Cara Mengetahui Pasti Ukuran Layar HP Android

1750
Cara Mengetahui Pasti Ukuran Layar HP Android
Cara Mengetahui Pasti Ukuran Layar HP Android

Cara Mengetahui Pasti Ukuran Layar HP Android Tak sedikit pengguna smartphone yang terkadang masih bingung untuk memastikan ukuran pada layar smartphone mereka. Misalnya seperti ini, kenapa layar 5 inch bisa berukuran 1080 sampai 720? Padahal kalau dipikirkan lagi, layar smartphone sangat lah kecil ketimbang TV ataupun Monitor. Tapi nyatanya yang perlu kalian ketahui ialah, ternyata lebar dari layar HP Android tersebut tidak lah seperti itu. Yang mana angka resolusi 1080 sampai 720 itu merupakan jumlah perkalian pixel pada unsur representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis.

Cara Mengetahui Pasti Ukuran Layar HP Android

Tentunya hal tersebut dapat membuat sebagian orang bertanya-tanya. Buat apa sih mengetahui ukuran layar HP kita? Sekilas memang terdengar tidak begitu penting ya. Namun, ada sebagian orang pastinya ingin mengetahui hal tersebut dengan lebih detail, dalam keperluan mereka masing-masing. Seperti agar tidak bingung ketika hendak mau menentukan membeli hp dengan ukuran layar yang pas, atau memastikan terlebih dahulu ukuran resolusi layar HP mereka sebelum di jual, dan berbagai alasan lainnya. Istilah dari resolusi juga sering kali masih disalah artikan oleh beberapa orang.

Baca Juga:

Sebab total pixel disetiap dimensi sebenarnya tidak pernah memberitahu tentang apapun mengenai resolusi layar dalam gambar yang sebetulnya terbentuk. Penting untuk kamu ketahui ya, kalau resolusi yang benar yaitu mengacu kepada padatnya pixel. Kemudian jumlah pixel persatuan jarak pada layar biasa nya di sebutkan sebagai satuan inch, dan bukan sebagai jumlah total pixel. Lalu ukuran resolusi dari layar tersebut barulah disingkat menjadi Pixels per Inch atau PPI. Tapi gak usah bingung dan pusing, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa cara mudah untuk bisa kamu gunakan dalam memastikan ukuran layar hp kamu.

Cara Mengetahui Pasti Ukuran Layar HP Android

Lalu bagaimana cara nya supaya bisa mengtahui dengan pasti, ukuran dari layar smartphone kita? Kini anda tidak perlu lagi pusing memikirkan hal tersebut. Sebab dibawah ini sudah sara rangkum beberapa cara jitu yang dapat untuk kamu gunakan, dalam memperhitungkan resolusi dari layar HP. Tak usah menunggu lama lagi, langsung saja simak rangkumannya berikut ini.

1. Aplikasi Screen Size

Metode pertama yang akan kita bahas adalah dengan cara menggunakan aplikasi bernama Screen Size. Yaitu aplikasi yang akan memberikan kita informasi secara akurat mengenai berbagai hal dari HP kita. Mulai dari lebar layar (px) & (dp), tinggi layar (px) & (dp), drawable layar, tata letak layar, density layar, dan masih banyak lagi. Untuk mengunduh Screen Size ini, bisa kamu temui langsung didalam Google Play Store secara gratis tanpa layanan berbayar.

Aplikasi Screen Size

Sedangkan untuk langkah pemakaiannya sendiri sangatlah gampang. Downlaod dan Install seperti biasa. Kalau sudah berhasil terinstall pada perangkat handphone anda langsung saja buka. Dan pada menu utamanya akan tampil semua informasi yang kamu butuhkan seputar perangkat keras tersebut, termasuk juga ukuran pasti dari layar nya.

2. Situs Pricebook

Situs Pricebook

Cara selanjutnya ini kita akan memanfaatkan sebuah layanan dari suatu website yang notabene nya menyediakan segala informasi mengenai smartphone. Sebetulnya ada banyak situs yang bisa kamu gunakan seperti halnya website GSMArena dan lain-lain. Tapi, situs yang akan saya sarankan kali ini ialah Pricebook.co.id sebagai pilihan utama kita. Kenapa saya menyarankan pricebook ini, yaitu karena ia menyediakan informasi yang sangat lengkap menurut saya pribadi. Selain dapat mengetahui spesifikasi handphone, kita juga bisa mengetahui harga, ulasan, serta membeli produk hp nya langsung dari situs pricebook tersebut.

