Cara Mengganti Email LINE di HP Android

44
Cara Mengganti Email LINE
Cara Mengganti Email LINE

Cara Mengganti Email LINE – Kita tahu di android ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa ditemukan dan digunakan. Hampir semua jenis aplikasi bisa kita gunakan secara gratis, akan tetapi terkadang ada beberapa item atau fitur di dalam aplikasi yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar. Selain itu, ada pula aplikasi yang memang berbayar sejak kamu pertama kali ingin mengistallnya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diakses melalui Google Playstore yang memang menjadi gudang dari aplikasi android. Situs penyedia aplikasi android lain juga tersedia internet yang bisa kamu akses dengan mudah.

Cara Mengganti Email LINE
Cara Mengganti Email LINE

Dari sekian banyaknya aplikasi android, salah satu yang paling banyak diminati dan digunakan yakni aplikasi Sosial media. Tidak heran memang karena aplikasi semacam ini bisa dijadikan hiburan tersendiri bagi pengguna, serta bisa dijadikan ajang untuk bersosialisasi. Salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan yakni LINE. LINE sendiri sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai aplikasi chatting online. Namun, seiring berkembangnya aplikasi tersebut membuat fungsinya semakin fleksibel sehingga banyak yang meminati aplikasi tersebut.

Baca Juga:

Untuk menggunakan aplikasi LINE, kamu diharuskan terlebih dahulu untuk mendaftar akun, baik menggunakan nomor HP atau e-mail. Tidak hanya sebagai pelengkap akun LINE, alamat e-mail juga berguna jika kita ingin mengubah atau mengatur ulang kata sandi akun LINE di kemudian hari. Sudah mendaftarkan akun e-mail di LINE, akan tetapi kamu ingin menggantinya dengan e-mail baru? Cara bisa dilakukan dengan sangat mudah langsung dari aplikasi LINE di android. Berikut ini cara mengganti email LINE di HP android bisa kamu simak dan terapkan.

Cara Mengganti Email LINE di HP Android

Cara Mengubah Email LINE
Cara Mengubah Email LINE

Mengganti akun email yang terdaftar di smartphone android bisa dilakukan melalui aplikasi LINE yang terpasang di HP android. Cara penggantiannya pun terbilang sangat mudah, bahkan kamu yang masih pemula tidak akan kesulitan menerapkan sara ini. Syaratnya akun email baru yang ingin digunakan dalam keadaan aktif dan bisa kamu akses untuk mengelola pesan yang ada di dalamnya.

Mengenai cara mengganti email LINE melalui smartphone android yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi LINE di HP android. Kemudian login ke akun LINE yang ingin kamu ubah alamat email yang terhubung di akun LINE tersebut.
  2. Pada halaman Beranda akun LINE, kamu klik Pengaturan atau Ikon Gerigi.
  3. Kemudian lanjutkan dengan klik pada opsi Akun.
  4. Untuk mengubah alamat email terdaftar, kamu klik pada opsi Alamat Email. Kemudian klik Ubah Email.
  5. Biasanya aplikasi akan meminta kamu untuk memasukkan password kunci layar sesuai yang kamu gunakan, baik itu dengan password atau pola kunci. Ini bukanlah password akun LINE, melainkan password yang digunakan untuk kunci layar HP.
  6. Setelah itu, tinggal kamu hapus alamat email lama yang digunakan, kemudian ganti atau tulis alamat email barunya pada kolom yang tersedia.
  7. Jika sudah, selanjutnya kamu klik Berikutnya.
  8. Sekarang kamu buka akun email yang didaftarkan ke LINE tadi, kemudian cek Kotak Masuknya. Di sana akan tersedia email verifikasi yang dikirim oleh LINE, kamu cek kode verifikasi yang tersedia di sana.
  9. Kemudian masukkan kode verifikasi tersebut pada halaman verifikasi saat mengubah alamat email tadi. Lalu konfirmasi.
  10. Selesai.

Catatan: Selain melakukan verifikasi alamat email menggunakan kode, lebih praktisnya lagi dengan klik link verifikasi yang terdapat di dalam email verifikasi yang dikirim ke email tadi.

