terjadi akan segera teratasi.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara mengganti keyboard di HP Samsung yang paling simpel dan mudah bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu ya?