Adapun langkah-langkah cara melihat spesifikasi HP termasuk mengetahui layar dan resolusi nya pada situs pricebook, yaitu :

  1. Langkah pertama adalah mengunjungi situs Pricebook.co.id
  2. Dan pada sisi atas website kalian akan menemukan kolom Ketik Produk Yang Dicari, ketikan merk dan tipe smartphone yang mau anda ketahui ukuran layarnya
  3. Perhatikan pada detail di bawah gambar HP tersebut terdapat keterangan dari Ukuran Layar seperti contoh gambar di bawah ini
    Pricebook
  4. Namun, untuk bisa mengetahui resolusi dan spesifikasi lainnya kita bisa mengetahui hal tersebut dengan cara menekan Detail Spesifikasi
    layar
  5. Gulir sedikit ke bawah maka kamu akan menemukan keterangan mengenai Screen yang berisikan informasi mengenai Resolusi dan Ukuran Layar.

3. Aplikasi CPU-Z

CPU-Z ini sendiri sebelumnya sudah hadir terlebih dulu pada perangkat PC, dan berhasil di minati oleh banyak user PC yang ingin mengetahui spesifikasi komputer mereka secara lebih kompleks. Dan kini ia telah hadir dalam bentuk aplikasi android dengan memberikan layanan yang sama yaitu memberikan informasi perangkat android secara akurat dan lengkap. Selain dapat melihat detail ukuran layar, kalian juga bisa mengetahui komponen lainnya seperti model CPU, GPU, Total serta Avaible RAM, info system, detail battery, dan masih banyak lagi.

Aplikasi CPU-Z

Tutorial cara pemakaian dari CPU-Z :

  1. Download dan Install terlebih dahulu CPU-Z melalui Google Play Store kalian, atau bisa langsung dengan klik disini
  2. Setelah berhasil di install, tinggal kamu buka saja dan nanti akan sederetan menu info yang bisa untuk kita pilih
  3. Kemudian klik menu Device untuk menemukan keterangan lengkap layaknya Dimensions hp, Screen Size, Screen Resolution, dan Screen Density.

4. Menghitung Diagonal Layar

Cara terakhir yang akan saya sarankan adalah dengan mengukur manual Diagonal Layar smartphone anda. Perlu diketahui dulu bahwa, Diagonal Layar merupakansisi miring dari pada layar HP. Kemudian ukuran Dimensi smartphone yaitu panjang, lebar, serta tebal yang umumnya telah di nyatakan sebagai satuan ukuran mm.Â. Disini saya sarankan cukup menggunakan mistar atau penggaris tulsi biasa saja sudah cukup kok.

Menghitung Diagonal Layar

Cara mengukur nya cukup lah mudah, pertama siapkan penggaris standar terlebih dahulu ya. Perhatikan Penggaris Standar kamu, dimana biasanya ada dua unit pengukur, seperti CM dan Inci. Satuan pengukur yang digunakan pada mengukur diagonal layar ini adalah Inch yaa. Tapi kalau tidak ada inci, bisa juga dengan memakai CM dengan hitungan 1 inch = 2,54 CM. Kemudian mengukur layar secara Diagonal atau secara miring, contohnya di ambil dari sisi sudut kanan atas menuju sudut kiri bawah HP.

Penutup

Silahkan kalian pahami ke 4 point di atas ya untuk bisa mengetahui Cara Mengetahui Pasti Ukuran Layar HP Android dengan pasti dan sesuai dengan yang kamu inginkan. Lengkap mulai dari memakai aplikasi, dan menghitung manual ukurannya. Baiklah, sekian dari saya kali ini, jangan lupa share artikel kita kalau anda suka. Terimakasih, dan sampai jumpaa.

Artikel Sebelumnya7 Aplikasi Absensi Karyawan di Android Terbaik
Artikel Selanjutnya7 WhatsApp MOD APK Terbaru yang Anti Banned
Hello people :) Perkenalkan nama saya Jimi, dan hobi saya bermain game PC.. Saya lebih memilih untuk mencari pundi uang dari menulis artikel ya, ketimbang menjadi seorang streaming maupun youtuber :) this is my passion. Thank you for visiting Bukandroid.com and, jangan lupa share artikel kita di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini