Cara Menggandakan Aplikasi Android Paling Mudah

Cara Menggandakan Aplikasi Android – Dewasa ini HP android sudah mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Bagaimana tidak, HP android sekarang ini sudah semakin canggih berkat sematan fitur-fitur baru yang ada di dalamnya. Fitur-fitur tersebut semakin memanjakan para penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas harian. Tidak hanya itu saja, HP android juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menghibur diri dalam kegabutan. Misalnya saja dengan memainkan game seru yang disediakan di HP android.

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android

HP android semakin banyak diminati mungkin karena kebebasan pengguna dalam menginstall berbagai jenis aplikasi. Seperti yang kita tahu, hingga sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis aplikasi android dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Aplikasi android tersebut bisa ditemukan dan diinstall dengan mudah melalui Google Play Store. Hampir semua aplikasi bisa diinstall secara gratis, namun ada pula beberapa yang menyediakan item berbayar di dalamnya.

Baca Juga:

Berbicara mengenai aplikasi android, pernahkah kamu berpikir untuk memiliki 2 aplikasi yang sama dalam satu perangkat HP android. Menurut beberapa pengguna mungkin hal tersebut tidak bisa diwujudkan. Nyatanya, menggandakan aplikasi android memungkinkan untuk kita lakukan. Untuk menggandakan aplikasi android sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun memang tidak semua pengguna tahu mengenai cara tersebut. Adapun cara menggandakan aplikasi android selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Menggandakan Aplikasi Android Paling Mudah

Cara Mengkloning Aplikasi Android
Cara Mengkloning Aplikasi Android

Untuk menggandakan aplikasi atau yang dikenal juga dengan sebutan kloning aplikasi, kamu membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut memang disediakan khsusus untuk fungsi kloning aplikasi. Selain bantuan aplikasi pihak ketiga, ada pula beberap vendor HP android yang menyediakan fitur khusus untuk menggandakan aplikasi tersebut.

Fitur kloning bawaan di HP android biasanya didukung dengan fitur yang terbatas. Selain itu, hanya beberapa jenis aplikasi saja yang memungkinkan untuk dikloning. Adapun cara menggandakan aplikasi android yang paling ampuh dan mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggandakan Aplikasi Tanpa Aplikasi Tambahan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada beberapa vendor HP android yang menyediakan fitur untuk menggandakan aplikasi. Fitur tersebut umumnya tersedia langsung di layar menu atau di dalam menu Pengaturan. Dibekali dengan tampilan yang sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk menggandakan aplikasi android.

Salah satu vendor smartphone android yang menyediakan fitur aplikasi ganda yakni Xiaomi. Fitur ini sudah bisa ditemukan di HP Xiaomi dengan MIUI 11.0. Adapun cara menggandakan aplikasi tanpa aplikasi di MIUI 11, yakni:

  • Langkah yang pertama kamu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP android.
  • Setelah itu, klik pada opsi Dual Apps.
  • Untuk mulai menggandakan aplikasi, kalian pilih aplikasi yang ada di list dengan cara menggeser toogle ke arah kanan. Secara otomatis proses penggandaan aplikasi akan dimulai.
  • Apabila ini baru pertama kali kamu melakukan penggandaan aplikasi, maka sistem android akan meminta untuk menggandakan Google Service. Konfirmasi penggandaan Google Service dengan menekan tombol Turn On.
  • Sekarang aplikasi yang dipilih tadi sudah berhasil kamu gandakan. Kembali ke layar menu utama HP android, di sana aplikasi sudah berhasil digandakan. Aplikasi kloning biasanya akan ditandai dengan tanda seperti rantai di bagian bawah ikon aplikasinya.
  • Selesai.

Cara satu ini sangat mudah untuk dilakukan karena tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Namun sayangnya, hanya beberapa aplikasi yang didukung saja yang memungkinkan untuk kamu gandakan melalui fitur tersebut.

2. Menggandakan Aplikasi dengan Parallel Space

Selain cara di atas, alternatif lain untuk menggandakan aplikasi android yakni dengan menggunakan Parallel Space. Aplikasi satu ini didesain khusus untuk mempermudah pengguna android menggunakan 2 akun dalam satu HP android. Misalnya saja menggunakan 2 akun WhatsApp, Line, Facebook dan lain sebagainya.

Adapun langkah-langkah menggandakan aplikasi android dengan Parallel Space selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah pertama pastinya install aplikasi Parallel Space di HP androidmu.
  • Jika sudah, sekarang langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan awal aplikasi, kamu klik tombol Continue. Nantinya aplikasi akan meminta izin akses, lanjutkan dengan menekan tombol Izinkan atau Allow.
  • Sekarang kamu akan dibawa ke halaman untuk memilih aplikasi android yang ingin digandakan. Silahkan kamu pilih aplikasi mana saja yang ingin dikloning, bisa lebih dari satu aplikasi sekaligus. Jika sudah, lanjutkan dengan klik tombol Add to Parallel Space.
  • Khusus untuk aplikasi dengan dukungan 64bit, aplikasi Parallel Space biasanya akan meminta izin untuk menginstall aplikasi tambahan sebagai pelengkapnya. Lanjutkan dengan klik tombol Install.
  • Sekarang aplikasi sudah berhasil kamu gandakan. Untuk mengakses aplikasi kloning tidak melalui layar utama HP, melainkan melalui aplikasi Parallel Space tersebut.
  • Selesai.

3. Menggandakan Aplikasi dengan 2Accounts

Cara kerja dari aplikasi 2Accounts ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Parallel Space di atas. Aplikasi akan membuat space virtual khusus agar nantinya bisa digunakan untuk menggandakan aplikasi dengan akses akun yang berbeda pastinya.

Aplikasi satu ini juga terbilang mudah untuk digunakan, karena memang dibekali dengan tampilan antarmuka yang sederhana. Adapun cara mengkloning aplikasi android dengan 2Accounts selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama kamu install aplikasi 2Accounts di HP androidmu.
  • Setelah itu, mulai jalankan aplikasi tersebut.
  • Aplikasi akan mulai mendeteksi aplikasi terinstall mana saja yang memungkinkan untuk digandakan.
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu tinggal pilih aplikasi mana yang ingin digandakan dengan cara memberinya tanda centang.
  • Klik Add more apps untuk mencari aplikasi lain yang ingin digandakan. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Enable.
  • Secara otomatis aplikasi akan mulai digandakan.

Penutup

Itulah tadi beberapa cara menggandakan aplikasi android yang paling mudah dan ampuh bisa kamu terapkan. Jangan lupa share informasi di atas ke akun media sosial pribadimu.