Dengan cara ini kamu sudah berhasil mengubah alamat email terdaftar di LINE dengan alamat email baru. Cara di atas juga bisa kamu terapkan melalui perangkat windows dan iOS, yang mana langkah-langkahnya juga hampir sama.

Bagaimana Jika Kode Verifikasi Tidak Diterima di Email Baru yang Ditambahkan?

Hal seperti ini memang bisa saja terjadi dan tidak jarang pengguna yang kebingungan ketika mendapati hal semacam ini. Dalam penggantian email lama dengan email baru di LINE, pengguna diwajibkan untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email yang ditambahkan. Akan tetapi, bagaimana jika email yang berisi nomor verifikasi tersebut tidak sampai atau tidak diterima?

Mudah saja, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kode verifikasi yang tidak masuk di email tersebut. Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu terapkan, di antaranya:

1. Mengecek Kembali Email yang Dimasukkan

Sebelumnya kamu perlu mengecek alamat email baru yang ingin kamu jadikan alamat email di LINE. Pastikan penulisan alamat email sudah benar dan lengkap, serta juga tidak ada spasi dalam penulisannya. Sudah pasti email verifikasi tidak akan masuk karena alamat email yang ditulis salah.

2. Mengecek Email Verifikasi di Spam

Penulisan alamat email sudah benar, akan tetapi email verifikasi dari LINE tetap tidak ditemukan di Kotak Masuk? Bisa jadi email verifikasi LINE tersebut bukannya tidak masuk, melainkan secara otomatis masuk ke folder Spam. Sistem di email mengira email verifikasi tersebut merupakan email yang berpotensi spam dan berbahaya, sehingga dimasukkan ke folder Spam tersebut.

Bisa jadi karena di dalam email verifikasi terdapat link tautan yang menuju halaman lain, berisi data sensitif atau yang lainnya. Untuk mengeceknya, kamu bisa klik pada menu Selengkapnya yang ada di email, lalu klik Spam. Di sana kamu akan melihat email yang berpotensi Spam, termasuk email verifikasi yang dikirim oleh LINE.

3. Mematikan Fitur Filter Email Sampah

Mengaktifkan fitur Filter Email Sampah berguna sebagai upaya menjaga privasi akun dan membuatnya tetap bersih. Akan tetapi, terkadang sistem salah dalam membaca email yang masuk, sehingga email yang seharusnya tidak dimasukkan ke email sampah justru dimasukkan. Hal ini bisa terjadi pada email verifikasi LINE yang juga terkena filter karena pengaturan filter yang kamu terapkan.

Untuk mengatasinya, coba matikan dulu fitur Filter Email Sampah tersebut sementara waktu. Kemudian kirim lagi email verifikasi di halaman penggantian alamat email di LINE tadi. Maka secara otomatis email yang berisi nomor verifikasi LINE akan masuk di Kotak Masuk email.

4. Atur Ulang Filter Domain

Selain filter sampah, pengguna biasanya juga mengaktifkan fitur Filter Domain pada akunnya. Hal ini berguna untuk mencegah website atau domain spam mengirim email tidak berguna ke akun emailnya tersebut. Dan bisa jadi domain dari LINE juga terkena filter sehingga email yang dikirim ke alamat email tersebut ditolak.

Untuk mengatasinya kamu perlu menambahkan domain LINE yakni line.me sebagai domain yang diperbolehkan untuk mengirim email. Dengan demikian email verifikasi akan langsung kamu dapatkan di Kotak Masuk email.

Penutup

Itu tadi cara mengganti Email LINE lewat HP android yang mudah dan praktis bisa coba kamu terapkan sendiri. Jangan lupa share informasi ini ke akun media sosial pribadimu.

Artikel SebelumnyaBegini! Cara Mencari Arsip Instagram yang Hilang di Tahun 2022
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Sinyal HP Hilang Setelah Flash
Anak desa yang suka banget membaca dan mencoba hal-hal baru. Sering bereksperimen sendiri meskipun ilmunya belum cukup mumpuni. Beberapa tahun belakangan juga mulai suka menulis, terutama menulis di Blog.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini